Koneksi internet IM2 Broom memakai Samsung SGH-J200

Di kesempatan lalu saya sudah membuat review ponsel 3G murah meriah yaitu Samsung SGH-J200. Kali ini saya sajikan langkah demi langkah memanfaatkan ponsel 3G ini untuk dijadikan modem sehingga bisa dipakai untuk mengakses internet. Sebagai operator 3G saya pilih Indosat M2 yang menyediakan paket akses internet 3.5G dengan sistem pra-bayar, yaitu IM2 Broom. Untuk koneksi dari ponsel ke PC, saya memakai kabel data yang dibeli di Samsung Center, Tomang, Jakarta Barat. Untuk aplikasi PC-suite dan driver saya menggunakan aplikasi Samsung PC studio versi 3.

Inilah step-by-step koneksi internet IM2 Broom memakai ponsel Samsung yang dijadikan modem :

Pertama, instal PC Studio dan drivernya di komputer (ponsel jangan dulu dihubungkan ke PC). Kemudian klik ‘Manage Internet Connection’ di icon kiri bawah, lalu pilih USB cable.

pc-studio-3

Selanjutnya hubungkan ponsel ke PC via kabel data USB.

step1

Bila ponsel terdeteksi dengan benar maka akan muncul pesan seperti ini :

step2

Untuk membuat internet account, masuk ke Phone Networking Wizard.

step3

Pilih ‘Create New Connection’. Pilih negara dan operator GSM, dan setting APN dsb akan terisi otomatis. Isilah user name dan password sesuai petunjuk operator GSM.

step4

Pilih modem yang akan dipakai (pada contoh ini hanya ada satu, Samsung CDMA modem).

step5

Setelah itu akan muncul Summary, periksa apakah semua informasi yang dimasukkan sudah benar.

step6

Pada desktop akan muncul shortcut untuk dial-up. Klik shortcut tersebut dan akan muncul tampilan seperti ini :

step7

Periksa username dan password, lalu klik dial. Selanjutnya ponsel akan berfungsi sebagai modem 3G. Selamat berinternet…

Catatan tambahan :

Bila perlu, periksa Modem Options di Control Panel. Dari Modem Properties tampak bahwa maksimum speed yang diijinkan dari ponsel 3G ini adalah 230 kbps.

modem

Untuk menguji speed 3G dari ponsel ini, saya memakai utility Indosat M2 dan didapat hasil tes seperti ini :

test-im2

Memang koneksi yang sanggup dilakukan dari ponsel 3G ini relatif mendekati spesifikasi kecepatan jaringan 3G teoritis di 384 kbps, sementara kemampuan maksimal dari IM2 sendiri masih jauh diatas itu apabila diakses memakai modem khusus 3.5G (HSDPA) yang teoritis bisa mencapai 3,6 Mbps (meski hanya di wilayah tertentu). Namun setidaknya dengan jaringan 3G (UMTS) saja sudah bisa dinikmati sebuah akses internet yang cukup layak dan murah, di sebagian besar kota besar di Indonesia.

Kecepataan download aktual bisa bervariasi. Sebagaai contoh, gambar berikut menunjukkan bahwa untuk mendownload satu file berukuran 3 MB diperlukan waktu sekitar 3 menit, setara dengan 15 kbps. Dalam kondisi normal proses download aman dari masalah terputus di tengah jalan, meski file yang diunduh berukuran besar ( pada contoh dibawah ini ukurannya32 MB).

dl-speed

Demikian step-by-step proses koneksi internet memakai ponsel, yang sebenarnya secara umum proses koneksi ini hampir sama, tak peduli apapun jenis ponsel atau operatornya. Semoga bermanfaat untuk anda, salam..

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

38 thoughts on “Koneksi internet IM2 Broom memakai Samsung SGH-J200”

  1. mas,,, cara setting modem internet samsung sgh-j200 via bluetooth gmn????
    mohon dijawab…
    thx..

  2. klo mau setting connection di HP SGH-J200 pake kartu AS gimana ya?

    trus mahal mana klo di bandingin pake IM2 dan kartu AS?

    Please di bales ya..

    1. Saya belum pernah mencoba kartu As. Tarif IM2 murah kalau pake unlimited, sedang yg IM2 klasik flat 0.5 rp / kB. Setting koneksi J200 seperti langkah di artikel saya, hanya sesuaikan APN, username dan password dgn operator yg anda pakai (kartu As).

    1. Joystick asli di perwakilan samsung dijual 120 ribu, tapi kalo masih masa garansi gratis. Kalau di service lainnya mungkin lebih murah tapi tidak asli, belum pernah coba.

  3. askum…

    bos…cari pc suite samsung sgj200 nya dimana?

    tolong share link via email ya..

    thanks..

    1. Samsung J200 tidak dapat CD dalam paket penjualan. Maka itu saya dulu pinjam CD teman yg punya Samsung Z170 dan untungnya program Samsung PC Studio bisa dipakai juga di J200 (setelah membeli kabel data terpisah).

Comments are closed.