Apabila Intel Atom dan tenaga GeForce mobile disatukan

9400M plus Atom

Prosesor mini buatan Intel yang bernama Intel Atom telah banyak menarik animo pecinta komputer dengan kemampuannya menghadirkan kinerja komputasi basic dengan konsumsi daya rendah dan harga terjangkau. Intel Atom yang digunakan mulai dari Mobile Internet Device (MID), netbook hingga nettop selama ini disandingkan dengan chipset Intel lawas seperti GMA 945G dan ICH7 yang memiliki kinerja grafis pas-pasan. Mengingat platform ini (prosesor Atom plus Intel chipset) sudah semacam satu paket penjualan, maka sementara ini memang tidak ada pilihan lain bagi mereka yang ingin menjajal prosesor Intel Atom.

Adalah Nvidia yang pada akhir tahun 2008 berani meledek Intel dengan membuat komputer berformat mini/Small Form Factor (SFF) yang merupakan gabungan antara prosesor Intel Atom dengan sebuah chipset mobile GeForce 9400M (yang kemudian dinamai Ion platform), dengan dukungan tenaga grafik prosesor GeForce terintegrasi (mendukung DirectX 10) dalam sebuah chipset. Hebatnya, chip ini juga telah mendukung dual-channel DDR3, PCI Express 2.0 x16 and x4 links, Serial ATA, USB, serta Gigabit Ethernet. Seperti chipset GeForce lainnya, GeForce 9400M ini juga mampu menghandel HD video decoding berkat dukungan tenaga dari hardware graphics accelerator, dengan kemampuan 10x lipat dibanding memakai chipset Intel. Dukungan resolusi layar maksimumnya juga mengagumkan dengan 2560 x 1600 piksel. Artinya, kini menonton konten video HD adalah hal yang memungkinkan bagi pemakai Intel Atom yang memakai chipset GeForce 9400M.

Tentu saja tenaga lebih ini membutuhkan konsumsi daya lebih besar pula. Oleh karena itu total konsumsi daya GeForce 9400M ini berada disekitar 18 W (atau dua kali lipat Intel 945G plus ICH7-M). Bagi pemakai nettop mungkin ini bukan suatu masalah, justru suatu kelebihan karena kemampuan grafis pada nettop lebih diperlukan (asumsi dia memakai Intel Atom 330 yang memakai 2 inti). namun bagi pemakai netbook apalagi yang tidak perlu grafis kelas menengah, tentu lebih memerlukan sistem yang hemat daya.

Nvidia-Ion (dari Tom's Hardware)
Nvidia-Ion (dari Tom's Hardware)

Mau memakai Windows Vista Premium, atau menonton video full HD, atau hanya ingin sekedar bermain game 3D memakai Intel Atom? Bisa….

Tulisan lebih lengkap simak di sini.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

12 thoughts on “Apabila Intel Atom dan tenaga GeForce mobile disatukan”

  1. Hai mas gaptek,
    saya ingin beli komputer nih ,tapi saya tidak tahu prosesor dan motherboard yg bagus yg pakai windows vista dan untuk bermain game 3d terbaru ?Saya punya dana sekitar 10juta !(saya tanya pada mas gaptek karena saya tidak terlalu percaya kepada penjualnya dan bila cari di internet kebanyakan pakai bhs inggris aku kan gak bisa)?Jadi terima kasih atas jawabanya

    1. wad eka…

      mendingan kamu bli computer yg punya procesor dgn tingkat GHZ yg tinggi….
      kalo ga kamu kalo mw bli cd game mendingan lihat dlo minium requirements nyabiar ngerti2 dikit n diplajari dari internet….

      Tips: jgn perna tanya kpd penjua apakah model ini bagus, model itu bagus… pasti di blang bagus. tanya sama temn yg udah perna pake…

      kalo aq requirementsnya sih yg ini: (asal modal duit aja)

      Processor: Intel Core 2 Duo (3.2 Ghz)
      Operating System: Windows Vista Home Premium (64-bit)
      Memory: 4 GB DDR2 SDRAM (upgradeable up to 8 GB)
      HDD: 320 GB (Serial ATA 5400 rpm)
      Graphics Accelerator: NVIDIA® GeForce® 9800 – 256 MB (upto 2046 MB)

      Thats for gamin atau Designing 3d model….

      moga² bruntung.. break a leg

  2. Mas Gaptek, mau tanya lagi nih,,,
    bagaimana dengan kinerja ASUS N10JC16DH ???
    netbook ini sesuai infonya, speknya sbb:

    Intel Atom Processor N270 (1.6 Ghz, 533 Mhz FSB) / VGA Nvidia GeForce Go 9300 256MB / RAM 1024MB ( DDR2 667 ) / HD 160GB (5400rpm) SATA Integrated 1.3 Mega Pixel Web Cam / 10.2″ WSVGA COLORSHINE / G-bit LAN / Finger Print Security System / VGA Port / 8-in-1 Card Reader / Bluetooth / Windows XP Home.

    Lagi2 yg mau saya tanyakan, apakah dgn support VGA [256MB dedicated] tsb sudah layak utk dijadikan nettbook game’ers??? FYI, program wajib saya Pro Evolution Soccer. v ^_^

    Thanks,
    Salam,

    1. GeForce Go lebih baik dari on-board grafik standar, tapi beukan berarti punya kinerja spt dedicated graphics card. Lagipula dia pake prosesor intel atom kan? Buat game berat tuh..

    2. mending kamu bli laptop ini… lumayan lah mesti aga mahal sieh…

      ini spesifikasinya…

      Sony: CS 36gJ
      Processor: Intel Core 2 Duo P8700 – 2.53 GHz
      Operating System: Windows Vista Home Premium (64-bit)
      Memory: 4 GB DDR2 SDRAM (upgradeable up to 8 GB)
      HDD: 320 GB (Serial ATA 5400 rpm)
      Display: 14.1” Wide (WXGA: 1280 x 800) Clear Bright LCD Lite
      Graphics Accelerator: NVIDIA® GeForce® 9300M GS – 256 MB (upto 2046 MB)
      Optical Drive: DVDRW Double Layer
      Bluetooth: Bluetooth standard Ver.2.1 + EDR
      Fingerprint Sensor: –
      Camera: Effective Pixels 1280 x 1024 (1.3 Mega Pixel)
      Weight: 2.6 Kg (including the supplied battery)
      Warranty: 1 Year Warranty Sony Indonesia
      Price: US$ 1,299

  3. Mas Gaptek…
    saya mo nanya neeh… saya mo beli netbook/notebook yang harganya di bawah 5 jtaan, merek apa yg bagus n speknya apa?? tp pengen bisa/stabil pake vista!!
    mohon informasinya!!
    Trima kasih!!

    Salam!!

  4. Mas Gaptek, minto recomendasi laptop dgn budget 7-8 jt yg bisa dipake buat AutoCAD 2008.cuma pemakaian 3D nya gak terlalu berat.Thx atas infonya.

Comments are closed.