FOCUS dan Megabazaar Computer 2009 (updated)

focus-2009Catat tanggalnya :

25 Februari 2009 sampai 1 Maret 2009

(5 hari saja, Rabu sampai Minggu).

Catat tempatnya :

Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan.

Catat acaranya :

  1. FOCUS : pameran tahunan fotografi  dan digital imaging (Cendrawasih room)
  2. Mega Bazaar komputer : pameran komputer di awal tahun (Hall A dan B)
  3. JAVE : Jakarta Audio Video Expo, pameran tahunan audio video (plenary hall)

Berapa tiket masuknya? Belum ada info lebih lanjut. Lima ribu rupiah.

Update 2010 : Untuk FOCUS 2010 klik disini.

Update :

Lobby depan JCC
Lobby depan JCC (diambil memakai kamera ponsel)

Rabu, 25 Feb 2009, saya sudah hadir kesana bahkan pada saat acara ini baru saja dimulai, yaitu jam 11 siang. Ajang Focus 2009 difokuskan di ruang cendrawasih room dan bukannya menempati Hall-A ataupun Hall-B. Para peserta pameran Focus kali ini tampak masih belum semua siap (persis seperti tahun lalu) dimana ada yang masih mendekorasi stan dan bahkan ada beberapa kamera yang belum dipajang. Saya jumpai stan Nikon masih kosong melompong, belum ada satupun kamera yang dipajang disana, mereka justru sibuk mengatur layar proyektor untuk acara seminar. Rencananya siang ini akan ada seminar soal Nikon D3x oleh Johnny Hendarta dan Pinky Mirror.

Stan Sony
Stan Sony (diambil memakai kamera ponsel)

Pameran ini tampaknya didominasi oleh produk kamera merk Canon, hingga dimana-mana saya jumpai banyak stan menawarkan produk DSLR dan kamera saku Canon. Sebuah stan yang saya lihat cukup lengkap produk Canonnya adalah stan milik Focus Nusantara. Yang menarik, di stan Sony terdapat sebuah pajangan yang menarik yaitu dipamerkan jeroan kamera DSLR hingga terlihat jelas tiap komponen seperti prisma, shutter unit dan keping board prosesor. Amat berguna buat kita untuk lebih mengenal kerja kamera DSLR. Di stan Olympus sudah tersedia DSLR Olympus E-30 yang tampak gagah dan mantap. Sayangnya tahun ini tidak banyak peserta pameran seperti pada tahun lalu, dimana tidak tampak ada stan dari merk lain seperti Panasonic, Kodak ataupun Pentax (koreksi saya bila saya salah). Bahkan stan Fuji berada justru di lokasi pameran Megabazaar.

Pameran kali ini saya anggap justru ‘miliknya’ pecinta komputer. Bagaimana tidak, baik Hall-A dan Hall-B semua diisi oleh pameran komputer Megabazaar. Tampak bermacam laptop dan produk komputer seperti motherboard dan graphics cards dipajang disini. Saya tidak menemukan lokasi pameran JAVE (audio video) yang mestinya digelar bersamaan dengan Focus dan Megabazaar, tampaknya memang tahun ini JAVE ditiadakan.

Sekedar flashback mengenang ajang Focus yang saya kunjungi pada tahun sebelumnya :

Ajang Focus tahun 2008 lalu
Ajang Focus tahun 2008 lalu

Ini ajang Focus 2006
Ini ajang Focus 2006

Dan yang ini ajang Focus 2005
Dan yang ini ajang Focus 2005

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

36 thoughts on “FOCUS dan Megabazaar Computer 2009 (updated)”

  1. udah ketemu,…rupanya toko Irgy di ratu plaza 😀
    saya bukan anak jakarta,…

    bro opensol kok ngga ngambil kit a200 standar plus HVL f36 aja ?

    1. Ga kepikiran beli flash waktu itu, mahal soalnya punya Sony, 3,6jt kl ga salah. Lagian keburu naksir dual lenskitnya. Ntar aja deh flash. Btw, kl gw boleh saranin… bukannya A200 ga bagus yaa.. tp go for nikon aja kl yg belom beli.. Nikon emang sialan mahalnya utk D60, but it still nikon anyway
      Krn gw udah beli A200 yaa.. apa boleh buat.. tetep harus nikmatin aja… mungkin kl gw udah jago nanti, A200 bisa jadi kamera maut.. 😀

  2. iya mas dapetnya yg garansi distro…..
    soalnya klo garansi resmi harganya masih mahal banget, gak kuat dompet saya….hehehehe……

Comments are closed.