Kompresi AVCHD untuk format video pada kamera digital

Lumix TZ7

Berita menarik datang dari Jepang. Produsen kamera digital ternama, Panasonic Lumix, meluncurkan beberapa jajaran kamera digital baru yang memiliki fitur movie/video dengan kompresi AVCHD Lite. Sebut saja Lumix TZ7 (atau ZS3) yang menjadi penerus LumixTZ5, dan Lumix TS1 (atau FT1) yang menjadi kamera Lumix pertama yang tahan banting (dan tahan air) dengan sistem lensa internal zoom/folded optic.

Bahwa standar resolusi movie pada kamera modern telah bergeser ke resolusi High Definition (HD), memang betul demikian adanya. Simaklah beberapa kamera saku dan super zoom seperti Fuji S2000HD, Casio EX-FH20, dan Canon SX1 kini telah memakai resolusi HD pada fitur movienya. Dengan resolusi HD, tampilan video di layar televisi dapat ditonton dengan tajam, dan bila dilihat di layar LCD HD maka akan tampil utuh dengan aspek rasio widescreeen 16:9. Faktor kompresi bisa jadi soal lain, karena umumnya kamera masih mengandalkan teknik kompresi lawas yaitu MJPEG atau MPEG4 generasi awal yang membutuhkan bitrate yang tinggi. Ujung-ujungnya, sekeping memori 1 hingga 4 GB hanya akan terisi oleh beberapa menit rekaman video saja, sehingga untuk merekam video dengan durasi yang cukup lama bisa memerlukan beberapa keping memori SD/SDHC.

avchd

Tampaknya kini kompresi modern MPEG4 AVC atau H.264 telah disinergikan dengan resolusi HD dengan standar nama AVCHD, dengan dukungan pada resolusi 1080i dan 720p. Dengan memakai kompresi AVCHD, kamera Lumix terbaru ini mampu merekam dengan durasi dua kali lebih lama dibanding merekam dengan kompresi MJPEG (asumsi resolusi yang digunakan sama-sama format HD). Bahkan pada kamera Lumix TZ7 terdapat pilihan kualitas kompresi yaitu : SH (17 Mbps), H (13 Mbps) and L (9 Mbps) yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan ketersediaan kapasitas ruang simpan memori. Dengan kompresi modern ini, tayangan video HD tidak lagi identik dengan ukuran file yang besar ataupun bitrate yang tinggi.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

3 thoughts on “Kompresi AVCHD untuk format video pada kamera digital”

  1. Hai mas
    sofware pc untuk convert avi(640*480)menjadi format lain seperti mp4,dat,3gp dll.Dan juga bisa memilih bitrate dan ukuranya itu yg bagus itu software apa ya dan downloadnya disitus mana ya ?Makasih

Comments are closed.