Lensa prime ekonomis baru dari Nikon

AF-S Nikon 35mm f/1.8

Kabar gembira bagi pemakai D40, D60 atau bahkan D80 hingga D300.  Nikon baru saja meluncurkan sebuah lensa prime 35mm (ekuivalen 52.5mm) yang punya bukaan maksimal f/1.8 dengan motor SWM built-in. Lensa yang bernama AF-S DX Nikkor 35mm f/1.8G ini punya diameter filter 52mm, metal mount dan bisa mengunci fokus sedekat 30 cm.  Faktanya, inilah satu-satunya lensa prime ekonomis f/1.8 yang bisa auto fokus di D40/D60. Lensa prime Nikon lain yang bukaan maksimum di f/1.8 semuanya hanya bisa manual fokus. Lensa ini rencana akan dijual sekitar 2 jutaan, sehingga masih lebih murah daripada lensa Sigma 30mm f/1.4 EX DC HSM atau AF-S Nikkor 50mm f/1.4G yang dijual diatas 5 juta.

AF-S Nikon 35mm f/1.8
AF-S Nikon 35mm f/1.8

Setidaknya ada tiga alasan mengapa pemakai DSLR Nikon format DX patut bergembira atas hadirnya lensa ini. Pertama, lensa ini memakai motor SWM sehingga proses auto fokus menjadi cepat dan halus. Dengan teknologi AF-S yang memungkinkan kita memutar focus-ring kapan saja kita mau (tanpa harus merubah tuas A/M) menambah kemudahan dalam mengatur bagian mana dalam foto yang ingin dibuat fokus. Kedua, soal panjang fokal yang 35mm. Kamera Nikon DX akan memberi crop factor 1,5x pada tiap lensa yang dipasang, artinya lensa 35mm ini akan menjadi 52.5mm yang tergolong standar untuk foto potret. Lensa 50mm akan menjadi 75mm sehingga dirasa terlalu close-up untuk sebagian orang. Alasan ketiga adalah harga jualnya yang berkisar dua jutaan, masih bersahabat dengan kantong.

Di lain pihak, ada dua alasan mengapa para profesional akan menghindari untuk membeli lensa ini. Pertama, lensa DX ini tidak cocok untuk kamera full-frame/FX. Para pro berpandangan : ‘Nikon boleh membuat kamera DX, tapi janganlah membuat lensa DX’. Alasan kedua, bukaan maksimum lensa ini yang ‘cuma’ f/1.8 dianggap masih kurang besar karena mereka memerlukan lensa f/1.4 atau bahkan f/1.2 untuk bokeh yang lebih creamy dan kemampuan low light yang lebih baik.

Saya bukan pro, saya cuma pemilik D40 yang tiga tahun ini (2007-2009) menantikan adanya lensa prime yang terjangkau dan bisa auto fokus di D40. Maka itu saya amat antusias akan lensa ini, dengan memasang lensa 35mm f/1.8 ini di D40 saya, didapat kombinasi sistem yang ringkas, cepat dan ringan untuk foto candid dan foto sehari-hari. Mulai menabung?

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

33 thoughts on “Lensa prime ekonomis baru dari Nikon”

  1. kemarin udah dapat lensa ini ditoko kamera belum ada tapi bisa titip dibelikan sama tokonya dua hari udah nyampai deh sekarang lagi demen-demennya bikin bokeh yang creamy.
    di situsnya om ken termasuk 3 lensa dream team lho

Comments are closed.