Nuvifone GPS smartphone baru, hasil aliansi Garmin dan Asus

Aliansi. Itulah kata yang mungkin menjadi tren yang banyak dilakukan produsen belakangan ini demi memenangkan persaingan dagang. Simak saja, Sony Ericsson, Benq Siemens, Konica Minolta (yang akhirnya bubar dan dibeli Sony) serta yang terakhir ini : Garmin – Asus. Siapa yang tak kenal dua nama besar ini? Di kalangan penggemar navigasi berbantuan satelit GPS, nama Garmin tentu sudah akrab di telinga, dengan produk-produk penerima GPS nya yang bervariasi. Asus sendiri sudah terbukti menjadi nama besar di dunia komputer, netbook hingga ponsel/smartphone. Saat teknologi ponsel dan GPS akhirnya bisa dikonvergensikan, maka produsen pun bisa beraliansi seperti Garmin dan Asus ini. Keduanya sepakat membuat produk ponsel ber-GPS (atau GPS ber-ponsel) yang memiliki fitur lengkap baik untuk urusan navigasi ataupun berhalo-halo, dan keduanya akan diluncurkan sebelum pertengahan tahun 2009 ini.

Garmin Asus Nuvifone G60 (kiri) dan M20 (kanan)
Garmin Asus Nuvifone G60 (kiri) dan M20 (kanan)

Produk pertama dari aliansi Garmin Asus ini adalah Nuvifone G60 yang menjadi penerus produk Garmin Nuvifone tahun lalu (sebelum beraliansi dengan Asus) dengan memakai OS Linux, memiliki kemampuan full GPS (termasuk navigasi memakai peta dan mencari POI), geotagging SMS, HSDPA, Wi-Fi, layar ekstra lebar 3,5 inci beresolusi 272 x 480 (WQVGA), 4 GB onboard memory, kamera 3 MP auto fokus yang mendukung geotagging atau menyimpan informasi koordinat pada data EXIF foto.

Produk kedua adalah Nuvifone M20 dengan memakai OS Windows Mobile 6 yang ditenagai oleh prosesor Qualcomm 7200A 528MHz, menjadi PDAphone yang sama handalnya untuk urusan produktivitas dan bernavigasi. Berbekal layar 2,8 inci beresolusi VGA, Nuvifone M20 sepintas memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Nuvifone G60 yaitu HSDPA, WiFi, kamera 3 MP yang juga bisa geotagging serta memori internal 4 GB.

Keduanya memiliki layanan yang terhubung dengan jaringan selular dan navigasi GPS sehingga membuka banyak fasilitas baru seperti layanan info cuaca, jadwal penerbangan, pencarian lokal dan info lalu lintas. Namun yang mungkin akan banyak disukai banyak orang adalah Ciao! yaitu aplikasi LBS/Location Based Search, untuk selalu mengetahui posisi teman-teman yang terhimpun pada jaringan social network. Masih ingat tulisan saya soal Google Map latitude? Nah, layanan Ciao! ini juga sama seperti itu. Jadi dimanapun teman kita berada, oo… kamu ketahuan….

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

5 thoughts on “Nuvifone GPS smartphone baru, hasil aliansi Garmin dan Asus”

  1. Tidak terlalu banyak fitur baru yang ditawarkan pada handphone kolaborasi antara Asus dan Garmin…

    Di handphone symbian yang ada GPS internalnya pun bisa serupa layanan Location Based Search atau Geotagging… Contohnya aplikasi locle atau Locr 😉

  2. menarik juga. kemungkinan besar karena sedikit banyak garmin tersaingi oleh produk ponsel ber-gps sehingga beirovasi dengan menggandeng asus.
    btw, taksiran harganya berapa ya?

    Kisaran harga belum diumumkan oleh pihak Garmin-Asus. Ramalan saya sih sekitar 4-5 jutaan.

  3. Numpang Promo Yaa
    Buana Survey dealer resmi Garmin Indonesia, produk yang kami jual : GPS Automotive, GPS Autopilots, GPS Aviation, GPS Basic Handhelds, GPS Chartplotter, GPS Fishfinder, GPS Mapping, GPS Maps, GPS Marine, GPS Motorcycles, GPS Networking, GPS Portable, GPS Sounder, Garmin Mobile, Radar
    Hub kami di 021-7321129, 021-71458381, 021-71500714, 021-71601997. Website http://www.buanasurvey.net , email : csbuana03@yahoo.com

  4. virtual keypadnya didesign untuk finger touch ngga ya? Seperti pada iphone n Nokia 5800. Garmin mobile XT sudah versi terbaru sudah suport Nokia 5800. Tapi chipset A-GPS di Nokia 5800 agak lelet waktu aquiring satelit. Terus waktu navigas dg lanscape mode, program selalu mati saat belok..

Comments are closed.