Teknologi yang sedang ‘nge-tren’ di tahun 2009

Supaya tidak gaptek, kita tentu perlu tahu mengenai perkembangan teknologi yang sedang tren saat ini. Apalagi yang namanya kemajuan teknologi dari waktu ke waktu tampak terus bertambah cepat dan kadang kita bisa merasa sangat gaptek saat sebentar saja luput mengikuti perkembangan itu. Teknologi di tahun 2009, terlepas dari hantaman krisis global, ternyata masih berkembang pesat baik di bidang perangkat keras komputer, gadget hingga internet. Sekedar membuat summary dari perkembangan teknologi hingga akhir paruh pertama tahun 2009 ini, berikut catatan saya seputar teknologi yang lagi tren dan banyak dibicarakan orang.

Perkembangan di dunia komputer

Prosesor : Intel tampaknya masih memimpin rekor prosesor desktop PC dengan kinerja tercepat berkat hadirnya Intel Core i7 meski harganya masih amat mahal. Sebagai chipsetnya, tersedia Intel X58 dan ICH10 yang punya bandwidth ekstra besar.  Di kelas low power, telah hadir Intel Atom N280 yang siap menjadi otak dari netbook generasi baru, bersama chipset Intel GN40 yang lebih bertenaga.

Storage / ruang simpan : Tahun ini penerimaan pasar akan media simpan berbasis Solid State telah mulai meluas. Setidaknya SSD bisa digunakan sebagai drive untuk menyimpan OS / system file dan hard disk bisa dipakai untuk menyimpan data.

Grafik : Kemampuan GPU masa kini semakin mencengangkan dengan peningkatan kinerja grafik yang tinggi berkat persaingan dari dua kubu AMD dan Nvidia. Baik untuk kartu grafis maupun GPU terintegrasi, kemampuan grafik masa kini identik dengan kemampuan memainkan video HD dari media Blue Ray.

Konektivitas : Tahun ini sudah hadir protokol USB 3.0 yang jauh lebih cepat dari USB 2.0 (kecepatan USB 3.0 ini sekitar 480 Mbps) yang akan cocok menjadi antarmuka media simpan seperti HD eksternal. Port lain yang diperkenalkan tahun ini adalah mini-HDMI untuk multimedia. Untuk urusan nirkabel, tahun ini semestinya teknologi Wimax bisa mulai disosialisasikan seiring dimulainya era generasi data pita lebar.

OS : Tahun ini Microsoft meluncurkan Windows 7 atau banyak yang bilang ‘the real Windows Vista’ dengan sederet perbaikan dari Vista. Windows Vista sendiri termasuk OS yang kurang laris dan terkesan tanggung (ingat Windows Me dulu?) hingga banyak yang sudah memakai Vista malah downgrade lagi ke XP. Duh..

Perkembangan di dunia internet

Browser : Lupakan IE8, saat ini banyak browser lain yang handal seperti Opera, Firefox, Chrome dan Safari. Kabarnya Opera akan membuat kejutan dengan browser baru yang lebih cepat, dan Microsoft tengah menyiapkan browser mereka yang sama sekali baru bernama Gazelle.

Situs pertemanan : Sudah pasti Facebook menjadi tren di tahun ini sebagai situs pertemanan, dengan kelengkapan dan kemudahannya, Facebook berhasil merebut tahta Friendster sebagai situs social network nomor satu. Apalagi saat ini siapapun bisa mengakses internet dari ponsel sehingga keberadaan Facebook sangat tepat terutama bagi yang sering meng-update statusnya. Kini Facebook menyediakan URL dengan username yang bisa kita pilih sendiri.

Virus : Virus paling populer saat ini tampaknya adalah Conficker yang mampu mendekam di flash disk. Selain virus, masih banyak penjahat maya seperti trojan, worm, malware, spyware dan sebagainya yang mengharuskan kita terus meng-update informasi seputar keamanan berselancar. Gunakan anti virus yang terus di-update, aktifkan firewall dan backup PC anda dengan benar. Kabarnya, Microsoft akan meluncurkan anti virus gratis tahun ini, agak sulit dipercaya ya?

Search engine : Teknik SEO bisa jadi adalah teknik paling populer bagi para web developer untuk mendapat tempat teratas dalam index search engine seperti Google. Microsoft telah meluncurkan situs pesaing Google yang bernama Bing, namun langsung menuai kritik karena konten porno yang lolos dalam pencarian.

Perkembangan di dunia gadget

Ponsel : Tahun ini dua nama besar yang paling populer adalah Apple iPhone dan Blackberry, mengalahkan nama besar di tahun lalu seperti HTC, O2 ataupun merk ponsel populer seperti Nokia dan Sony Ericsson. Di tanah air, baik Apple iPhone maupun Blackberry memiliki cerita tersendiri, dimana iPhone dijual kemahalan lewat Telkomsel, dan Blackberry banyak dijual produk gelap / hasil kloning yang punya PIN sama sehingga harus di blok oleh RIM.

Foto dan video : Tahun ini resolusi kamera sudah mentok di kisaran 12-14 mega piksel. Produsen beralih menggenjot fitur lain seperti lensa wide, burst mode yang lebih cepat, hingga HD video. Rasanya fitur paling populer saat ini di dunia imaging adalah kemampuan HD video (720p atau 1080i) bahkan kamera DSLR baru pun kini menyediakan fitur movie HD ini.

Digital broadcasting : Tahun ini jadi ajang perkenalan siaran TV digital baik melalui sistem DVB-T maupun DVB-H. Bahkan di ajang ICS 2009 JCC Senayan telah didemokan penerimaan TV dari ponsel melalui sinyal WiFi. Pemirsa di rumah cukup membeli perangkat Set-top-box untuk bisa menikmati TV digital, gratis.

Netbook : Tahun ini adalah tahunnya netbook generasi kedua, dengan penyempurnaan di ukuran layar, keyboard, baterai dan kinerja secara umum. Netbook anyar dari Asus bernama Eee PC 1004DN bakal membuat kejutan karena sudah memakai optical drive, memakai Intel Atom N280 plus GN40 sebagai chipsetnya. Namun spek yang semakin naik ini membuat harga jualnya naik juga di kisaran 7 juta dan akan bersaing dengan sang calon ‘pembunuh’ netbook yaitu HP dv2 dengan platform AMD Yukon. HP dv2 ini punya harga jual 7 juta, bertenaga AMD Neo 1,6 GHz, ATI Radeon HD, 4GB memori, WiFi dan layar 12 inci.

HP dv2 (from wired.com)
Netbook killer : HP dv2 seharga 7 jutaan (from wired.com)

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

10 thoughts on “Teknologi yang sedang ‘nge-tren’ di tahun 2009”

    1. iya pak, sayang dvd-romnya external. Tapi mantap karena kecil. Ada versi moonlight (putih) juga. Harganya cukup kompetitif, sekitar US$700-800

      Skrg HP keluarin intel processor juga, bedanya sekitar U$50-$75. AMD juga ada versi dual corenya.

Comments are closed.