Memperkenalkan situs fotografi digital : kamera-gue

Pembaca budiman,

apabila belakangan ini anda jumpai saya cukup lama tidak menulis posting baru disini, hal itu dikarenakan beberapa kesibukan saya yang cukup menyita waktu. Saat ini saya sedang fokus menyusun situs khusus yang mengupas tentang fotografi digital, dan situs ini saya beri nama kamera-gue. Sejak awal tahun ini saya memang sudah mengaktifkan situs tersebut namun masih dengan memakai hosting dan domain gratis untuk keperluan uji coba. Kali ini untuk menjadi lebih serius, saya telah melakukan beberapa perubahan dalam situs tersebut.

Situs kamera-gue, dengan slogannya : ‘kupas tuntas kamera digital’,  saya tujukan untuk lebih fokus pada topik yang spesifik, dengan pembagian katagori lebih rinci seperti DSLR, review, aksesori dsb. Pemilihan nama kamera-gue menunjukkan fokus bahasan pada topik kamera (digital), target pembaca adalah generasi muda yang dinamis dan selalu ingin tahu, dan nama itu yang saya pilih dengan harapan bisa mudah diingat ditengah banyaknya nama domain di jagad maya ini.Disini saya hadirkan situs dengan tampilan berkesan magazine/portal dengan tampilan headline di pojok kiri atas sebagai topik utama, featured di pojok kanan atas sebagai topik pilihan, dan artikel lainnya ditampilkan secara preview di home page. Tiap artikel dilengkapi dengan gambar thumbnail yang menarik, disertai link untuk sharing ke digg, technorati atau facebook.

Screenshot 'kamera-gue'
Screenshot 'kamera-gue'

Dalam mengelola situs itu nantinya saya akan menghindari kesan personal atau berkesan terlalu seperti sebuah blog, sehingga disana nanti saya tidak akan menulis misalnya, ‘kamera digital favorit saya di 2009’, atau ‘sepuluh kamera saku terbaik menurut saya’. Disana saya akan membuat situs ini lebih seperti situs portal berita yang isinya tentu menyampaikan berita kamera baru, rekomendasi, review dan tips fotografi digital. Jadi jangan kuatir, blog dunia digital ini tidak akan saya abaikan. Disini saya akan tetap menulis soal perkembangan dan opini saya terhadap teknologi digital termasuk fotografi, dengan gaya yang masih personal dan kadang subjektif (wajar karena disini berkonsep blog). Disini pun saya akan masih meluangkan waktu untuk melayani komentar dan saran dari anda pembaca, karena dari andalah saya bisa mendapat koreksi dan masukan yang berharga.

Sekedar berbagi cerita, sekilas mengenai apa-apa yang telah saya lakukan untuk mewujudkan kehadiran situs  kamera-gue diantaranya :

  • memilih domain lokal web.id melalui PANDI
  • memilih web hosting yang punya paket lengkap dan ekonomis yaitu idwebhost
  • masih memakai blog engine dari WordPress versi 2.71
  • masih memakai theme buatan lokal yang sangat populer yaitu Arthemia
  • untuk adsense juga memakai jasa lokal yaitu adsense camp (trims untuk yang sudah berkenan partisipasi)
  • menyediakan dua space untuk banner iklan (wide 468 x 60 dan square 300 x 250), ada yang berminat?
  • memakai polling modern dengan AJAX
  • memakai beberapa plugin yang diperlukan : breadcrumb, timthumb, get-image, page-navi, translate, post view, wp stat, XML sitemap dan rencananya bbpress untuk forum.

Tentunya saya mohon dukungan pembaca sekalian untuk kemajuan situs kamera-gue dengan mengabarkan pada teman, menautkan link kamera-gue di situs anda, dan tentunya mengunjungi serta meninggalkan komentar pada situs kamera-gue. Setiap saran, masukan dan kritikan tentu akan saya apresiasi sepenuhnya. Saya sadar situs kamera-gue ini memang masih sangat sederhana, namun mimpi untuk menjadi besar sudah saya canangkan dari sekarang, tentunya dengan dukungan anda semua.

Terima kasih.

Update : Sejak 19 Juli 2009 forum kamera gue sudah resmi bisa digunakan.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

16 thoughts on “Memperkenalkan situs fotografi digital : kamera-gue”

  1. ada anak baru yg mo coba pake kamera DSLR nih.ada yg bs bantu ga kasih info harga kamera canon eos 450D or eos 1000D yg murah??harga paket murah jg gpp.bs di email ke alamat kamila.emmy@yahoo.com.lg ngidam kamera nih ibu hamil 8 bln.hehehe…..please pleaseeeeee

  2. lam kenal mas..hhmm sangat membantu skali bt kita2 yg suka poto mempoto dg brbgai infonya..salut & sukses

  3. Mas…Makash banyak review nikon d40 nya! Saya pemula yg pgen pake dslr…. Mas lbh rekomendasikan d40 atw canon1000d ? sya dngar 1000d adalah produk gagal,benarkah itu? Terima kasih bwt rekomendasi yg sangat brmanfaat bwt sya. Oh iya,,bwt harga pasaran 2 kamera itu brapa ya skrg, trims

    1. Saya belum pernah dengar kalau 1000D itu produk gagal, toh dia tergolong bagus untuk harga segitu. Nikon D40 sendiri sudah diskontinu, tapi saya sempat nemu ada stan di Festival komputer JCC kemarin yg jual D40. Kalau 1000D sekitar 6 juta.

  4. hi, saya pengguna 1000d mnurut saya ud ckup buat pemula seperti saya n hasilnya jg uda tajam. (tergantung lensa) btw bro caranya buat web gratis seperti kamera gue gmn y?? kpingin jg pny web gratis 🙂

    1. Tidak sepenuhnya gratis. Untuk rumah tinggal, perlu sewa hosting tahunan, sedang nama domain juga beli tahunan. Untuk engine CMS pakai wordpress.org gratisan, dan themes juga pakai arthemia gratisan (bukan arthemia versi bayar). Kalau mau yg murni gratis tentu wordpress.com saja atau blogspot.

  5. dear mas gaptek , sekarang ini saya pakai Canon 500D dengan lensa 28-200 is, memang cukup menyenangkan bisa ngambil foto yang bagus2 tapi rasanya masih pengin juga bisa lebih close up lagi , sarannya mana yang dipilih 70-300 atau 75-300 , maunya sih 100-400 tapi kayaknya dokut-nya belum cukup.
    mohon info mantab-nya , terima kasih ( Yoga )

Comments are closed.