Ingin tahu proses manufaktur DSLR Nikon di Thailand?

Anda mungkin sudah tahu kalau pabrikasi produk DSLR merk Nikon selain di negara asalnya Jepang, Nikon juga punya pabrik di China dan Thailand. Umumnya produk DSLR kelas menengah dan kelas entry level di produksi di Thailand, berikut beberapa produk lensa Nikkor generasi baru. Dipilihnya Thailand yang nota bene adalah negara di Asia Tenggara tentunya membuat kita bangga karena Nikon percaya pada kemampuan dan skill SDM negara Asean, setelah produsen Jepang lainnya seperti Sony juga punya pabrik di Malaysia dan Vietnam. Tapi di lain pihak, bisa jadi ada juga yang meragukan kualitas produk yang tidak dibuat di Jepang, padahal kita tahu kalau tiap manufaktur punya standar kualitas yang sama dan ketat.

Perakitan Nikon D70
Perakitan Nikon D70

Bagi anda yang ingin tahu seperti apa proses manufaktur DSLR Nikon di pabrik Thailand, tanpa sengaja saya menemukan blog ini. Disana ditampilkan banyak foto-foto mengenai suasana pabrik, suasana proses produksi hingga inspeksi finalnya. Disini saya coba tampilkan satu saja foto dari blog tersebut, sementara untuk melihat foto-foto lengkapnya silahkan langsung menuju TKP.

Kapan ya ada produsen kaemra digital yang membuka pabriknya di Indonesia?

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

6 thoughts on “Ingin tahu proses manufaktur DSLR Nikon di Thailand?”

  1. bro,
    kalo gak salah ane pernah baca di kaskus, ada thread yang bahas manufaktur nikon di indonesia..
    kamera saku nikon ada yang diproduksi di indonesia, ada fotonya di thread itu, dibagian bawah kamera tertulis made in indonesia..

    mmm…tapi gak tau lagi ya kalo itu hasil manipulasi gambar..kayaknya sih asli.

  2. kanapa seh kalian sebagai anak bangsa selalu membenci negara sendiri,seburuk itukah indonesia,
    ?? wwawasan kalian tentang negara luar itu kurang, sehingga kalian seperti katak dalam tempurung taunya
    kejelekan aja, negara luar banyak juga yang gak bagus….soal milih indonesia atau negara lain untuk menjadi basis produksinya terserah produsen, banyak kok investor negara lain yang, menjadikan indonesia sebagai tempat investasi..
    jadi banggalah dengan negara mu, tumpah darah mu…kalo kamu gak bangga, mending kamu pade menjadi warga negara sudan aja.atau zimbabwe…….

Comments are closed.