Gabung di forum ‘kamera gue’ yuk…

Salah satu hal yang menyenangkan dalam mengelola situs ini adalah adanya kunjungan dari pembaca setia yang menyukai topik seputar teknologi digital khususnya di bidang fotografi. Keuntungan membuat situs memakai WordPress adalah fasilitas komentarnya yang mudah, lengkap dan aman dari spam. Bahkan WordPress semakin menyempurnakan fasilitas komentar ini dengan menambahkan comment threading dan fasilitas rating untuk menilai komentar yang dibuat oleh pembaca lainnya.

Namun tanpa mengecilkan manfaat dari fasilitas komentar di situs ini, saya merasa kalau sebagian penulis komentar benar-benar perlu bantuan misalnya dalam memilih sebuah produk atau memahami teknik memotret, dan fasilitas komentar disini kurang tepat untuk menjadi sarana diskusi. Meski kolom komentar bisa dijadikan ajang tanya jawab, namun terkesan sangat sepihak dimana anda bertanya dan saya menjawab. Hal ini sebetulnya kurang efektif karena kemampuan dan pengetahuan saya pun terbatas, bahkan saya pun bukan fotografer yang mengerti benar teknik memotret yang benar.

Untuk itulah saya memiliki ide untuk membuat sebuah forum khusus pembaca setia situs ini, dimana saya memoderasi topik tertentu dan pembacalah yang aktif menyampaikan pertanyaan atau jawaban. Ide ini lama terpendam karena dua alasan : pertama, tidak ada fasilitas forum di WordPress; kedua, sudah banyak forum fotografi di tanah air. Sejak bulan lalu saya memutuskan untuk mengelola situs khusus kamera dan fotografi digital : kamera-gue, saya mendapat jalan untuk mewujudkan rencana lama membuat forum, hanya saja tentunya forum yang dimaksud terintegrasi pada situs kamera-gue tersebut. Meski demikian, pembaca situs ‘dunia digital’ ini sangat diharapkan juga berkenan berpartisipasi di forum tersebut, selama topiknya masih terkait dengan fotografi digital.

Keuntungan anda bila bergabung di forum ini, tentu adalah keleluasaan untuk berdiskusi hingga tuntas. Apabila anda kurang PD untuk membahas hal-hal yang mendasar di forum lain (yang dimoderasi oleh para fotografer profesional), disini anda bebas berdiskusi mulai hal yang amat dasar hingga tingkat yang lebih tinggi. Anda yang merasa memiliki kemampuan dan pengetahuan lebih tinggi pun diharap bisa membantu menjawab pertanyaan yang diajukan disini. Esensi dari forum ini adalah diskusi, sehingga tampilannya pun sederhana dan dibuat memakai bbpress. Anda tidak akan menjumpai banyak variasi ataupun ‘hiasan’ dalam forum seperti pada forum lainnya.

Akhir kata, saya mengundang pembaca setia untuk mengunjungi dan mendaftar di forum ini, tentunya dilanjutkan dengan partisipasi aktif dalam diskusi ringan soal fotografi. Saya upayakan untuk terus memoderasi forum tersebut dengan baik dan profesional. Terima kasih..

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.