Samsung C6625 vs Nokia E63

Gara-gara Obama yang tak bisa lepas dari Blackberry-nya, perangkat smartphone dengan keyboard QWERTY semacam itu jadi digandrungi banyak orang. Meski produsen ponsel umumnya juga sudah lama punya produk sejenis namun umumnya mereka kurang populer karena harga jualnya yang cukup tinggi. Pasar mulai bergairah tatkala Nokia meluncurkan ponsel Nokia E63 di akhir tahun 2008 dengan desain yang sama dengan kakaknya E71 yang harganya lebih mahal. Di pihak lain, raksasa elektronik dari Korea, Samsung juga melihat peluang emas ponsel ‘mirip Blackberry’ dan meluncurkan Samsung C6625 (Valencia) di awal tahun 2009.

Nokia E63 vs Samsung C6625 (credit : GSM arena)
Nokia E63 vs Samsung C6625 (credit : GSM Arena)

Baik Nokia E63 (sekitar 3 juta) dan Samsung C6625 (sekitar 2,7 juta) ini tampaknya tengah jadi pembicaraan hangat saat ini. Kedua ponsel bisnis ini punya banderol harga mirip, desain mirip dan spesifikasi yang juga hampir sama. Kali ini saya coba sajikan bedah fitur dan perbandingan keduanya dengan mengacu pada spesifikasi yang ada pada situs GSM Arena.

Samsung C6625

Samsung C6625 adalah ponsel bisnis HSDPA berdesain keyboard QWERTY dengan layar LCD berukuran 2.6 inci (resolusi 320 x 240 piksel) dan telah dilengkapi dengan penerima GPS. Urusan prosesor cukup kencang dengan kecepatan 393 MHz dan memori internal 100 MB, plus slot microSD up-to 8 GB. Di pasaran, Samsung menyediakan dua versi pilihan warna yaitu putih dan hitam. Satu hal yang kurang dari Samsung ini adalah fitur WiFi, meski sebenarnya hal ini adalah wajar mengingat harga jualnya yang dibawah 3 juta.

Keunggulan utama Samsung C6625 :

  • OS Windows Mobile 6.1 standard edition
  • HSDPA 2100
  • VGA video 25 fps
  • secondary camera di bagian depan
  • GPS terintegrasi

Nokia E63

Nokia E63 adalah versi strip-down dari Nokia E71 yang lebih dahulu diluncurkan. Nokia E63 berbahan plastik sedangkan E71 berbahan logam, dan E63 meniadakan fitur GPS yang dimiliki E71. Saat E71 menawarkan konektivitas HSDPA dan WiFi, maka pada E63 hanya tersedia 3G (UMTS) dan WiFi saja. Urusan OS dipercayakan pada Symbian  Series 60 dan prosesor yang digunakan adalah ARM 369 MHz. Memori internal 120 MB dan tersedia slot microSD yang sanggup menerima memori hingga 16 GB. Pilihan warna yang tersedia untuk Nokia E63 ini umumnya adalah merah, biru, silver dan hitam.

Keunggulan utama dari Nokia N63 :

  • LCD dengan 16 juta warna
  • WiFi 802.11 b/g
  • kamera dengan flash LED
  • desain keypad QWERTY lebih nyaman

Yang menarik, baik Samsung C6625 dan Nokia E63 ini berbagi fitur yang sama yaitu :

  • QWERTY keyboard
  • LCD 320 x 240 piksel, bukan berjenis layar sentuh
  • kamera 2 MP
  • multimedia (musik, video dan radio)
  • Bluetooth
  • material bodi plastik (Nokia E71 berbahan logam)

Kesimpulan

Dari poin-poin diatas tampak kalau Samsung C6625 yang berharga lebih murah bisa mengungguli Nokia E63 dalam urusan fitur yang ditawarkan, simaklah seperti Windows Mobile 6.1, penerima GPS dan konektivitas HSPDA (bahkan fitur HSDPA dan GPS dari Samsung ini setara dengan Nokia E71 yang berharga 4 juta, meski tentu dalam hal lainnya E71 lebih unggul). samsung masih unggul dalam urusan merekam video dengan resolusi VGA 25 fps (pada Nokia E63 / E71 hanya resolusi QVGA dengan 15 fps), bahkan E63 tidak dilengkapi secondary camera untuk video call. Sedangkan Nokia E63 memiliki fitur yang tidak dimiliki Samsung yaitu WiFi, bagi sebagian orang yang sering browsing dari cafe atau public area lainnya, fitur WiFi ini terasa sangat perlu. Nokia E63 juga unggul di kedalaman warna LCD dan kualitas keypad yang lebih baik.

So, dengan dana 3 juta bahkan kurang, bila anda lebih suka browsing cepat dengan HSDPA dan/atau bepergian dipandu dengan GPS, maka Samsung C6625 ini lebih pantas dipilih. Namun bila anda betah berjam-jam mengakses WiFi di cafe, pertimbangkan Nokia E63 saja.

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

163 thoughts on “Samsung C6625 vs Nokia E63”

    1. mau jual samsung C6625 masih mulus baru sebulan beli, msh garansi, warna hitam-silver, dah pasang anti gores. . Dilepas 1jt aja nego. ASAP lagi BU

      sms ya…081310393435

  1. nice info gan..

    cuma sharing ajah,
    saya pake huawei g6600
    hape murah tapi gk murahan.
    buat internetan, mantab.

  2. aq bru bli samsung c6625 dgn HRGA 1,2JT…minta saran dong,,kok kameranya sekarang ngak bisa kepake,,pas mencet tertulis camera disabled,,,tlong donk,,tq
    eh,,ada lagi,,,aq pengen ngilangin setingan email di c6625Q,,coz boros banget ma pulsa,,,

  3. antara Samsung Valencia C6625 dan Nokia E63 sulit memilihnya. Keduanya memiliki spesifikasi yang serupa.
    Bagi yng ingin kebut-kebutan di internet, pilih Samsung karena ada HSDPA.
    Bagi yng ingin tetap konek di kafe/stasiun, pilih Nokia karena ada WiFi.
    Silakan Anda memilih, saya sendiri baru beli Samsung Valencia..

  4. menurutku mendingan beli samsung aja. soalnya ada gps nya. kalo masalah wifi ajakan tentang internet. samsung juga bisa internetnya malah lebih cepet. kan gak di semua tempat ada wifinya.

  5. memang sulit menentukan pilihan k2nya, Q jg bingung ne mau beli yang mana,,,.,
    samsung C6625 c bgs, tp ko banyak keluhan Y ????

  6. Gw pilih samsung c6625 karena double kamera.. kalau hp 3G gk ada kamera video call spt nokia e63 rasa nya kurang mantap!

  7. Gue pake Valencia C6225, gue bandingin dengan yang terbaru Omia Pro keluaran terbaru , valencia ku sangat cepat, apalagi jika ada signal 3G download 10 MB tidak sampai 60 detik

  8. pengen share saja,si valen ini memang terasa unggul di kcepatan inet sama kameranya (biar cuma 2 mpx tpi kualitas 4 jempol),cma sdikit lelet juga sih…

  9. lila @
    klo camera disable tu carany gn,,,
    km bs pke apliksi explore buka folder windows trus cari file “DisableCamApp.exe” trus di buka,,, hbs tu udah dh,,, camera udah dpt di buka lg,,

  10. Brader soal GPS tlg dibahas dunk, beberapa artikel sudah saya baca termasuk threed di kaskus. tapi, hehehhe, ane orang awam di dunia informasi dan teknologi, samrtphone aja baru punya.

    tlg ya brader, mulai dari instalasi, (garmin or google map)–trus kalo ngasi garmin, kasi juga cd-key nya ya brader. heu heu.
    saya dah coba instal garmin-GarminXTforWindowsMobile50020w- tapi susah cari cd key-nya, trus peta indonesianya mesti download lagi ya? mumet dah, masih gak ngerti nie.

    1. smuah Samsung C6225 user guide ada di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2159026. poko’e JANGAN MALAS MEMBACA….
      —-scientia est potentia—–
      kekurangan Valencia aka C6225 dibanding BB (berarti selain ini valen unggul ya) :
      1. tdk bs BBM-an
      2. tdk bs WIFI
      3. kurang mahalll..
      selain 3 di atas, Valen ini g gaul krn msh pke Winmo 6.xx. Skrg yg gaul Android n Win7. Iphone kemahalan n BB buat yg merasa (atau ga tau) butuh msg2an lwt BBM

  11. cara biar berentiin settingan email dari c6625 gimana ya..?
    ada yang tau gag..?
    soalnya boros banget kalo aktif terus…….

Comments are closed.