Telkomsel dapat tambahan pita 3G, apa kabar flash unlimited?

Hari ini Telkomsel resmi mendapatkan tambahan kanal / pita 3G selebar 5 MHz, sehingga total kanal yang dimilikinya sekarang adalah selebar 10 MHz. Tambahan kanal yang dibeli seharga 160 miliar ini menjadikan Telkomsel sebagai operator 3G dengan pita terlebar, karena operator lain hanya memiliki pita 5 MHz saja (meski Indosat kini tengah dalam proses mendapat tambahan pita yang sama).  Dikutip dari detik.com, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel Herfini Haryono mengatakan : “Penambahan frekuensi ini menjadi salah satu bagian dari alokasi investasi Telkomsel tahun ini yang besarnya Rp 13 triliun.”

Tambahan kanal ini rupanya menjadi jalan keluar terbaik bagi siapapun operator 3G yang sudah merasakan penuhnya traffic internet memakai jaringan seluler. Dengan menambah pita 5 MHz ini, diharapkan memberi peningkatan pada kualitas dan kehandalan akses data 3G (yang bisa dipakai untuk mengunduh data hingga 40 Mbps). Indosat yang sudah merasakan beratnya mengelola IM2 pun tengah melakukan proses yang sama dan diharapkan dalam waktu dekat realisasi dari pemerintah juga terwujud.

Bagaimana dengan paket internet dari Telkomsel yang amat populer, yang bernama flash unlimited? paket sepuasnya dengan tarif 100 125 ribu per bulan ini belakangan banyak dikeluhkan pengguna karena kecepatan akses datanya yang semakin melambat. Semestinya dengan penambahan pita 5 MHz ini, masalah yang sedang terjadi tak perlu terulang; dengan catatan bila jumlah pemakai tidak mengalami peningkatan. Namun Telkomsel sadar kalau berita penambahan kanal ini akan menyebabkan banyak orang yang berbondong-bondong memakai layanan flash, sehingga penambahan kanal pun bakal percuma. Untuk itu, rupanya diam-diam Telkomsel sejak seminggu lalu telah merubah ketentuan ‘fair usage’ atau pemakaian wajar dalam sebulan untuk flash unlimited, dimana kuota bulanan yang berlaku saat ini adalah :

  • paket basic / 125 ribu : 500 MB (speed 256 kbps)
  • paket advance / 225 ribu : 1 GB (speed 512 kbps)
  • paket pro / 400 ribu : 2 GB (speed 3.6 Mbps)

New Telkomsel flash

Sebagai catatan, bila pemakaian data sebulan melampaui kuota bulanan maka kecepatan akses datanya akan diturunkan hingga 64 kbps. Keputusan ini dirasa sangat mengejutkan khususnya  untuk pilihan paket basic 125 ribu yang nota bene menjadi paket favorit banyak orang, dimana kini kuotanya harus turun menjadi hanya 500 MB per bulan (padahal sebelumnya, paket basic ini punya fair usage sebesar 3 GB per bulan).

Apa tanggapan anda soal penambahan pita 5 MHz seharga 160 miliar dan penurunan kuota paket Telkomsel flash ini? Sampaikan pendapat anda melalui kolom komentar berikut ini..

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

29 thoughts on “Telkomsel dapat tambahan pita 3G, apa kabar flash unlimited?”

  1. saya baru berlangganan satu bulan telkom flash dan maf beribu maaf hasilnya FUCK buanget (4000kali) buat telkomsel, karena penipuan sepihak.

  2. Payah banget telkomsel..
    disaat provider lain berbondong-bondong meningkatkan layanan dan kualitas nya..
    telkomsel malah bertindak sebaliknya..

    Hmm.. Kasus di atas kan kasus telkomsel unlimited,
    bagaimana dengan telkomsel corporate?
    apa ikut berpengaruh?
    perubahan tarifnya menjadi seperti apa?

  3. penurunan quota paket unlimited telkomsel sangat merugikan kami dari sisi costumer yang banyak mengupload atau mendownload data2, dengan qouta 500MB, paling seminggu dah habis quaota tersebut

    Kami harap telkomsel dapat mempertimbangkan kembali masalah ini, mudah2an para petinggi telkomsel mau mengerti, jangan cuman memikirkan diri sendiri

    Terim kasih

  4. Serupa dengan komemntar Rusydi, penurunan quota paket unlimited telkomsel sangat merugikan kami dari sisi costumer. Quota 3GB per bulan (paket 125000,-) adalah janji diawal kontrak berlangganan. Jika Telkomsel mengurangi quota tsb, artinya telkomsel melanggar janji. Kenapa diberlakukan untuk pelanggal lama ? Kenapa tidak diberlakukan untuk pelanggan baru saja ?
    kalau begitu, yang namanya “Fair Usage” 500 MB sama saja dengan “UnFair Usage” 500 MB. 😦

  5. kita sebagai pelanggan dirugikan…..mungkin kita perlu ada gugatan class action.agar operator tidak semena-mena,seperti yang dilakukan telkomsel..

  6. saya lagi itu pernah menanyakan hal ini ke CS di grapari TELKOMSEL. . .
    saya bertanya apakah terjadi penurunan quota menjadi 500MB
    saya sampai mengeluarkan kontrak saya yang dimana saya mendapatkan quota sebesar 2GB. .
    lalu saya bilang apakah sekarang pegguna telkomsel flash yang sudah terdaftar sebelum peraturan yang baru itu akan mengikuti aturan tersebut dengan mendapatkan quota sebesar 500MB. . .
    lalu CS tersebut bilang kalo pengguna telkomsel flash yang sudah terdaftar sebelumnya akan tetap mendapatkan quota sebesar 2GB. . .
    namun kenyataan yang terjadi adalah, kita pelanggan telkomsel flash yang sudah terdaftar sebelumnya malah mendapatkan quota sebesar 500MB. . .

    jadi apa yang seharusnya kita lakukan dengan????
    kenapa operator maen mengganti begitu saja tanpa memperhatikan consumenya???

    PAYAH

  7. Saya pelanggan corporate terdaftar per Agustus 2009, awal melanggan menadapt quota 3GB sesuai kontrak. Sekarang..drastis terkena “sunat” 500MB,,,, jadi saya hanya bisa menikmati 3GB dlm 1 bulan saja,,, saya coba tunggu sampai awal bulan,,,memang sih speed jadi normal lagi 256kbps!

    Beberapa hari yg lalu ada SMS dari Telkomsel, isinya jika ingin mendapatkan speed normal lagi anda bisa membeli paket data utk mengaktifkan lagi dan musti membayar lagi…lho…lho…lho… ??????

Comments are closed.