Telkomsel dapat tambahan pita 3G, apa kabar flash unlimited?

Hari ini Telkomsel resmi mendapatkan tambahan kanal / pita 3G selebar 5 MHz, sehingga total kanal yang dimilikinya sekarang adalah selebar 10 MHz. Tambahan kanal yang dibeli seharga 160 miliar ini menjadikan Telkomsel sebagai operator 3G dengan pita terlebar, karena operator lain hanya memiliki pita 5 MHz saja (meski Indosat kini tengah dalam proses mendapat tambahan pita yang sama).  Dikutip dari detik.com, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel Herfini Haryono mengatakan : “Penambahan frekuensi ini menjadi salah satu bagian dari alokasi investasi Telkomsel tahun ini yang besarnya Rp 13 triliun.”

Tambahan kanal ini rupanya menjadi jalan keluar terbaik bagi siapapun operator 3G yang sudah merasakan penuhnya traffic internet memakai jaringan seluler. Dengan menambah pita 5 MHz ini, diharapkan memberi peningkatan pada kualitas dan kehandalan akses data 3G (yang bisa dipakai untuk mengunduh data hingga 40 Mbps). Indosat yang sudah merasakan beratnya mengelola IM2 pun tengah melakukan proses yang sama dan diharapkan dalam waktu dekat realisasi dari pemerintah juga terwujud.

Bagaimana dengan paket internet dari Telkomsel yang amat populer, yang bernama flash unlimited? paket sepuasnya dengan tarif 100 125 ribu per bulan ini belakangan banyak dikeluhkan pengguna karena kecepatan akses datanya yang semakin melambat. Semestinya dengan penambahan pita 5 MHz ini, masalah yang sedang terjadi tak perlu terulang; dengan catatan bila jumlah pemakai tidak mengalami peningkatan. Namun Telkomsel sadar kalau berita penambahan kanal ini akan menyebabkan banyak orang yang berbondong-bondong memakai layanan flash, sehingga penambahan kanal pun bakal percuma. Untuk itu, rupanya diam-diam Telkomsel sejak seminggu lalu telah merubah ketentuan ‘fair usage’ atau pemakaian wajar dalam sebulan untuk flash unlimited, dimana kuota bulanan yang berlaku saat ini adalah :

  • paket basic / 125 ribu : 500 MB (speed 256 kbps)
  • paket advance / 225 ribu : 1 GB (speed 512 kbps)
  • paket pro / 400 ribu : 2 GB (speed 3.6 Mbps)

New Telkomsel flash

Sebagai catatan, bila pemakaian data sebulan melampaui kuota bulanan maka kecepatan akses datanya akan diturunkan hingga 64 kbps. Keputusan ini dirasa sangat mengejutkan khususnya  untuk pilihan paket basic 125 ribu yang nota bene menjadi paket favorit banyak orang, dimana kini kuotanya harus turun menjadi hanya 500 MB per bulan (padahal sebelumnya, paket basic ini punya fair usage sebesar 3 GB per bulan).

Apa tanggapan anda soal penambahan pita 5 MHz seharga 160 miliar dan penurunan kuota paket Telkomsel flash ini? Sampaikan pendapat anda melalui kolom komentar berikut ini..

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

29 thoughts on “Telkomsel dapat tambahan pita 3G, apa kabar flash unlimited?”

  1. banyak dari temen temen kaget dan benar benar mengeluh kan hal ini.

    kalo penggunaan masih dirumah saja, sekarang pastinya aku merekomendasikan telkom speedy. walau banyak caci maki, so far aku masih puas dengan speedy. ambil aja paket termurahnya :

    Paket FAMILY (Semi Unlimited 384 kbps, Rp. 195.000,-/bulan)
    Dengan kecepatan 384 kbps downstream dan 96 kbps upstream tanpa batas waktu Anda dapat berinternet sepuasnya untuk browsing maupun chatting selama masih dalam batas kuota 3 GB per bulan. Ketika kuota usage tercapai, kecepatan efektif akan diturunkan ke 128kbps hingga akhir bulan dan akan kembali ke kecepatan semula pada awal bulan berikutnya.

  2. Beneran, saya juga kaget tadi siang dapat sms yang cukup mengejutkan dari provider bahwa kuota unlimited turun jadi 500MB, ini sungguh sangat menyecewakan. saya sangat menyesal, sebelumnya saya menggunakan speedy, namun karena teman merekomendasikan flash, saya pun terbujuk. namun, klo begini caranya, saya akan kembali menggunakan speedy aja deh… padahal saya baru 1 bulan menggunakan flash, jadi terasa sangat kurang PUAS..

  3. “Pelanggan Yth. Terhitung mulai tgl 1 Sep 09, Fair Usage untuk Paket Basic TELKOMSELFlash Unlimited berubah dari 2GB menjadi 500 MB. Terima kasih.”
    ..wah bener2 shock setelah mendapat sms dari telkomsel yang menyatakan penurunan kuota tersebut..
    saya memang sudah lama menggunakan flash unlimited ini, dan sangat terasa kalo speed bandwidth-nya pun (akhir2 ini) menurun..
    mungkin saya tetap bertahan menggunakan flash jika speed bandwidth-nya dikembalikan seperti saat pertama saya menggunakan walaupun kuotanya diturunkan..
    tapi kalo tidak ada penambahan speed bandwidth,ya apa boleh buat??
    mungkin “pindah ke lain hati” adalah solusinya..

  4. Update : Selang sehari setelah Telkomsel, hari ini (8 Sep 2009) Indosat juga resmi mendapat kanal tambahan 5 MHz. Semoga IM2 tidak latah ikut-ikutan Telkomsel yang menurunkan ‘fair usage’ bulanan.

  5. inilah yg namanya bangsa untung rakyat rugi, giliran sudah banyak pengguna bukannya turunin tarif atau tambah quota,, ehh malah nurunin quota mending jaringan tambah bagus mestinya kalau mau nurunin quota perbaiki dulu kualitas jaringan jangan buat nurunin quota sepihak, kecewa berat ama flash “konsumen di bodohin mulu”

  6. Selalu pelanggan jadi korban. Heran, negara2 lain makin menggenjot internet speed mereka. Kita malah di turunkan quotanya, padahal speed nda naek2 (malah tambah parah akhir2 ini). Salah satu adsl di eropa bahkan ada paket 25 mbps, dengan tarif ‘murah’ (untuk ukuran kantong org eropa tentunya). Sungguh mengecewakan kebijakan yg diambil oleh pihak Telkomsel.

  7. kesal rasanya dengan “kelicikan bisnis telkomsel”, koneksi lambat, mahal, sekarang quota diturunkan jadi 500mb/bulan !!! siapa coba yg gak kesal !! Quota diturunkan 1/6 kali loh!!! ampun dahhhh,….. mo jadi apa bangsa ini!!!

    seharusnya nama produk unlimited diganti dengan “telkom_snail fail 500mb”. kalo gak bisa unlimit yah gak usah pake embel-embel unlimited di belakang nama produk!!! keeeeeeeeeeeesssssssssssssaaaaaaaaaaaaaaalllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. pindah provider deh klo kayak gini, bener2 gak fair! Mentang-mentang paling besar, seeneaknya ngambil keputusan. Harusnya kualitas jaringan diperbaiki, tambah quota, tambah murah!!!

    bukannya ngurangin QUOTA, ini merupakan kemunduran besar !!! telkomsel flash GAGAL !!!

  9. Dengan menurunkan Quota begitu otomatis pelanggan flash akan lari, saya aja baru pakai flash 1 minggu, ternyata flash sering troubel, kadang2 status sudah terkoneksi tp browsing tdk bisa dan jika sy tdk browsing Qouta pemakainannya jalan sendiri lho,padahal YM n mozila sy sudah sy matikan, itu wajar atau tidak ya?

  10. ya kalo gini kita pindah aja ke provider lain spt indosat..>kacian d lu telkomsel banyak yg pindah nih….apa sblm ambil keputusan ga mikir dulu kjadian kyk gini…

  11. lembek ah telkomsel…bikin kesel…bikin sebel…bikin gatel pengen ngetapel towernya…it’s not a FAIR USAGE, but it’s unFAIR decision for old USERs…

  12. TELKOMSEL FLASH.. PARAHHH.. APA2an ini maen seenaknya aja nurunin kuota.. dmn2 ko masalah penambahan jaringan itu tanggung jawab Perusahaan TELKOMSELnya.. jngan membuat konsumen kecewa….
    DAH LHA LEBIH BAIK PINDAH PROVIDER AJA DA…

  13. Kok malah diturunkan ya? gimana nasibnya telkomsel corporate ya? apa diturunkan juga quotanya?
    Kalau emang benar2 juga diturunkan.. kasian bangsa ini makin ketinggalan… negara tetangga sudah maju dengan internet gratis, kita harus ngemis2 sampe miskin untuk koneksi yang layak…

    Ayo donk telkomsel, buatlah kebijakan dengan tidak mengorbankan konsumen setia, Anda besar juga karena kesetian para pelanggan, jangan sampai loyal costumers menjadi loyal haters.

  14. wah. sebenarnya saya tidak tahu menahu mengenai batasan ini. baru pada saat akhir akhir ini saya merasa penurunan speed maka saya googling dan baru dapat berita ini. sangat mengecewakan. pantasan awal pemakaian terasa cepat.

    oh ya mas nambah dikit. mungkin saya akan balik jadi pelanggan starone unlimiter prabayar. 45 ribu seminggu jadi 180 ribu perbulan. gak ada kuota, gak ada penurunan speed. siapa tau dengan nambah kanal indosat layanan ini juga jadi lebih stabil.

  15. saya juga kaget pas lihat di situs resminya kalau untuk paket basic kuota turun jadi 500mb, akhirnya minta kejelasan ke CS-nya langsung, ya dia cuma minta maaf terus… tapi ya saya tetap dong kecewa sekali sama penuruan ini, apalagi sering trouble juga, kecepatan ga sesuai sama yang dijanjikan bahkan sebelum kuota habis

  16. pny gw awal bln sdh gw cabut kmrn2
    gile lbh byk error nya drpd kenceng nya dlm 1 bln terakhir ini

  17. Bulan Juni saya langganan Akses Axis 1 tahun; 500mb/bln; 588rb.. karena tidak cukup bagi saya, saya langganan flash, sampai benar2 bisa digunakan mulai 14 agustus 2009, tgl 04 september 2009 down (kata caroline officer lagi upgrade jaringan), tgl 08 september 2009 mulai bisa digunakan lagi tapi… jadi Ninja Kura2 alias LAMBAT… ternyata fair use diturunin dari 2gb menjadi 500mb per 01 september 2009, relatif saya cuma efektif pake flash 2 minggu, sekarang harus menjalani kontrak 11 bulan lagi… Kl dari awal tau telkomsel se-Mafia ini, mending saya pake Axis terus….

Comments are closed.