Masih berminat pakai IM2 unlimited?

Bukan iklan bukan promosi. Saya cuma mau tanya, apakah diantara anda masih ada yang berminat untuk akses internet unlimited memakai IM2 (broom)? Kenapa, soalnya belakangan ini kan ramai dibicarakan soal keluh kesah pengguna Telkomsel Flash yang menurunkan ‘fair usage’ bulanan untuk akses unlimited-nya dan sulitnya mencari perdana XL unlimited. Nah, siapa lagi yang punya paket GSM unlimited kalau bukan Indosat?

Sekilas mengenai IM2 broom, inilah produk paket internet pra bayar dari Indosat yang SIM-nya khusus untuk data, alias tidak bisa dipakai nelepon dan SMS. IM2 broom terbagi dua yaitu sistem kuota (classic) dan sistem unlimited. Sistem kuota membolehkan kita ngebut hingga 3,6 Mbps, sementara sistem unlimited punya prinsip biar lambat asal pakai sepuasnya. Jelas versi yang unlimited lebih menarik karena cukup dengan 100 ribu per bulan kita bisa pakai internet sepuasnya setiap bulan. Nyatanya, lonjakan peminat paket ini menjadi bumerang buat pihak Indosat sendiri tatkala di awal tahun ini traffic BTS Indosat selalu overload karena banyaknya pengakses IM2 unlimited. Keluh kesah pun mulai muncul namun pihak Indosat selalu berkelit kalau penambahan kapasitas tidak akan efektif tanpa penambahan pita 3G bandwidth 5 MHz. Saya memprediksi sudah banyak pelanggan IM2 yang berhenti dan mungkin pindah ke Telkomsel Flash, karena belakangan ini kabarnya akses Flash semakin lambat sementara IM2 sudah agak lebih kencang dibanding 3 bulan lalu.

Bila anda masih berminat menjajal IM2 unlimited, bisa dimulai dengan berburu kartu perdananya. Saya tidak tahu apakah perdana IM2 broom masih mudah ditemui di pasaran karena konon kabarnya sejak IM2 kewalahan mendapat lonjakan pelanggan, kartu perdana jadi sulit ditemui di pasaran. Tapi kalau melihat dari situs resminya, kini Indosat menerapkan tiga opsi broom unlimited dengan kuota bulanan yang berbeda :

  • Broom biasa : kuota 2 GB, perdana 150 ribu, isi ulang selanjutnya 100 ribu
  • Broom Xtra : kuota 2.5 GB, perdana 200 ribu, isi ulang selanjutnya 125 ribu
  • Broom bastis : kuota 3 GB, perdana 275 ribu, isi ulang selanjutnya 200 ribu

Sebagai catatan, kuota diatas merupakan ‘fair usage’ bulanan dimana selama bila pemakaian belum mencapai kuota, kecepatan akses bisa hingga 256 kbps namun begitu kita melebihi kuota maka koneksi jadi lambat hingga 64 kbps, meski masih tetap bisa akses internet.

Kini baik Indosat maupun Telkomsel telah mendapat tambahan kanal 3G sebesar 5 MHz, yang harus ditebus sebesar 160 miliar. Secara teori mestinya keduanya akan bersaing ketat dalam menawarkan paket 3G unlimited-nya. Nah, melihat Telkomsel yang secara sepihak telah menurunkan ‘fair usage’ paket Flash unlimitednya, saya berharap semoga IM2 tidak meniru langkah tidak terpuji sang kompetitor ini. Biarlah kuota bulanan IM2 broom unlimited ini tetap seperti tiga opsi diatas, tinggal dijaga kemudahan dan kestabilan koneksi, dan juga dijaga tarifnya jangan sampai dinaikkan.

Bila saat ini anda memakai akses internet melalui jaringan 3G dengan tarif flat unlimited, operator manakah yang anda pakai?

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

27 thoughts on “Masih berminat pakai IM2 unlimited?”

Comments are closed.