Internetan pakai HP lebih hemat dengan paket kuota

Fenomena mobile internet saat ini sudah sedemikian meluas pemakaiannya. Hampir setiap orang yang menggenggam ponsel sudah bisa mengakses internet via mobile browser seperti Opera Mini atau Net Front. Dengan peningkatan jumlah pengakses data GPRS itu, operator pun merasakan kenaikan pendapatan dari sektor data. Maka itu wajar kalau pihak operator lalu menawarkan paket yang lebih bersahabat dalam segi tarif, daripada konsumen harus mengacu patokan tarif standar yang dihitung per kilobyte data.

Paket hemat yang saya maksud kali ini adalah paket bersistem kuota, dimana operator kini berlomba menawarkan pilihan kuota pemakaian data (dalam hitungan MB) yang lebih murah daripada perhitungan normal volume based. Umumnya masyarakat yang mengakses data melalui ponselnya dikenai tarif volume based yang meski tampak murah namun sebenarnya masih cukup mahal. Contoh, tarif data memakai kartu IM3 adalah Rp.1/kB yang terkesan murah, namun bila kita memakai data sebanyak 10 MB maka yang dibayar adalah 10.000 rupiah. Ternyata cukup mahal kan?

Saat ini, operator GSM yang menawarkan sistem paket kuota hanya Telkomsel (Small Denomination Volume Plan), XL (Paket Internet Volume Based) dan Axis (Super Hemat Data). Operator lain menerapkan sistem tarif fix seperti Indosat (kecuali IM2 Broom) dan Three (untuk Three ini tiap harinya pemakaian dibawah 1 MB gratis). Prosedur untuk mengikuti skema paket kuota silahkan kunjungi masing-masing situs resmi mereka.

Paket sistem kuota sebenarnya mirip seperti tarif volume based, dimana setiap data yang kita akses dicatat oleh sistem. Bedanya, sistem kuota mensyaratkan kita untuk membayar dahulu di awal, dengan memotong sejumlah pulsa yang kita miliki.  Selama pemakaian data kita tidak melebihi kuota yang ditentukan, maka tidak ada biaya lain yang perlu kita bayar. Namun bila jatah kuota yang kita miliki terlampaui, barulah perhitungan tarif kembali mengacu pada tarif normal (dihitung per kB). Sebaliknya, bila pemakaian kita belum mencapai kuota namun masa aktif kuota tersebut sudah terlewati, maka sisa kuota tersebut hangus dan sisa uangnya tidak dikembalikan. Namun jangan kuatir, paket kuota iniumumnya murah kok. Tarifnya kalau sengaja dihitung berkisar antara Rp. 0.8 sampai 0.2/kB tergantung operator yang dipakai dan besarnya kuota yang kita pilih (lihat tabel perbandingan di bawah).

Jika anda berencana mengikuti skema paket kuota untuk akses data memakai ponsel, tentukan dulu kira-kira berapa pemakaian data anda dalam sebulan. Kalau hanya untuk dipakai browsing, cek email, chat dsb lewat ponsel, dalam sebulan rasanya 100 MB saja sudah cukup. Tapi bila sesekali ponsel anda juga akan jadi modem PC maka tentu perlu memilih kuota yang lebih tinggi hingga 500 MB. Bila anda memakai data sangat besar diatas 500 MB, saya sarankan pilih paket unlimited saja.

Internet kuota

Tabel diatas saya susun sekedar untuk pembanding tarif kuota yang ada. Tampak tiap operator menawarkan pilihan mulai dari nominal kecil 10 ribu hingga 100 ribu (kecuali Axis yang tidak menyediakan nominal 20ribu). Sebenarnya masih ada paket lainnya yang diatas 100 ribu tapi tidak saya masukkan disini. Kabar baiknya, bila anda misalnya ingin menganggarkan dana sebesar 40-50 ribu untuk internetan sebulan pakai ponsel, anda bisa mendapatkan kuota antara 100-130 MB (tergantung operator apa yang anda pakai). Dengan kuota sebesar itu, selama sebulan anda tidak perlu was-was akan biaya akses data yang anda lakukan di ponsel.

Namun bila anggaran anda adalah 100 ribu sebulan, tampaknya Axis menawarkan paket kuota termurah dengan jatah 500 MB sebulan padahal pesaingnya umumnya berkisar di 300 MB. Kuota 500 MB sebulan ini kalau dipakai untuk internetan di ponsel saja tentu terlalu banyak, kecuali jika anda juga sesekali memakai Axis ini untuk browsing di PC juga.

Share

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

6 thoughts on “Internetan pakai HP lebih hemat dengan paket kuota”

    1. CDMA sih Smart unlimited sudah sangat menarik mulai rp. 3000 per hari (atau 45.000 per bulan) unlimited, dgn speed 153 kbps (down) dan 128 kbps (up). Buat modemnya bisa pake HP haier bundling 300 ribuan.

  1. utk cdma ada jg pake flexinet (mingguan 15rb) unlimited, up to 153 kbps,
    dan bisa dibawa ke-mana2 sesuai combo-nya,

  2. Update 2010 :
    Axis kini tarifnya sangat murah : Kuota 100 MB dulunya 40 ribu sekarang hanya 8.000 saja. Dengan dana 40 ribu bisa dapat kuota 1/2 GB.

Comments are closed.