Polling : foto ISO 800 terbaik menurut anda

Baru saja DCRP me-review kamera saku Sony DSC-WX1 yang menjadi kamera saku Sony pertama dengan sensor Exmor-R  back-illuminated. Sensor ini secara teoritis diyakini mampu memberi kinerja ISO tinggi yang lebih baik dari sensor CCD/CMOS biasa berkat sensitivitas yang lebih tinggi terhadap cahaya. Artinya, harapan mendapatkan hasil foto yang rendah noise pada kamera saku semakin mendekati kenyataan. Setidaknya usaha yang dilakukan Fuji dengan sensor EXR telah memberi angin segar, dan Exmor-R dari Sony ini juga semakin membuat saya bersemangat.

Pada kamera saku, kemampuan ISO yang tinggi hampir tidak berguna. Diatas ISO 400, gambar yang dihasilkan sudah noise dan pada ISO 800 noisenya semakin parah. Padahal sesekali kita perlu memotret memakai ISO tinggi dan menurut saya batasan ISO tertinggi yang bisa diterima pada kamera saku seharusnya ada di kisaran ISO 800 (atau 3 stop diatas ISO dasar). Nah, review dari DCRP kali ini cukup menarik karena dia membandingkan hasil foto beberapa kamera dengan berbagai nilai ISO. Saya ambil satu saja, yaitu ISO 800 yang pasti sudah noise tapi seberapa layak (acceptable) noise di ISO 800 itu? Saya perlu pengamatan dan pendapat anda, manakah kamera yang menghasilkan foto paling layak di ISO 800?

ISO 800 comparison (credit : DCRP)Berturut-turut pada foto di atas adalah hasil yang diambil memakai :

  1. Canon G11 : upaya Canon membuat kamera saku noise rendah dengan mengembalikan resolusi sensor ke 10 MP, sehingga G11 punya noise yang lebih rendah dari G10
  2. Fuji F200 EXR : kamera Fuji dengan sensor EXR yang diklaim mampu memberi sensitivitas tinggi dan juga dynamic range tinggi
  3. Sony W290 : tipikal kamera saku pada umumnya dengan sensor normal/CCD biasa
  4. Sony WX-1 : kamera pertama Sony dengan Exmor-R yang noisenya rendah pada ISO tinggi

Menurut anda metoda mana yang paling efektif dalam mewujudkan sensor rendah noise pada kamera saku : menurunkan resolusi (maksimal 10 MP), memakai sistem pixel binning (EXR) atau memakai back-illuminated (Exmor)?

Share

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

18 thoughts on “Polling : foto ISO 800 terbaik menurut anda”

  1. Di kelas pocket kamera ( baca: non DSLR) Fuji masih unjuk gigi dalam urusan hi ISO dan low light. Namun urusan potret-memotret saya masih menilai Canon lebih baik pada natural warna.

    Jadi meski pocket kamera Fuji di hi-ISO kata orang lebih kinclong, saya pribadi pilih Canon. Lebih natural.

    Dalam hal ini menurut saya, cenderung lebih ke selera masing2 orang…. suka yang mana… Sony, Fuji, atau Canon…. masing2 punya alasan yang kuat….

  2. Yang fuji deh mas, detailnya masih bagus, lagian sekarang itu yang harganya paling murah, ga sampe 3 jt dah dapet tuh kamera…

  3. okelah saya pilih yg pertama emang noise gak ada tapi detail foto hilang…sedangkan yg kedua masih terganggu oleh noise tapi detailnya masih jelas..mungkn distu perbedaannya…IMHO loh…..

    1. Anda tidak bisa dapat dua-duanya, kalo mau jaga detail, noisenya naik. Kalo mau lembut, soft dan natural, ya ketajaman turun. Canon G11 tampak memilih untuk soft, tapi kurang tajam. Fuji tampak memberi ketajaman terbaik di ISO tinggi, meski tampak kurang natural. Keduanya masih lebih baik daripada Sony yg sudah tidak tajam, tidak natural pula.

  4. saya suka fuji. btw, fuji kenapa gak ngeluarin dslr lagi yah ? mosok fuji s5pro dengan kits harganya masih 12 juta. padahal kan sudah berumur.

    hasil fotonya memang amat keren sih hehehe

  5. Jelas Canon lebih bagus. Detail memang sedikit hilang karena main di setelan soft, tapi warnanya lebih hidup.
    Warna2 Fuji tampak pecah cukup parah, susah diperbaiki.
    Jika foto dari canon dipertajam sedikit saja pasti akan memberi hasil lebih baik.

  6. Mas Gaptek, ane mao beli kamera prosumer nih..
    dari fuji S1500, nikon L100, sama fuji S2000HD lebih bagus mana..?
    lebih worth mana..?

    sekian..
    thx b4 😀

  7. mas mau numpang tanya,,,kira2 bagusan mana yah antara panasonic TZ3 dibanding finepix S1500 ato Nikon L100??oiya sekalian kalo ad finepix S2000HD juga mas,mana yang lebih bagus??

    aku pengen cari yang S2000HD,tapi masih ada yang baru gak ya mas??kalo second cari dimana yah,,,tapi lebih bagusan mana mas antara 4 kamera itu??hasil jepretannya,baik itu wide or tele, indoor or outdoor
    Balas

    1. Utk urusan kamera saku jelas TZ3 bagus, karena S1500 itu kan termasuk kamera super zoom (sangat) ekonomis. Kalo nikon L100 pas-pasan lah. Kekurangan S2000HD ada di lensanya yg lambat (bukaan kecil) meski dia unggul di HD movie kalo anda perlu. O ya, keempatnya bukan jagoan low-light (indoor minim cahaya) so hindari ISO tinggi aja.

  8. wah..pertanyaan ane dipake..
    tapi gapapa..
    gini mas gaptek..
    ane mao tanya lagi..

    kalo fuji f200exr sama s1500 lebih worth mana?

  9. tanya lagi nih mas,okelah saku jelas TZ3 coz yang laen hampir mendekati prosumer,,

    untuk kualitas fotonya mas,,,bagusan yang mana antara TZ3, S1500, S2000HD ato Nikon L100 itu??

    alasan saya pilih TZ3 coz kamera saku jelas simple dibawa, terus wide n lumayan long juga zoomnya,,,
    kalo nikon sama S1500 longzoomnya itu mas,,,sama S1500 khan ada manualnya ya,,,buat belajar2 gitu,,,
    kalo S2000HD ya longzoom,sama movie nya,,,

    tapi untuk kualitas hasil jepretnya belum tau mas,,,yang mana yang lebih bagus,tajem n natural gitu??

    atau ada rekomendasi lain yang lebih baik mas untuk kisaran harga 1,5 sampai 2,5 juta??

  10. salam…klo boleh tahu mas..apa itu canon IOS 800 termassuk camera saku..emang muat itu camera di saku biasa..yg benar aja mas..klo sony DSC-WX1 masih mungkin banget di isi ke saku…dan itulah namanya camera saku..

  11. saya pilih canon .. emang warna nya lebih natyral , gg begitu terang jdi mengasilkan gmabar yg bener bagus ..
    warnanya jugaa natural ko ..??

Comments are closed.