Peta lensa Nikon

Pernah bingung mencari lensa Nikon yang kompatibel dengan kamera Nikon kamu? Kini ada alat bantu untuk mempermudah navigasi lensa-lensa Nikon yang tersedia.

Dengan alat bantu ini, kita bisa lebih mudah mencari lensa Nikon yang tersedia sesuai kebutuhan. Untuk pemula, mungkin akan pusing pertama kali melihat begitu banyak istilah dan singkatan lensa. Mungkin ada baiknya mengunjungi Nikon lens glossary (bahasa Inggris) terlebih dahulu.

Enche Zein Tjin
Editor Radiant Lite dan Info Fotografi

Published by

Enche Tjin

Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta.

19 thoughts on “Peta lensa Nikon”

  1. mas..

    Bingung e lihat tabel itu.
    Terus terang aja saya bingung dengan kombinasi ISO, Shutter Speed dan Aperture ini. (ngerti dikit siy karena udah baca artikel tentang lensa tele di blog ini)

    Saya pake Nikon D5000, untuk kondisi berikut yang cocok lensa spec :
    * lansdscape malam hari (biasanya saya suka mengambil foto di daerah perkotaan yang penuh lampu di kejauhan)
    * landscape siang hari
    * potret malam/siang hari (outdoor)

    Saat ini saya baru punya lensa :
    Nikon 18-55mm f/3.5-5.6G AF-S VR DX NIKKOR

    Thanks ya mas

    1. Sebenarnya dgn trik yg tepat, lensa kit anda sudah bisa menghasilkan kebutuhan yg anda sebut diatas. Lensa lain yg lebih mahal, hanya memberi perbedaan seperti sedikit lebih wide/tele, bukaan lebih besar dsb. Tapi dgn lensa kit sudah cukup.

  2. mas,saya pux nikon d90
    tp saya mw gnti telez,nah yg bkin bngg lbih baek merk tamron ato nikon?
    trimz..

  3. Kyknya ada lensa sigma yg baru. 17-70 f/2,8-4. Pake OS dah HSM. Menurut om gaptek, keren gak nih lensa. Mohon pencerahanya…

  4. mas gaptek… saya mahasiswi jurusan desain komunikasi visual…
    yang bakal mengambil fotografi….
    kamera yang akan saya beli kemungkinan nikon 5000D…
    # kira2 untuk potret jurnalisme, foto model outdoor baik dalam keadaan terang atau gelap dan foto jarak jauh.. kamera nikon 5000D sudah mencukupi??? apa bila dibandingkan dengan nikon 90 D???
    # saya ingin membeli lensa tele… apakah akan memberi pengaruh yang lbh baih dari pada lensa standard bawaan kamera????
    tq….

    1. Outdoor, terang, gelap, jarak jauh dsb itu bukan masalah kamera tapi lensa. Jadi anda mesti paham dulu berbagai jenis lensa, apa bedanya, harganya sampai aplikasinya di lapangan. Nah, berhubung itu tidak mudah, jadi sementara beli aja dulu satu DSLR (apa saja) dan satu lensa zoom normal (biasa disebut lensa kit) semisal 18-55mm. Nanti anda rasakan sendiri apa lensa itu bisa mewakili kebutuhan, kalo kurang baru cari lensa lain.

      1. mas gaptek, saya sngat butuh bntuan mas mslh kmera nikon ..
        sya pmula bgt dn ndak tw gmn cara nge-reset kmera nikon saya it ..
        tolong bgt mas bntuan`a .. !!!

  5. Mas Gaptek, tolong di bantu.
    Ada review tentang “Nikon Lens AF-S 35mm F1.8 DX G BM” ga ya?
    Dan, apakah ini cocok (bisa dipakai) untuk N-D5000-ku ?

    Thanks Mas,

    1. Lensa BM? Maksudnya apa?
      Kalo AF-S 35mm f/1.8 itu sekilas adalah lensa fix format DX yg ada motor SWM-nya, cocok utk dipake di kamera D5000. Kekurangan lensa ini ada sedikit distorsi dan fokalnya kurang tele dikit utk bisa disebut lensa potret.

      1. Tapi tidak ada VR-nya ya mas.
        Selain Nikkor, kira-kira merk apa yang mas rekomendasikan untuk D5000 dengan budget lebih minim?

Comments are closed.