Intel Atom baru : N450, D410 dan D510 dengan grafik dan memory controller terintegrasi

Kali ini Intel meluncurkan platform hemat daya untuk prosesor Atom dengan nama Pine Trail. Seluruh jajaran produk prosesornya bernama Pineview saat ini diisi oleh Atom N450 (untuk netbook), D410 (untuk nettop) dan D510 (untuk desktop). Yang menjadi pembeda dari seri Atom sebelumnya adalah desain arsitektur kali ini telah memadukan antara grafik prosesor dan memory controller pada prosesor (bukannya pada chipset). Untuk itu, Pine Trail memperkenalkan juga chipset baru yang khusus untuk mendukung Atom Pineview ini yang bernama NM10 Express Chipset.

Kalau kita perhatikan gambar diatas, tampak kalau arsitektur lawas mengandalkan chip 945GSE untuk mengurus grafik dan memori, sedang urusan I/O diserahkan pada ICH7M. Dengan platform baru, chipset hanya mengurusi I/O sementara memori dan grafik diproses langsung di prosesor. Hal ini akan meningkatkan kinerja dan efisiensi yang semestinya dilakukan oleh Intel dari dulu.

Sekilas spesifikasi Intel Atom baru ini :

  • N450 : 1.66 GHz, L2 512 KB, DDR2-667 (max. 2 GB), TDP 5.5 W
  • D410 : 1.66 GHz, L2 512 KB, DDR2-800 (max. 4 GB), TDP 10 W
  • D510 : 1.66 GHz, L2 1MB, DDR2-800 (max. 4 GB), TDP 13 W, dual core

Dengan hadirnya platform baru ini maka produsen netbook dan motherboard (mini ITX) akan mulai mengadopsi teknologi baru ini. Asus telah menghadirkan Eee PC dengan inti N450, sementara sebuah board yang tertanam Atom D410/D510 telah tersedia (berukuran hampir sama dengan Zotac Ion, passive cooling). Oya, bicara soal Ion, maka platform Atom baru ini masih punya kekurangan dimana tidak adanya H.264 hardware accelerator akan membatasi render video HD resolusi tinggi. Jadi urusan gaming ya masih bagus Nvidia Ion lah..

Board Mini ITX tanpa fan

Share

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

16 thoughts on “Intel Atom baru : N450, D410 dan D510 dengan grafik dan memory controller terintegrasi”

  1. Kagak jauh beda dengan atom versi2 sebelumnya…
    Cuman permainan dagang aja, kasih sedikit sentuhan untuk jualan
    macam produk deterjen, kasih kata2 formula baru n’ promo agar jualan tetap laris…
    Enak ya…. intel jadi pemain tunggal
    Terus menang dan terus menang

    So kabar baiknya… atom versi sebelumnya pasti turun harga…
    Saatnya….. bila ingin beli netbook…

  2. heran juga liat produsen jualan laptop/PC dg processor kecil gitu… pa gak mending beli celeron skalian aja yg L2 cache-nya udah 1Mb? bukannya lebih cepet kinerjanya?? tapi sempat heran juga, koq intel atom dikenali dengan processor dengan dua inti ya?? apa aq yang dah ketinggalan jaman?

  3. Kemaren sempet hunting netbook buat pelanggan. Eh, harga n270, n280 dan n450 cuma terpaut dikit. Kisarannya cuma 200ribuan (itu kalo produknya belum diskontinyu). So, beli aja yg terbaru..dah kucoba daya baterenya ( 6 cell) sampai hampir 8 jam (kondisi on line terus).
    Yang dicari konsumen kan bentuknya ringkas, simpel, portable, mobile, harga murah, daya tahan lama (diatas 5 jam), kinerja OK buat office.

  4. Namanya teknologi selalu berkembang. Saya aja baru menikmati N280…gak taunya sudah keluar lagi N450. Yang menarik di N450 , dari site intel, sudah menggunakan instruction set 64 bit.

  5. mas, kalo netbook merk acer ada ga yg menggunakan graphic nVidia? atau merek lain apa ya?.
    Thanks

  6. intruksi 64 bit n450 apa bisa untuk sekelas nettop dengan terbatasnya kapasitas memory..yang 2 giga aja,..

Comments are closed.