Tren Kamera Digital 2010

PMA 2010, pameran akbar fotografi baru saja selesai. Dari pameran tersebut, kita bisa mendapatkan gambaran bagaimana tren perkembangan kamera digital untuk tahun 2010 ini. Dari beberapa berita dan juga peralatan fotografi yang diluncurkan, saya mengamati beberapa tren kamera digital untuk tahun ini.

1. Kamera tanpa cermin semakin berkembang
Mengikuti jejak sistem mikro 4:3 yang digagas Olympus dan Panasonic, perusahaan-perusahaan lain juga ikut-ikutan dalam meluncurkan kamera tanpa cermin yang berukuran lebih tipis dan kecil dari kamera digital SLR. Samsung telah meluncurkan seri NX, Ricoh dengan GRX, Sony telah menunjukkan konsep desain / prototipe model kameranya. Kini hanya Canon, Nikon dan Pentax yang belum terjun. Tapi dilihat dari gelagatnya, mereka sangat tertarik dengan konsep ini dan mungkin akan terjun tahun depan.

2. Fitur video
Sejak tahun lalu, kamera digital SLR baru banyak sekali memiliki fitur video. Tahun ini, sepertinya fitur video menjadi wajib ada di kamera digital SLR. Bahkan Sony, yang tidak terdengar akan memasukkan fitur video di kamera DSLRnya, juga akan memasukkan fitur ini ke dua kamera digital SLR yang akan diluncurkan tahun ini.

3. Teknologi sensor
Teknologi sensor untuk kamera digital baik SLR dan kamera saku semakin berkembang. Akibatnya kualitas foto juga menjadi kian membaik terutama di situasi yang gelap. Kamera saku banyak yang telah memakai sensor berteknologi backlit, dan kamera digital SLR telah mampu mengambil foto di tempat gelap dengan sangat baik berkat perkembangan sensor dan algoritma pemrosesan foto.

4. Lensa
Lensa juga semakin berkembang, baik lensa kamera saku dan SLR. Khusus untuk kamera saku, banyak kamera yang diluncurkan tahun 2010 memiliki lensa lebar (ekuivalen 24mm). Untuk kamera DSLR, karena banyak orang ingin memiliki foto yang berlatar belakang blur, maka lensa-lensa fixed yang berbukaan besar semakin populer dan semakin banyak diluncurkan produsen lensa. Lensa makro, juga menjadi populer untuk berbagai macam keperluan, misalnya di kalangan ibu-ibu yang hobi memasak untuk mengambil foto masakan mereka.

5. Kamera digital SLR dan Fashion
Kamera digital SLR kini bukan hanya dimiliki oleh fotografer profesional, mulai dari ibu rumah tanggaΒ  sampai encim-encim juga sudah memakai kamera digital SLR untuk foto keluarga maupun jalan-jalan. Beberapa produsen kamera juga jeli menangkap peluang ini dan memproduksi kamera dengan berbagai warna sehingga menarik pembeli. Contohnya adalah kamera Pentax k-x. Selain itu, kamera non-DSLR seperti mikro 4:3 juga tersedia dalam berbagai warna.

Yang jelas, perkembangan kamera digital semakin baik dari tahun ke tahun, dan harganya juga semakin bersaing. Maka dari itu, tidak heran bahwa dalam satu rumah bisa ditemukan lebih dari satu buah kamera digital. Perkembangan situs jejaring sosial seperti Facebook juga sangat meningkatkan minat terhadap fotografi. Alhasil semakin banyak orang membeli kamera DSLR untuk mendapatkan kualitas foto yang lebih baik. Hal ini dibantu oleh harga kamera DSLR yang semakin terjangkau.

Mungkin ada tren-tren yang terlepas dari pengamatan saya, dan saya undang teman-teman semua untuk berbagi pendapatnya disini.

Enche Zein Tjin
Editor Info Fotografi dan Radiant Lite

Share

Advertisements

Published by

Enche Tjin

Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta.

27 thoughts on “Tren Kamera Digital 2010”

  1. Mas, apkah pd orientasi sensor antara kamera lama n baru, perpengruh thd hasil foto? Misal canon 550d (2010) dgn canon 450d(2008) penggunaan sensor sama, namun ad program active lighting optimalizer, serta resolusi besar apkah akan pengaruh thd ketajaman foto? Tlong dong bt review canon 550d, trutama sensorny! Sblmny Maksh atas jwbny

  2. Kalau foto dengan tipe file RAW, tentunya sama, tapi kalau memilih JPG, dan kemudian pakai proses active lighting etc, tentunya hasilnya berbeda.

  3. Bila mo ragged underwater camera pilih mana ya? Sony, Fuji, Oly, Pentax? kayaknya featues-nya mirip2. jadi bingung juga…. ada sara om Gaptek… atau mo diulas khusus, kayaknya tahun 2010 ini banyak sekali pilihan rugged camera.

  4. Hambara :
    Mas, apkah pd orientasi sensor antara kamera lama n baru, perpengruh thd hasil foto? Misal canon 550d (2010) dgn canon 450d(2008) penggunaan sensor sama, namun ad program active lighting optimalizer, serta resolusi besar apkah akan pengaruh thd ketajaman foto? Tlong dong bt review canon 550d, trutama sensorny! Sblmny Maksh atas jwbny

    Tajam itu soal lensa yang dipakai dan peranan micro contrast dari DIGIC nya.

  5. Mas mau nanya :
    prbandingan scara kualitas dan kuantitas antara panasonic lumix Fz 35 dgn fujifilm S2500HD bgusan mna yah? Tq

  6. Om, saya mau nanya nih :
    – Kenapa ya? Saya liat di forum-forum kamera, kayaknya Casio kurang dibahas ya Om? Padahal teman2 saya banyak yang pake’…?
    – Minta tolong bantuan rekomendasinyaOm… Kira2 kamera merk laen yang se-tipe (tipis dan harganya) dengan Casio Exillim EX-S10 ada gak Om…?
    Trims…

  7. om mau tanya:
    saya mau beli kamera bulan ini, tapi engga ngerti tentang kamera,
    bisa minta saran kamera yang udah cukup bagus tapi harga jangan lebih dari 1.5 juta
    thanks banget πŸ™‚

  8. Mas, nanya dong…
    Bagusan mana antara Fujifilm Finepix HS1o dengan Nikon CoolPix P100? Benarkah pemahaman bahwa lensa Nikon (yang pemain fotografi lama) pasti lebih bagus daripada Fuji yang relatif baru di dunia fotografi…? Bagaimana perbandingan kualitas lensa antara kedua seri camera tersebut di atas? Dan bagaimana perbandingan kualitas hasil gambar dari keduanya…?

    1. Nikon itu kalau di kelas non DSLR cukup mengecewakan, bisa dibilang tidak ada satupun produk coolpix yg sukses. Bandingkan dgn pesaing (Canon G11, Canon S90, Fuji HS10, Lumix LX3 dll). Saya sih sarankan ambil HS10 saja.

  9. Jadi penasaran, neh…
    Klo menurut mas Gaptek, bagaimana kualitas H10? Merk dan seri apa (yg sepantar) yang lebih baik?
    Makasih sebelumnya….

  10. kl utk video antara fujifilm finepix S200 EXR dan HS10 bagusan HS10 ya mas? tp kl misal dipake di ruang pertunjukan di gedung malam hari dg suasana lampu-2 yg bergantian nyala dan padam, bgs yang S200 EXR bgitukah? jd kl mnrt mas gaptek kl aku org yg suka travelling buat dptin foto-2 yg bgs, baik outdoor maupun indoor (trutama suasana pertunjukan gedung yg relatif minim sinar) recommended yg mana? kl bisa utk video sekalian yaa? ato ada merk lain yg bisa keduanya?tq yaa πŸ™‚

    1. Untuk kondisi semacam itu saya rasa mending sekalian DSLR aja, karena anda tidak akan puas dgn hasil dari S200 atau HS10 meski keduanya tergolong baik di ISO tinggi.

    1. D90 ? ketinggalan jaman ? gak lah..
      Dibanding D80 ataupun D70 apa gak lebih kuno lagi ?

      yang penting optimalkan saja D90nya kalau sudah punya. Soalnya image qualitynya gak akan jauh berbeda dibandingkan D7000 imo

  11. Prkembngan tknologi skrng ini emng maju pesat y . Tp mas saya mau cerita nih ,kamdig saya(a470) skrng mngikuti tren kamera jenis A yaitu gambarnx tu bergaris2 gt . Ktanx kalau prbaiki masalah bginian hrgnya hmpir hrga kmera baru ! Gmna prbaikinya dngn harga murah mas ?

    1. Kasus gambar bergaris di kamera A470 sudah cukup sering terjadi, saya pernah rasakan langsung dgn kamera teman. Saya anggap A470 jadi produk gagal dari kamera saku Canon.

  12. mas Gaptek, terima kasih untuk penjelasannya…

    kalo untuk investasi,.. secara pribadi pilih mana:
    Nikon D90 Lensa NIKON AF-S DX 18-200mm f/3.5-5.6G ED VR
    atau Canon 7D Lensa EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS.

    terima kasih

  13. nikon semakin gencar mengganti sensor ccd legendarisnya dengan cmos, dan persaingan tanpa noise dengan saingan terberatnya juga semakin gencar, rumor nikon juga akan mengeluarkan evil, mirror less, dan bisa menggunakan f mount pada kamera ini πŸ˜€ dan yang paling penting, sekarang dslr bukan barnag mewah lagi, sekarang dslr sarana baru baut mejeng, ngalay dan pamer πŸ˜€

  14. mas gaptek katanya nikon d3000 produk gagal nikon apakah benar?
    sama mending canon 550D apa nikon D3100?
    Dari segi hasil unggulan dimana mas gaptek?

  15. Mas, saya dah punya d90 AF-S 18-105 mm VR (kit), yg jadi pertanyaan : 1. Apakah lensa kit ini sudah mantap utk foto wedding dan landscape?
    2. Biar lebih mantap, saran mas, saya baiknya mengkombinasikan body d90 ini dengan lensa ukr. Brapa yg mas?
    3. Klo saya mau bli lampu blizt yg bagus utk d90, saya baiknya pilih tipe brapa? Dan,
    4. Di alamat mana ya mas, saya bisa dapet e-book ato pdf user guide d90 versi bahasa indonesia?

    Atas ilmu dan informasi yg mas gaptek berikan, saya ucapkan terima kasih.

    1. 1. Mantap? Belum lah, bisa dipakai tapi kurang memuaskan.
      2. Utk wedding bisa lensa zoom bukaan besar, misal 17-55mm atau 24-70mm. Utk landscape baiknya lensa ultra wide.
      3. Lampu kilat bisa pakai SB-700.
      4. Kurang tahu juga ya, umumnya sih bahasa inggris gitu..

Comments are closed.