Serba-serbi Android

Android boleh jadi merupakan topik baru yang belum begitu dikenal masyarakat umum, apalagi ditengah ramainya istilah-istilah baru di dunia gadget, kadang membuat kita bingung dan bertanya : Android, apaan lagi nih?

Padahal Android hanyalah nama dari sebuah Operating System (OS) buatan Google yang dibuat untuk ponsel pintar yang tak ubahnya seperti Symbian atau Windows Mobile. Berawal dari akuisisi Google di tahun 2005 terhadap perusaaan Android, kini Google sudah berhasil memposisikan OS ini sebagai alternatif menarik untuk OS ponsel pintar dan ternyata direspon dengan baik oleh pasar. Ponsel yang memilih memakai OS Android lalu diistilahkan Ponsel Android, dan kini mulai banyak dijumpai di pasaran mulai dari kelas menengah hingga kelas atas.

Ada beberapa hal menarik soal Android ini, diantaranya bahwa OS Android ini adalah gratis karena berbasis open-source dengan kernel Linux, sehingga vendor ponsel berlomba-lomba membenamkan OS ini ke produknya untuk menekan biaya. OS Android akan terus berkembang karena didukung oleh banyak developer besar yang tergabung dalam “Open Handset Alliance” seperti Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. saat ini versi pengembangan OS ini telah mencapai versi 2.0 dari sebelumnya generasi 1.6 dan 1.5.

Adapun fitur dari OS Android (dari Wikipedia) yaitu :

  • mendukung peranti berlayar besar, layar sentuh dengan resolusi VGA, multi touch, bahkan dukungan terhadap grafik 3D berbasis OpenGL
  • mendukung konektivitas umum seperti GSM, CDMA, EV-DO, UMTS, WiFi dan WiMax
  • threaded messages untuk SMS
  • browser bawaan yang lengkap dan berbasis open-source dan meraih skor tinggi untuk test Acid3
  • mampu menjalankan Java berkat adanya implementasi Virtual Machine Compiler
  • mendukung multimedia lengkap seperti H.264, AMR, AAC, MIDI dsb.
  • mendukung perangkat keras modern seperti foto dan video, navigasi GPS dan accelerometer
  • dukungan development environment termasuk  device emulator, debugging, memory and performance profiling serta plugin untuk Eclipse IDE
  • dukungan aplikasi lengkap hingga 30.000 jenis program melalui Android Market, cukup download dan instal tanpa bantuan PC, baik yang versi gratis maupun bayar (bandingkan dengan OS Bada dari Samsung yang sifat toko aplikasinya tertutup) .

samsung Galaxy dengan OS Android

OS Android ditargetkan akan meraih share tinggi dibawah Symbian di tahun depan, dan ponsel Android diyakini akan menekan penjualan BlackBerry dan iPhone apalagi ponsel Windows Mobile. Bahkan Facebook dan MySpace pun membuat aplikasi khusus untuk Android.

Share

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

6 thoughts on “Serba-serbi Android”

  1. OS yang sangat menggoda, ingin sekali mencicipi rasa baru ini, tp sayang klo harus “menduakan” winmo.
    BTW Nice Info….. 😀

  2. masih setia dengan symbian mas, karena enak di ajak pacaran, di obok-obok dalemannya juga ndak masalah, di kasih ini itu nurut saja… (ndak ngeres low…) Maksudnya, mudah di implementasikan banyak program dan aplikasi yang mudah dicari dan di daptkan, free maupun berbayar. kompatibilitasnya pun juga tak diragukan lagi.
    beberapa ulasan tentang symbian, jika anda sesama hobby obok-obok ponsel, silahkan mampir ke http//pututx.blogspot.com 8:) peace..

Comments are closed.