EOS 60D, antisipasi Canon hadang ‘the next Nikon D90’?

Unik dan menarik. Lama hadir tanpa pesaing berarti, Nikon D90 akhirnya akan mengalami siklus pergantian dan akan segera diganti oleh produk baru bulan depan. Di sisi lain, sejak kehadiran Nikon D90 praktis belum ada kamera Canon yang sepadan dengan Nikon D90, EOS 500D mungkin terasa ‘agak kurang’, EOS 50D mungkin terasa ‘terlalu canggih’. Lucunya, Nikon berencana membuat penerus D90 yang spesifikasinya agak lebih tinggi dari D90, sementara Canon justru meluncurkan EOS 60D yang bisa dibilang inilah DSLR Canon yang paling sepadan dengan Nikon D90. Terlambatkah Canon? Ataukah Canon justru cerdik mengamati lawan? Bisa saja nanti kondisinya akan berbalik, Canon EOS 60D akan mengalami sukses besar sementara sang pengganti Nikon D90 justru kurang laku karena terlalu ‘mewah’ dan ‘berat’.

Sekilas mengenai EOS 60D :

  • kamera DSLR APS-C bersensor CMOS 18 MP
  • DSLR Canon pertama dengan layar LCD lipat (vari-angle)
  • penurunan spesifikasi dan fitur dibanding EOS 50D
  • full HD movie (saya belum tahu soal kemampuan AF saat merekam video)
  • harga diantara EOS 550D dan EOS 7D (10 jutaan body only)
  • bila membeli paket lensa kit mendapat EF-S 18-135mm IS (non USM)

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan EOS 60D kecuali soal namanya. Betapa tidak, Canon sudah membingungkan saat meluncurkan penerus EOS 50D yang bernama EOS 7D. Hal ini karena EOS satu digit sebelumnya identik dengan sensor full-frame (seperti EOS 5D). Tiba-tiba EOS 60D hadir dengan spesifikasi dan fitur yang sebagian lebih rendah dari EOS 50D. Semestinya Canon menamai EOS 60D ini dengan nama yang lain, mengingat inilah lini baru EOS Digital yang belum pernah ada sebelumnya (perpaduan Rebel dan EOS semi-pro).

Saya penasaran menunggu kehadiran ‘the next Nikon D90’ yang dikabarkan akan hadir tanggal 15 September mendatang di ajang Photokina. Kekhawatiran saya bila ‘the next Nikon D90’ ini terlalu spec-up, maka nasib D300s akan tamat, plus Nikon akan mengalami kekosongan market yang ditinggalkan D90 (dan akan diisi oleh EOS 60D). Apalagi belum jelas apakah Nikon akan me ‘refresh’ D5000 mengingat Nikon baru saja meluncurkan DSLR pemula yang sangat baik yaitu D3100.

Update : Nikon meluncurkan D7000 pada 15 Sep 2010.

Kita bahas disini yuk, tidak masalah apakah anda Canonian atau Nikonian ataukah netral, kita bahas santai saja..

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

18 thoughts on “EOS 60D, antisipasi Canon hadang ‘the next Nikon D90’?”

  1. 50D ketinggian buat D90, di jangka waktu itu nikon g ngeluarin yg bisa di bilang sepadan dengan 50D….

    sekarang canon ngeluarin 60D untuk bersaing dengan D90, berarti Nikon akan ngeluarin produk untuk jadi pesaing 50D… he… he…

    60D vs D90….. 50D vs the next nikon…

  2. yang menarik bagiku 60D LCD-nya bisa dilipat/diputar, untuk yang lain kok masih sreg dan mantep dg naksir 7D….mudah2an harganya bisa turun lagi setelah muncul saudara barunya ini…..(khan nggak ada salahnya berharap he..he..he..)

  3. EOS 60D ini fiturnya super tanggung antara EOS 7D dan EOS 550D.
    Dengan diposisikan menjadi partner kompetisi Nikon D90, menurut saya fiturnya akan di’lahap’ oleh D7000 (konon nama penerus D90) seperti :
    1. AF Point yang lebih banyak mendekati 51 AF point D300s (rumornya 39)
    2. Body quality (Magnesium)

    Tinggal pasar yang menilai sendiri EOS 60D ini apakah layak untuk dimiliki 🙂

    1. Tapi kan mungkin saja Nikon D7000 (atau D95) nanti akan jadi ‘ketinggian’ dan justru jadi sepadan dgn EOS 7D (keduanya akan saling berebut sales di segmen 15 jutaan) lalu EOS 60D di segmen 10 jutaan akan menikmati era tanpa kompetitor kalau D90 benar2 diskontinu.

  4. Mas Gaptek,
    Penerus D90 tidak akan bersaing dengan EOS 7D .
    Alasannya fitur EOS 7D sekalipun masih lebih tinggi dari Nikon D300s saat ini.
    Makanya jangan heran banyak meraih nilai lebih tinggi dalam setiap review yang diberikan.

    EOS 60D sendiri cukup ‘berat’ di kelas ini mengingat gerogotan model lain yang gak kalah berkilau seperti halnya EOS 550D dan si pendatang baru Sony Alpha SLT-A33/55.

    1. Saya sempat nemu rumor kalau D90 dan D300 akan digabung jadi satu produk, yg konon akan dinamai D7000 atau D95, makanya saya prediksi speknya bakal mendekati 7D. Tapi namanya juga rumor, kita lihat saja. Toh Nikon harus cerdik mengamati market dan tidak mungkin bikin blunder.

      EOS 60D sendiri cukup berat kalau diadu lawan SLT A55/33. Anda tahu tidak apa 60D bisa auto fokus atau tidak saat merekam video?

  5. EOS 60D bisa AF koq saat merekam video sama seperti EOS 7D maupun EOS 550D.
    Hanya karena memakai contrast detection, kerja AFnya gak secepat phase detection.

    Saya yakin tetap ada penerus D90 demikian juga dengan penerus D300s.
    Jadi gak mungkin jadi satu koq selama belum ada tekanan pasar untuk digabungkan.

  6. Salam kenal mas gaptek…
    Saya nubie soal kamera.
    Saya bru tahu blog ini dr PC Mild.
    Dari tulisan mas,saya liat coolpix kalah dalam kualitas.
    Apa separah itukah?
    Soalnya,saya bandingkan hasil foto SE C905 8MP ama Coolpix S3000 12MP,diluar dugaan saya,Kira2 C905 menang 35% dluar ruangan dan 20% ddalam ruangan.
    Padahal saya sempet niat beli coolpix…
    Ada gak mas,coolpix sejuta-an?bgus gak?

    1. Blog ini ada di PC mild?? (sambil bengong tidak percaya..)

      Soal coolpix itu pengalaman aja sih, pernah punya dan kecewa. Ternyata sampai generasi sekarang coolpix masih banyak dikeluhkan, meski bukan berarti kalah telak dgn merk lain ya.

Comments are closed.