Nokia C3 kini punya saingan : Samsung Ch@t 335

Nokia C3 bisa jadi adalah ponsel QWERTY branded yang paling populer karena murahnya dan juga fitur Wifi-nya. Bahkan penjualannya sudah menembus 1 juta unit dalam waktu enam bulan hanya untuk market dalam negeri. Sukses ini juga tak lepas dari minimnya pressure dari pesaing seperti Samsung atau LG. Tapi tampaknya hal ini tak akan berlangsung lama karena Samsung sudah menyiapkan produk pesaing Nokia C3 yang bernama Samsung Ch@t 335 (S3350) yang juga dibekali dengan fitur Wifi.

Samsung Ch@t 335 bukanlah ponsel dual SIM seperti adiknya Samsung Ch@t 322 yang resolusi layarnya kelewat kecil itu. Si Ch@t 335 ini punya layar yang sama persis dengan Nokia C3 yaitu diagonal 2,4 inci dengan resolusi standar 320 x 240 piksel. Jauh lebih baik daripada Ch@t 322 yang cuma 220 x 176 piksel 😦

Satu hal unik (dan istimewa menurut saya) adalah diperkenalkannya optical trackpad pada kedua Samsung Ch@t ini. Sebagai info, trackpad merupakan kendali empat arah yang memiliki sensor pendeteksi gerakan seperti pada ponsel Blackberry itu. Sensor bisa mengenali arah kecepatan jari kita saat bergerak, sangat berguna buat scrolling secara cepat. Adanya fitur ini membuat Nokia C3 tampak seperti ketinggalan jaman.

Spesifikasi ponsel yang belum mendukung 3G ini adalah :

  • layar TFT 256k warna, 320 x 240 piksel, 2,4 inci
  • QWERTYkeyboard, optical trackpad
  • Wifi b/g, Bluetooth
  • EDGE 236 kbps
  • kamera 2 MP
  • radio, jack audio 3,5 mm
  • Java MIDP 2.1
  • seperti biasa : Facebook dan Twitter 🙂

Secara tampilan Samsung Ch@t 335 ini tampak lebih keren dari Nokia C3, dan ada kemungkinan OS bawaan Samsung juga akan lebih baik dari Symbian S40 yang diusung Nokia C3. Nokia sendiri dalam waktu dekat akan meluncurkan ponsel QWERTY yang lebih murah lagi yaitu Nokia X2-01 tanpa fitur Wifi.

 

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

4 thoughts on “Nokia C3 kini punya saingan : Samsung Ch@t 335”

Comments are closed.