Internet cepat dengan Sitra WiMAX 4G

Yang namanya internet cepat tanpa kabel di negeri ini memang indah didengar tapi tidak enak dijalani. Era 3G yang menjanjikan kecepatan nyatanya dalam implementasinya lebih banyak membuat kita kecewa. Di atas kertas oke lah, kita kenal ada UMTS, HSDPA hingga HSPA+ yang tampaknya menjanjikan. Tapi sepertinya operator enggan untuk sepenuh hati menghadirkan era internet cepat berbasis jaringan 3G, bahkan di berbagai daerah mereka masih setia dengan jaringan jadul seperti EDGE bahkan GPRS. Kalaupun kita ‘beruntung’ bisa menikmati sinyal HSDPA di rumah, biaya yang mesti ditebus masih lumayan tinggi, itupun hanya di kota-kota besar saja. Nah, hadirnya teknologi masa depan berbasis 4G semestinya bisa memberi harapan dan semacam standar baku seperti apakah internet cepat yang sesungguhnya.

Anda yang membaca judul artikel ini mungkin bertanya-tanya, apa sih Sitra Wimax itu? Saya coba kutip saja ya :

Dari Wikipedia :

Sitra WiMAX merupakan operator 4G pertama yang meluncurkan layanan 4G Wireless Broadband di Indonesia. Sitra WiMAX adalah bagian dari Lippo Group dan merek dagang terbaru dari PT. Firstmedia Tbk. Sitra WiMAX akan melayani 4G Wireless Broadband pertama di Indonesia di daerah terpadat dan sekaligus memiliki hak izin BWA termahal yaitu di coverage Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Propinsi Banten, Sumatera Utara, dan Propinsi NAD.

Dari web Sitra Wimax :

Perhatikan lampu modem Anda berganti setiap saat kuning, hijau, merah, biru. Itulah realita sebenarnya yang Anda nikmati di dunia 3G saat ini. Anda sesekali mendapatkan kecepatan GPRS, EDGE, UMTS dan 3G. Sitra hadir untuk melayani sepenuhnya kebutuhan Akses Broadband Internet Anda dengan menggunakan jaringan 4G terkini. Sitra membangun jaringan 4G Broadband dari kota ke kota, untuk memenuhi kebutuhan akses broadband internet Anda. Dengan kecepatan konsisten hingga 4Mbps dan kecepatan teoritis lebih dari 10Mbps merupakan layanan 4G Broadband pertama untuk Anda yang membutuhkan kualitas Akses terbaik dan mobilitas tinggi.

Dari kutipan di atas sudah jelas kalau Sitra adalah operator baru yang mendapat lisensi untuk menyelenggarakan Wimax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) dari pemerintah. Wimax sendiri bekerja seperti Wifi namun berbeda dalam daya pancar, dimana kalau Wifi hanya kisaran puluhan meter maka Wimax bisa mencapai puluhan kilometer. Wimax bekerja di frekuensi tinggi antara 2 GHz hingga 66 GHz dan mampu menembus penghalang seperti tembok atau gedung meski tidak bisa menembus perbukitan (karena bekerja secara line-of-sight). Era 4G sendiri merupakan standar untuk era internet cepat yang dihadirkan oleh generasi ke-empat teknologi seluler dengan kecepatan teoritis sebesar 100 Mbps. Dalam telekomunikasi seluler, kecepatan 4G dihadirkan dalam teknologi LTE (Long Term Evolution) sebagai kelanjutan dari era 3G.

Sitra sendiri dalam menggelar usaha 4G tidak berbasis peranti seluler seperti layaknya operator 3G melainkan murni seperti Wifi dengan modem khusus yang terhubung ke komputer. Maka itu modem yang dipakai bukan modem GSM yang memakai SIM card, namun modem khusus yang mampu menangkap sinyal WiMAX. Sementara ini kecepatan koneksinya diklaim stabil dan berada di kisaran 1,5 Mbps hingga maksimal 3 Mbps dan memang masih setara dengan kecepatan HSDPA pada jaringan seluler, untungnya kuota bulanannya sangat lega yaitu 30 GB data.

Tabel di bawah ini sekedar gambaran perbedaan kecepatan untuk teknologi UMTS/WCDMA yang maksimal adalah 384 kbps, lalu ada HSDPA dengan 14 Mbps, lalu HSPA+ dengan 28 Mbps (pernah saya ulas disini) dan LTE dengan kecepatan teoritis yang fantastis di 100 Mbps (seperti apa kencangnya ya…?)

Kemungkinan operator seluler besar juga akan menghadirkan teknologi 4G di tanah air dalam waktu dekat bila alokasi kanalnya sudah disediakan pemerintah. Untuk itu ponsel maupun modem 4G diprediksi mulai akan dijumpai di tahun-tahun mendatang. Memang layanan internet cepat ini baru bisa menjangkau kota besar, namun diharapkan kesenjangan antara kota besar dan kota lainnya jangan terlalu lebar. Bila di kota besar dijumpai 4G, Wimax atau LTE, maka semestinya di kota lainnya disediakan jaringan 3G secara merata, stabil dan murah. Setuju kan…?

 

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

11 thoughts on “Internet cepat dengan Sitra WiMAX 4G”

  1. Setuju, Mas Gaptek!! Saat ini layanan operator internet 3G lebih tepat mendapat predikat “Operator Ada Harga Ada Rasa”. Benar-benar harus dipertanyakan kesungguhan mereka melayani pelanggannya sesuai jargon iklan promosi yang digembar-gemborkan. Seringkali mereka mengangkat tema iklan produk murah dgn koneksi cepat…kenyataannya?? Sepertinya akan menjadi “dosa besar” bagi pelanggan yang tinggal di pinggiran kota besar utk menikmati layanan 3G ini. Capee dee….!!

  2. Yup, operator masih pake “up to” sebagai sarana promosinya, makanya mereka bisa ngelak kalo kecepatannya ga sampe segitu. Kayanya di sini belum ada operator yang berani promo dengan “minimal kecepatan” 🙂

  3. kalo boleh tanya ,
    lebih lengkap tentang 4G wimax , hubungi kemana ya ?
    masalahnya untuk 4G di tempat kami tidak dapat signal sama sekali .
    tx

Comments are closed.