LG C310, ponsel QWERTY dual SIM plus Wi-Fi?

Kalau bicara ponsel Qwerty dengan Wi-Fi, ingatan kita akan segera tertuju pada Nokia C3 ataupun Samsung Ch@t 335. Tapi kalau bicara ponsel Qwerty dual SIM, yang terbayang adalah ponsel Cina dengan beragam merk dan bentuk, atau satu lagi dari Korea yaitu Samsung Ch@t 322 yang diiklankan di Indonesia dengan model Hudson dari IMB. Nah, kalau bicara ponsel Qwerty dual SIM plus Wi-Fi ini yang jarang, paling hanya segelintir ponsel Cina yang punya. Celah inilah yang diincar oleh LG, setelah mencoba peruntungannya dengan LG GW305 (penerus GW300) dan LG C305 (LG Wink) dengan Wi-Fi (keduanya belum bertipe dual SIM) kini LG menghadirkan LG C310, ponsel Qwerty dual SIM, dual stand-by dengan dukungan Wi-Fi berbalut kombinasi warna hitam dan merah yang keren.

Update : Saat produk ini mulai hadir dikabarkan ternyata tidak ada fitur Wi-Fi dan dual SIM-nya ternyata tidak dual on. Saya masih mencoba mengklarifikasi hal ini, sementara tulisan yang belum pasti kebenarannya masih saya coret dulu.

Ditinjau dari bentuknya, LG C310 (dan LG C305)  sejatinya adalah penerus dari LG C300 (LG Town) yang juga belum lama diluncurkan (ah betapa cepatnya satu produk lahir dan mati, digantikan produk yang lebih baru). Tidak seperti sang rival sesama ponsel Qwerty dual SIM yaitu Samsung Ch@t 322 yang memakai layar resolusi rendah 220 x 176 piksel, LG C310 sudah memakai layar normal resolusi QVGA (320 x 240 piksel) dengan diagonal 2,4″ dan kedalaman warna 256 ribu yang memadai untuk membaca huruf berukuran kecil maupun menampilkan foto. Fitur wireless semisal Bluetooth dan WiFi sudah dibenamkan di ponsel ini, meski anehnya hanya mendukung standar Wi-Fi tipe 802.11 g saja. Resolusi kamera cukup standar dengan 2 MP, tanpa secondary camera di bagian depan. Tidak seperti Samsung Ch@t, kendali navigasi pada LG C310 tidak memakai trackpad ala Blackberry Gemini (yang kini banyak ditiru ponsel Cina) melainkan D-Pad biasa 4 arah dan tombol OK. Layaknya ponsel Qwerty murah lainnya, LG C310 belum mendukung jaringan 3G baik UMTS apalagi HSDPA. Layaknya LG C300 dan C305, maka LG C310 ini pun hanya mendukung jaringan EDGE saja.

Tapi apapun itu, ponsel ini cukup unik dan menarik. Dia sanggup mendukung hobi bersosial, messaging maupun sekedar untuk menikmati musik berkat adanya colokan audio 3,5mm. Meski tak mendukung 3G, adanya Wi-Fi merupakan jalan keluar yang melegakan bila ingin berselancar cepat atau mengunduh file berukuran besar. Untuk yang punya dua SIM dan tak ingin ribet membawa dua ponsel, rasanya LG C310 ini lebih bergengsi dari ponsel Cina yang modelnya meniru BB atau HTC itu. Soal harga saya belum tahu, kalau LG C305 saat ini di kisaran 1,1 juta. Prediksi saya LG C310 akan berbeda sekitar 100-200 ribu lebih mahal dibanding C305. Update : LG C310 sudah dijual dengan harga 999 ribu.

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

4 thoughts on “LG C310, ponsel QWERTY dual SIM plus Wi-Fi?”

  1. kmrn saya (di soerabaja) ambl brosur LG c310 ini,dan emg kyaknya gak dual on,krn ada tulisan SIM SWITCH HOTKEY,sdg tlsan dual on kagak ada. Logikanya berarti emang gak dual on nih. Wah,msh milih ponsel china dunk nih..

Comments are closed.