Misteri ukuran sensor kamera Nikon mirrorless

Baru-baru ini muncul sebuah foto yang diduga kuat adalah bocoran produk kamera Nikon mirrorless pertama mereka. Foto ini hanya menunjukkan mount lensa dan sensornya, tidak menggambarkan bodi kamera Nikon secara utuh (menurut si penyebar foto dia takut dipecat andai foto kamera ini sampai bocor). Dengan foto ini saya semakin yakin kalau Nikon (dan mungkin juga Canon) akan ikut terjun di bisnis kamera mirrorless sehingga akan semakin banyak pilihan kamera jenis ini di masa mendatang.

Foto di atas memang sangat meyakinkan, sulit dipercaya andaikata foto ini fake atau palsu. Tampak pin kontak data khas Nikon DSLR, meski mount lensa (yang dinamai X810)  tampak lebih kecil dari F mount. Nah, bagian yang paling menarik dan bikin penasaran adalah soal sensornya. Tampak di foto di atas kalau sensor yang dipakai cukup kecil, lebih kecil dari ukuran format DSLR terkecil seperti Four Thirds. Ini menguatkan rumor sebelumnya yang mengabarkan kalau sensor Nikon akan punya crop factor 2.5 hingga 2.6x (sebagai bandingan, Four Thirds itu 2x).

Tapi ini masih sekedar dugaan saja. Sulit mengatakan berapa ukuran sensor Nikon mirrorless ini karena semua masih belum jelas. Bila benar ukurannya lebih kecil dari DSLR Four Thirds, namun masih lebih besar dari sensor mungil seperti milik kamera saku, maka Nikon (dan mestinya juga Canon) jelas tidak ingin membuat produk yang akan membunuh DSLR mereka. Beda dengan Olympus dan Panasonic yang nothing to lose dengan meluncurkan berbagai produk dengan sensor 4/3, atau Sony yang berani membuat DSLR dan kamera mirrorless sekaligus dengan sensor ukuran sama yaitu APS-C. Pendapat anda?

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

12 thoughts on “Misteri ukuran sensor kamera Nikon mirrorless”

  1. mantab nih kalau memang banyak produk di segment ini pasti harga akan lebih murah, bukan tidak mungkin akan ada lensa khusus untuk kamera ini

    1. ukuran kecil seperti kamera saku,
      bisa gonta-ganti lensa, ukuran sensor lebih besar dari kamera saku
      sehingga hasilnya pasti lebih bagus

    1. Salam kenal juga, selamat berkreasi dgn D3100 barunya. Saya dari dulu pakai Nikon D40 saja, bahkan untuk sehari-hari cukup pakai kamera dari ponsel android.

  2. mas gaptek yg pinter, q mau nanya nech pengen punya kamera pocket yang bagus,awet,fitur lengkap,batere tahan lama,model keren n murah. Dipake sekedar foto2 buat jalan2 bsok lebaran. kalo ada yg dbwh 1jt lw gag ada maks 1,5jt deh. mksh ya mas sblumnya.

  3. Untuk pemimpin penjualan SLR seperti Canon dan Nikon, merilis kamera mirrorless dengan ukuran sensor SLR tentunya sangat beresiko terhadap penjualan SLR Digitalnya.
    Jadi menurut saya, sangat wajar kalau kelas mirrorless di Canon/Nikon memakai sensor yang lebih kecil dari APS-C.

    Yang tentunya menjadi sangat menarik adalah Sony NEX dan Samsung NX yang sama-sama memakai sensor APS-C di kelas mirrorless mereka…

Comments are closed.