Samsung Galaxy R, kandidat Android dual core ‘ekonomis’

Pada dasarnya tidak ada ponsel cerdas dengan prosesor dual core yang dijual dengan harga murah, karena ponsel dengan prosesor yang punya dua inti didalamnya memang identik dengan ponsel mahal yang punya kinerja amat tinggi. Pemakaian prosesor dua inti di komputer memang sudah lazim, namun di ponsel hal ini masih diperdebatkan manfaatnya. Namun nyatanya saat ini semakin banyak ponsel Android dengan prosesor dual core setelah kehadiran LG Optimus 2x sebagai ponsel Android pertama di dunia dengan dual core. Samsung juga punya ponsel Android unggulan yaitu Galaxy S II yang juga baru diluncurkan di Indonesia dengan harga 5 jutaan, yang tentunya sudah dipersenjatai prosesor dual core. Kabar baiknya, Samsung juga memproduksi Galaxy RΒ (I9103) sebagai ‘adik’ dari Galaxy S II yang ditujukan sebagai ponsel dual coreΒ ‘ekonomis’ yang segmen pasarnya belum terisi oleh merk lain.

Perbedaan utama antara Galaxy S II dan Galaxy R ada di kecepatan prosesornya, yaitu Exynos 1,2 GHz melawan Tegra 1 GHz ‘saja’. Selain itu jenis layarnya pun berbeda dimana Super Amoled yang mewah milik Galaxy S II diganti dengan layar LCD dengan embel-embel Super Clear (SC) yang lebih jernih daripada TFT LCD biasa. Namun secara umum keduanya punya layar yang mirip dengan resolusi piksel 480 x 800 piksel dengan ukuran 4,2 inci yang ekstra lega. Keduanya pun sudah memakai OS Android versi terkini yaitu versi 2.3 Ginger Bread.Β Soal memori, Galaxy R ‘hanya’ dibekali 8 GB internal memory (setengah dari Galaxy S II) dan punya RAM sebesar 1 GB. Urusan foto dan video pun Galaxy R dibedakan dari Galaxy S II dengan kamera yang hanya 5 MP dan HD video 720p, meskipun bagi saya kemampuan ini sudah lumayan mencukupi. Meski punya ketebalan yang lumayan tipis (tidak sampai 1 cm), galaxy R punya baterai yang kapasitasnya cukup besar yaitu 1.650 mAh yang bakal sanggup meladeni beban prosesor dual core yang pasti lebih haus daya.

Sayangnya belum ada harga resmi yang diumumkan oleh Samsung namun kabarnya akan terpaut 1 jutaan lebih murah dari Galaxy S II, atau di kisaran harga 4 jutaan. Saya prediksi harga pastinya nanti akan sedikit lebih murah dari LG Optimus 2x. Kita tunggu saja kepastiannya di bulan ini atau bulan depan..

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

14 thoughts on “Samsung Galaxy R, kandidat Android dual core ‘ekonomis’”

    1. single core 1jt, dual core 2jt, three core 3 juta, hahaaha ^^
      ngantriaaaan ah, ahahhaah, . .

  1. lama lama orang indonesia jadi kolektornya segalah jenis hp bznya jjd konsumtif gk bz buat sendiri hem,,,,,,,,,,,
    kapan kita jd produsen klo begini trzzzz pgen liat indonesia maju kaya negara laen,,,,,,,,,,
    kita bbener2 tertinggal dg negara berkembang laennya niehhhhh..

Comments are closed.