Kamera dan Lensa yang paling menarik di tahun 2011

Kamera yang paling menarik: Sony NEX 7
Cukup banyak kamera yang di rilis tahun 2011 ini, tapi banyak dari kamera-kamera tersebut hanya meningkatkan model yang lebih baik dari sebelumnya. kamera Sony NEX 7 berbeda. NEX 7 adalah kamera yang dibangun dari nol dengan kualitas foto dan badan kamera yang tinggi.

Sony NEX 7 dirancang khusus untuk penggemar fotografi serius yang mendambakan kamera berkualitas tinggi dengan bentuk badan yang relatif kecil. NEX 7 memiliki sensor foto sebesar 24 MP. Karena itu kamera ini sangat baik jika kita sering mencetak dalam ukuran sangat besar. Kamera ini juga memiliki jendela bidik dengan teknologi terbaru dan sangat jelas karena beresolusi 2.4 juta titik. Penggemar fotografi juga akan menyukai tiga roda komando dan tombol yang bisa diprogram.

Bagian belakang Sony NEX 7

Kinerja auto fokus agak lambat dibandingkan dengan saingannya seperti Panasonic GX1 dan Olympus E-P3, tapi kamera ini bisa menjepret 10 foto berturut-turut dalam satu detik.

Jika Anda merasa lensa-lensa Sony untuk sistem E-mount/NEX masih terbatas, kita bisa mengunakan adaptor khusus untuk memasang lensa-lensa Sony Alpha yang saat ini berjumlah tidak kurang dari tiga puluh lensa (tidak termasuk produsen lensa pihak ketiga seperti Sigma, Tamron dll). Dengan mengunakan adaptor ini, kecepatan auto fokus bisa meningkat tapi dengan mengorbankan sekitar 1/3 stop.

Kesimpulannya, Sony NEX 7 merupakan kamera yang luar biasa, bentuknya ringkas, serba guna, berkualitas tinggi dan harganya pantas.

NEX 7 dengan adaptor dan lensa Sony Alpha Zeiss

Lensa yang paling menarik: Panasonic 14-42mm X
Dari sekitar 25 lensa yang diumumkan tahun ini, sekitar enam lensa di desain untuk kamera DSLR dan SLT, sisanya untuk kamera tanpa cermin /compact system camera.

Satu lensa yang menarik perhatian saya adalah lensa zoom Panasonic G X Vario PZ 14-42mm f/3.5-5.6 Power OIS. Lensa ini menurut saya inovatif dan sekaligus revolusionaris. Lensa ini dirancang untuk digunakan di sistem micro four thirds.

Lensa X 14-42mm ketika dipakai dengan Panasonic GX1

Ukuran lensa ketika tidak digunakan sangat kecil, hanya sedikit lebih panjang dari lensa fix pancake seperti Panasonic 14mm atau 20mm. Desain ini memungkinkan karena Panasonic menghilangkan cincin zoom dan fokus. Sebagai gantinya, Panasonic menempatkan power zoom, yang berupa tuas kecil disamping lensa untuk zoom. Dengan power zoom, ini, operasi zoom lensa lebih mulus dan sangat baik saat merekam video.

Lalu Panasonic juga mengunakan nano coating yang berkualitas tinggi untuk mengurangi flare, pantulan dan efek bayangan, dengan demikian kualitas foto secara keseluruhan meningkat. Tidak cukup hanya itu, Panasonic juga memasukkan fitur peredam getar yang disempurnakan, yaitu POWER OIS.

Meskipun teknologi yang dipakai sangat baru dan lensa tersebut berkualitas tinggi, harga lensa ini cukup ramah, yaitu sekitar empat juta rupiah. Lensa ini cocok untuk kamera m43 Panasonic dan Olympus PEN.

Karena bentuknya yang ringkas, lensa ini ideal untuk jalan-jalan atau digunakan sehari-hari. Lensa ini bagus juga untuk merekam video karena zoomnya yang mulus dan tidak berisik.

Enche Tjin
Instruktur fotografi, penulis blog infofotografi.com,
dan penulis buku fotografi 

Published by

Enche Tjin

Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta.

10 thoughts on “Kamera dan Lensa yang paling menarik di tahun 2011”

  1. Page mas gaptek,
    1.Kelompok sony yang baru keliatannya menjanjikan sih (sony alpha a77, a65 dan sony nex 7) menurut mas gaptek ato menurut yang mas gaptek tau, sony yang tiga tadi sudah memperbaiki kekurangan mereka ga yaa… secara sony kan kurang berhasil masalah hadling noise di high iso untuk produk produk mereka sebelumnya,
    2. dari grupnya nikon mana yang diancam kehadirannya oleh sony alpha a77 dan sony alpha a65?
    thx for the answer….

  2. Halo Royaan, Sony generasi baru 24 MP ini fokusnya di ukuran foto (megapixel) dan dynamic range daripada mengurangi noise di iso tinggi. Walaupun demikian, foto dengan ISO 1600 cukup baik.

    Nikon D7000 merupakan kamera yang terancam oleh kehadiran A77 dan A65

    1. To Mas Enche Tjin, thx berat mas enche tjin sumbang jawabnya… hehe..
      1.sebagai canonian, dari kubu canon apa canon 7D merasa terancam ga yaaa… dgn segudang fitur di sony alpha a77 terutama dari segi kemampuan videonya….
      2.oya sebagai canonian, barangkali mas tau lensa yang pas buat canon 60D baik segi harga ataupun image quality ( dengan kata lain yang “worth to buy” not “price too high” ), apa lensa ef-s 15-85, ef 50 f/1.4, dan ef-s 55-250, cukup worth to buy

      1. Mas Royyan,
        untuk diskusi yg lebih mendalam soal lensa dgn mas enche bisa menuliskan juga di blog beliau. Oya, beliau itu juga nikonian lho (ada D700, ada D90 dan berbagai flash serta lensa Nikon).

  3. pagi mas,….
    mau nanya neh..(mas gaptek ato mas entje deh…..)
    1. lensa lensa yang bisa mendukung sony nex 7 apa saja ya…. maksudnya bisa mendukung 24 MP-nya itu, soalnya katanya perlu lensa kualitas tinggi yang bisa mendukung fitur dan kemampuan 24 mp-nya nex 7? (untuk pemakaian normal-pemandangan-portrait dan suka bokeh)
    2. menurut mas-mas, worthed mana antara sony nex 5N atau sony nex 7 jika dilihat dari dukungan lensa, harga dan kemampuannya ….
    3. tararengkyu mas buat jawabannya…….

Comments are closed.