Yahoo! akhirnya menutup layanan Koprol

koprol-logoYahoo! Koprol, Indonesia’s first location-based social networking site. Keren kan.. Sebuah kebanggan bagi masyarakat IT Indonesia tatkala situs jejaring sosial asli buatan Indonesia yang lahir di tahun 2009 itu akhirnya diakuisisi oleh Yahoo! setahun kemudian. Apa yang membuat Yahoo! terpikat pada situs jejaring lokal ini? Selain alasan teknis seperti kualitas webnya yang keren, tentunya juga karena potensi bisnis yang bakal bisa diraih dari banyaknya orang yang mendaftar jadi anggota Koprol, karena saat itu jejaring sosial memang sedang di puncak kejayaan.

Dibawah Yahoo! semua orang memprediksi Koprol pasti akan berkembang lebih baik lagi. Dukungan modal dan support teknis dari Yahoo! diyakini bakal membuat Koprol bisa menjadi situs jejaring sosial yang besar. Dan langkah kesana memang sudah dilakukan persisnya tiga bulan yang lalu Koprol tengah mempersiapkan Koprol versi 2.0 yang lebih terfokus dan lebih canggih. Namun kabar mengejutkan datang dua minggu jelang peluncuran Koprol 2.0 dimana tiba-tiba  sebagian besar dari tim IT Koprol di-PHK, seiring dengan efisiensi yang dilakukan Yahoo! di seluruh dunia. Berita ini seperti antiklimaks bagi Koprol sejak hadir di 2009 dan diakuisisi Yahoo! di 2010, lalu tiba-tiba terjadi PHK justru saat Koprol sedang akan meluncurkan versi keduanya.

Kemarin Yahoo! lagi-lagi kembali membuat kejutan (sejujurnya ini tidaklah mengejutkan), dimana Yahoo! pada akhirnya resmi menutup layanan Yahoo! Koprol pada 28 Agustus 2012. Di dunia internet termasuk di tanah air memang umum  terjadi sebuah produk berupa website tidak lagi dilanjutkan, atau pun mati suri karena kalah bersaing (masih ingat astaga.com?). Tapi ditutupnya Koprol tetap terasa menyesakkan, karena bagaimanapun bergabungnya Koprol dengan Yahoo! membangkitkan semangat banyak pihak untuk meraih sukses serupa. Dengan tutupnya Koprol semestinya tidak membuat yang lain patah arang, tetap semangat untuk membuat start-up lokal yang unik dan berkualitas.

Blog terakhir Koprol :

The time has come to say goodbye to Yahoo! Koprol.

In line with Yahoo!’s focus on more quickly innovating with our core products and properties, over the coming quarters, we are shutting down or transitioning a number of products that did not meaningfully drive revenue or engagement. After carefully reviewing its product portfolio, Yahoo! has decided to discontinue Koprol effective 28th August, 2012.

Waktunya telah tiba untuk mengucapkan selamat tinggal ke Yahoo! Koprol.

Sejalan dengan fokus Yahoo! untuk berinovasi dengan cepat dengan produk dan properti inti kami, dalam kuartal yang akan datang, kami akan menghentikan atau melakukan transisi beberapa produk yang tidak memberikan revenue atau engagement yang berarti. Setelah melakukan kajian portfolio produk secara seksama, Yahoo! memutuskan untuk menghentikan Koprol efektif pada tanggal 28 Agustus 2012.

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

2 thoughts on “Yahoo! akhirnya menutup layanan Koprol”

  1. Saya bukan pemanfaat koprol, dan tidak dapat berkomentar banyak. Namun saya setuju bahwa selayaknya para pengembang dan startups-nya di tanah air tidak patah arang, dan tetap melejit dengan semua kreativitasnya.

  2. Sebenarnya sudah banyak jejaring sosial lokal buatan negeri sendiri, mulai dari yang memang benar-benar pengembang bahkan anak smp jg ada yg perbah buat. Namun inilah negri ini, gak ada wadah buat nampung semua kretifitas yang ada, kalah modal jika mau maju, nice post mas, mampir jg yah–> http://tommyvotograph.wordpress.com/

Comments are closed.