Samsung Galaxy Ace 3 vs Sony Xperia M vs LG Optimus L5 II

Perang di kelas menengah ke bawah ponsel Android baru bakal seru, saat tiga produsen besar meluncurkan jagoan masing-masing yaitu Samsung dengan Galaxy Ace generasi ke-3, Sony meluncurkan Xperia M dan LG dengan Optimus L5 generasi ke-II. Ketiga produk ini sudah memenuhi kebutuhan dasar dalam hal spesifikasi, punya ukuran layar yang tidak kecil dan tidak besar (cukup 4 inci saja) serta dibandrol dengan harga yang tidak mencekik. Manakah yang paling menarik dari desain dan spesifikasi?

Tinjauan sekilas fitur ketiganya :

3-HP-copy

Adu 3 Android menengah

Galaxy Ace 3

Bila bicara soal Samsung, jangan harap perubahan besar dalam hal desain ponsel mereka. Tiap produk baru cenderung sama dan begitu-begitu saja. Galaxy Ace 3 bentuknya mirip Galaxy S IV mini, tapi jeroan dan speknya lebih mirip Galaxy S III mini (minus layar Amoled dan teknologi NFC). Bagi pemilik Galaxy Ace 2 yang ingin upgrade OS mungkin akan kecewa karena loncat dari Gingerbread ke Jelly Bean sepertinya bukan hal yang mudah. Padahal dari spesifikasi, peningkatan dari Ace 2 ke Ace 3 tidak banyak (walau cukup signifikan), misal dari ukuran layar (3,8 inci ke 4 inci), prosesor (800 MHz ke 1 GHz) dan RAM (768 MB ke 1 GB). Sayangnya Samsung tidak membuka apakah jenis prosesor dual-core dan GPU mereka di Ace 3 kali ini, maka itu di tabel diatas saya beri warna kuning. Kekurangan ponsel ini adalah baterainya yang termasuk kecil untuk ukuran ponsel generasi sekarang (saya beri warna merah di tabel di atas).

Xperia M

Sony membuat desain Xpreia M dengan baik, ponsel kelas menengah ini sepintas tampak modern dan terkesan seperti ponsel mahal, apalagi ada beberapa pilihan warna yang unik. Secara spesifikasi Xperia M memang cukup impresif dengan memakai prosesor Qualcomm Dual-Core S4 SoC dan kamera berteknologi sensor Xmor RS (dan ada tombol kamera). Layarnya pun sudah tahan gores, dengan resolusi  FWVGA (854×480 piksel) alias sedikit lebih rapat dibanding WVGA (800×480 piksel). Dari ketiga ponsel ini jelas Xperia M adalah pemenangnya, dari desain, prosesor, layar dan sensor kamera, juga baterai.

Optimus L5 II (E460)

LG punya target untuk bisa sejajar dengan produsen lain di kancah ponsel cerdas, maka itu di ajang MWC 2013 lalu LG membuat regenerasi di produk L5 dan L7 dengan kode II (artinya generasi kedua). L5 II membawa peningkatan besar dalam resolusi layar dibanding L5 generasi awal, dari 320×480 piksel ke 480×800 piksel IPS. Uniknya, ponsel ini punya tombol yang dikelilingi lampu LED yang menyala bila ada panggilan masuk atau bunyi alarm. Sayangnya ponsel ini gagal bersaing dengan pesaing pendatang baru bulan ini, karena L5 II belum memakai prosesor dual-core, dan RAM-nya masih tertinggal dengan 512 MB saja. Ponsel ini layak dibeli bila faktor dana menjadi prioritas utama.

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

10 thoughts on “Samsung Galaxy Ace 3 vs Sony Xperia M vs LG Optimus L5 II”

  1. Denger-denger Inggris negara pertama yang mau rilis Xperia M. Dan harganya (jika dikurs ke rupiah) hampir 3,5 juta. Sumbernya dari situs gadget yang nampilin iklan toko di Inggris. Semoga salah, karena Xperia L yang speknya lebih tinggi dari Xperia M ini “hanya” 3 juta pas.

  2. Dari segi tampilan pun sebenarnya saya lebih sreg dengan seri-seri Xperia. Hanya saja dengan melihat tabel, tentunya akan lebih paham lagi.

  3. tapi ditempat saya susah mendapatkan conter service sony, hape yang baru beli sehari aja ngehang, pas dibawa ditempat beli eh mbak nya bilang di service aja di tempat laen, kalo ada garansi kan bisa ganti baru. ini enggak! kecewa

  4. btw galaxy ace 3 itu chipsetnya Broadcom BCM21664 n GPU nya itu Broadcom VideoCore IV,gitu gann…

Comments are closed.