Nokia Lumia 1020, fitur kameranya gak main-main

Wah dua kali posting membahas Nokia Lumia terus nih, gak apa2 kan ya.. Kalau kita lihat ada kamera dengan OS Android seperti dari Samsung dan Nikon, itu pada dasarnya adalah kamera betulan yang diberi OS Android. Tapi kalau ponsel cerdas, walaupun ada kameranya, tapi tetap saja kamera itu hanya pelengkap, cenderung asal ada dan bukan untuk diandalkan sebagai pengganti kamera digital. Tapi yang bikin produsen kamera was-was adalah, produk ponsel cerdas semakin hari semakin serius menggarap kamera yang lebih baik, dan itu bisa dilihat dari gebrakan Nokia yang pertama kali memperkenalkan Nokia 808 Pureview tahun lalu (sensor 41 MP) dengan lensa Carl Zeiss f/2.4 dan hasil foto yang mengesankan.

Kali ini Nokia meluncurkan Lumia 1020 (sempat dirumorkan bernama EOS Camera), ponsel cerdas dengan OS Windows Phone 8, yang memakai sensor 41 MP generasi kedua (berukuran 1/1.5 inci atau lebih besar dari kebanyakan kamera saku), dipadankan dengan lensa Zeiss yang tersusun atas 6 elemen, dan memakai shutter mekanik. Lensa di Lumia 1020 ini bukaan maksimalnya adalah f/2.2 dan fokalnya setara dengan 27mm. Terdapat fitur stabilizer optik dan kemampuan ISO maksimum adalah ISO 3200. Terdapat lampu kilat Xenon untuk foto di tempat gelap dan lampu LED untuk menerangi saat rekam video.Fitur utama :

  • sensor BSI 41MP ukuran 1/1.5″
  • shutter mekanik
  • lensa Zeiss f/2.2 setara 27mm, 6 elemen
  • lampu kilat Xenon
  • lampu LED untuk video (HD video 1080p)
  • OS Windows Phone 8
  • layar 4.5″ AMOLED WXGA (1280×768)
  • prosesor 1.5 GHz dual-core Snapdragon S4
  • kamera depan 1.2MP
  • memori 2 GB RAM, 32 GB internal
  • baterai 2.000 mAh

Nokia Lumia1020

Sensor 41 MP di Nokia ini bisa menghasilkan foto seukuran 7728 x 5368 piksel atau bisa juga diatur untuk menghasilkan foto yang lebih kecil, misalnya 5 MP. Keuntungan piksel yang banyak ada dua, bisa dilakukan pixel-binning (untuk menghasilkan foto yang noisenya rendah) atau bisa dilakukan digital zoom dengan teknik cropping. Dengan begitu, kamera Nokia 1020 ini bisa menghasilkan foto layaknya dari jarak jauh, tanpa perlu melakukan zoom optik, hanya dengan melakukan cropping saja.

Ada juga aksesori tambahan berupa casing yang membuat ponsel ini jadi mirip kamera, dengan tonjolan grip di depan dan ada lubang untuk tripod di bagian bawah.

Sampel foto bisa dicek disini  http://www.photographyblog.com/news/official_nokia_lumia_1020_sample_images/

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

3 thoughts on “Nokia Lumia 1020, fitur kameranya gak main-main”

  1. nice review, saya sebetulnya agak tertarik pakai windows phone, soalnya agak bosan dg tampilan ios dan android yg cenderung sama dalam bebrapa th terakhir. pertanyaan saya, setelah melihat tautan foto yang bapak cantumkan, apakah benar itu hasil lumia tanpa editan? apakah kualitas foto lumia type 520/620/700 bisa menghasilkan foto spt contoh

    1. Semestinya tidak diedit, alias apa adanya dari kamera, karena memang hasil foto dari Lumia ini sudah setara dengan kamera digital. Lumia lain tidak sama hasil fotonya karena beda sensor dan lensa.

      Info : sensor Lumia 1020 ini ukurannya 1/1.5 inci alias lebih besar dari 90% kamera saku yg ada di pasaran, dan lebih besar dari keempat kamera yg kemarin saya bahas : https://gaptek28.wordpress.com/2013/07/09/komparasi-empat-kamera-saku-premium-harga-terjangkau/

Comments are closed.