Intip fitur kamera di Apple iPhone 5s dan 5c terbaru

Generasi ponsel cerdas dari Apple yang sudah mencapai seri kelima saat hadirnya Apple iPhone 5 tahun lalu, kini semakin banyak pilihan saat kemarin diluncurkan versi iPhone 5s, dan untuk kali pertama diluncurkan juga seri ponsel terjangkau dengan nama iPhone 5c yang salah satu peningkatan fiturnya adalah di sisi kameranya. Seperti makin meledek produsen kamera yang tengah dilanda kelesuan pada penjualan kamera sakunya, fitur kamera di iPhone 5s sudah makin canggih saja.

Dengan chip A7 yang memakai arsitektur 64-bit pertama di dunia, peluncurkan ponsel iPhone 5s juga sudah menjadi buah bibir sendiri di dunia maya. Banyak pihak beranggapan langkah Apple ini berlebihan mengingat kebutuhan kinerja ponsel belum seintens komputer. Apalagi banyak aplikasi yang tentu perlu disesuaikan dengan arsitektur baru ini. Tapi manfaatnya chip A7 bisa dirasakan di kamera iPhone 5s yang makin cepat, misalnya dalam hal auto fokus, menembak kontinu (hingga 10 fps) dan untuk slow motion video 120 fps.

apple-iphone-5s

Untuk iPhone 5c sendiri tidak berarti inferior dalam hal spesifikasi dibanding 5s, karena keduanya sama-sama pakai iOS terbaru (versi 7), punya layar retina display 4 inci yang tajam (326 ppi), dan chip A6 di iPhone 5c sudah setingkat diatas iPhone 4S yang memakai chip A5, atau setara dengan iPhone 5. Bedanya memang chip A7 di iPhone 5s ini selain 64 bit juga didampingi dengan co-chip M7 sehingga lebih bertenaga lagi, plus ada fitur mendeteksi sidik jari juga. Tapi asyiknya iPhone 5c hadir dalam casing warna-warni yang segar, sampai-sampai Nokia menyindir Apple karena meniru desain warna-warni khas Lumia ๐Ÿ™‚

Image

Soal fitur kamera

Sebelumnya produsen ponsel cerdas lain sudah membuktikan kalau kamera di ponselnya punya hasilyang diatas rata-rata, sebutlah misalnya HTC dengan ultra pixel, lalu Nokia Lumia 1020. Kini iPhone 5 dengan sensor 8 MP BSI sensor juga ingin unjuk gigi dalam hal kualitas hasil foto, khususnya di iPhone 5s. Berbekal luas bidang sensor yang lebih besar, bukaan f/2.2 dengan 5 elemen lensa, plus permukaan lensa tahan gores dari bahan kristal safir, bisa ditebak kualitas hasil foto dari iPhone 5s ini. Untuk yang versi iPhone 5c juga spek kameranya hampir sama, hanya sensornya tidak sebesar yang 5s, bukaan f/2.4 dan tidak pakai kristal safir. Kedua tipe ponsel cerdas ini sama-sama bisa merekam video full HD 30 fps dan bisa mengambil foto saat sedang merekam video. Nice..

Image

Satu lagi yang unik adalah lampu kilat jenis LED di iPhone 5s memakai dua lampu yang berbeda warna yaitu putih dan amber (merah), sehingga diklaim bisa memberi tonal warna yang akurat, khususnya untuk foto potret. Tentunya untuk itu perlu algoritma sendiri yang sudah punya 1000 skenario untuk acuan. Apple menamakan fitur ini sebagai True Tone Flash. Menarik ya..

Sampel foto iPhone 5s dari web resmi Apple :ย http://www.apple.com/iphone-5s/camera/gallery/

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

7 thoughts on “Intip fitur kamera di Apple iPhone 5s dan 5c terbaru”

  1. produk apple menurut saya memang luar biasa, walau merek lain juga berlomba2 bahkan memiliki fitur yg melebihi iphone tapi menurut saya performa iphone masih terbaik..

  2. yang saya tau, iphone 5C harganya 5jutaan. tetap saja mahal
    ada juga yang bilang iphone 5C itu iphone 5 yang dikasih casing plastik + permak2 dikit jeroannya

Comments are closed.