Adu spek Motorola Moto G dengan para kompetitor

Motorola Moto G. Ponsel yang diumumkan akhir tahun 2013 ini akhirnya hadir juga di pasaran lewat jalur pre-order sebuah toko online terkemuka tanah air, tak ketinggalan saya pun ikut memesan unit ini untuk mencari tahu apa yang membuatnya begitu diminati. Sambil menunggu barang pesanan saya datang, ada baiknya saya tulis juga spek Moto G ini dibanding kompetitornya. Tapi sebelumnya, saya ulas sedikit kalau ponsel buatan Motorola ini termasuk ponsel low-end dalam harga (dibawah 2 juta), tapi high-end dalam sebagian besar fiturnya. Dari penampilan fisik memang cenderung menipu (dan saya suka) karena sepintas Moto G seperti ponsel murahan, tidak terkesan mewah. Simak yuk ulasan saya soal perbandingan fitur Moto G.

Moto G

Spek dasar :

Ditinjau dari fitur dasar memang sepintas Moto G relatif sama dengan ponsel lain seperti konektivitas HSDPA dan WiFi, dual SIM, kamera 5 MP dengan flash dan AF, RAM 1 GB, ukuran layar 4,5 inci (termasuk ukuran sedang buat saya, karena 4 inci masih kekecilan, dan 5 inci ke atas terlalu besar untuk dikantongi), baterai 2070 mAh dan GPS GLONASS . Biasa saja kan?

Jeroan :

OS Android KitKat sudah dibenamkan di ponsel Moto G. Sebagai prosesor yang mentenagai Moto G tidak sembarangan, tapi memakai Qualcomm MSM8226 1,2 GHz Snapdragon 400 Quad Core. Sebagai GPU memakai Adreno 305. Prosesor ini umumnya dipakai di ponsel kelas menengah seperti HTC Desire, Sony Xperia M2 dan LG G2 mini. Ponsel lain yang membenamkan prosesor 4 inti umumnya memakai chip MTK (Mediatek) dan memakai GPU lama Adreno 302 untuk menekan harga. Ada dua versi ROM untuk ponsel Moto G yaitu 8 GB dan 16 GB.

Layar :

Di bentang layar 4,5 inci Moto G ini terdapat teknologi IPS LCD beresolusi 720×1280 piksel, alias kerapatan 326 ppi, padahal umumnya ponsel lain punya resolusi antara 480×800 piksel atau 540×960 piksel. Dengan demikian Moto G menjadi ponsel termurah yang bisa memberi resolusi layar HD yang sangat detail. Untuk melindungi dari goresan, digunakan teknologi anti gores Corning Gorilla Glass 3 terbaru. Resolusi dan teknologi anti gores layar ini setara dengan ponsel kelas premium seperti Samsung Galaxy S5 mini dan Sony Xperia Z1, serta mengungguli banyak ponsel yang lebih mahal seperti Samsung Galaxy Core II, LG G2 mini dan Sony Xperia M2.

 Kelemahan :

Sesuatu yang murah tapi bagus tentu membuat orang curiga, apa nih yang dikurangi/ disembunyikan? Semua kembali ke strategi manufaktur, ada anggapan kalau Motorola membuat taktik underprice, sementara ada yang menyimpulkan kalau ponsel lain justru termasuk yang overprice. Tapi terlepas dari itu, kita boleh simak apa yang dikurangi oleh Motorola supaya Moto G ini bisa dijual cukup murah. Pertama adalah bahan material casing yang simpel dan dari plastik, bukan logam apalagi yang tahan air. Kedua adalah dihilangkannya micro SD card slot sehingga tidak bisa memasang eksternal micro SD card. Ketiga adalah modul kamera yang biasa-biasa saja, tidak fenomenal seperti ponsel premium yang memakai sensor agak besar atau resolusi tinggi. Di Moto G cukuplah sensor 5 MP untuk kamera belakang, dan 1,3 MP di kamera depan dengan interface yang sederhana. Ditilik dari harganya yang dibawah 2 juta (untuk ROM 8 GB) maka kekurangan ini tidak menjadi masalah, dibanding fitur utamanya yaitu KitKat, Quad Core 1,2 GHz Qualcomm dan layar HD Gorilla Glass 3 yang biasanya ditemui di ponsel yang jauh lebih mahal.

Update :

Moto G versi baru secara resmi hadir Agustus 2014. Smartphone baru ini merupakan perbaikan dari Moto G edisi pertama dengan layar lebih besar dan tambahan slot microSD, dan dianggap sebagai salah satu ponsel dengan harga paling menarik. Motorola Moto G versi baru ini memakai layar 5 inci dengan Corning Glass, lebih besar setengah inci dari Moto G edisi pertama meskipun resolusinya sama. Chip yang dipakai masih Snapdragon 400 quad-core 1.2GHz dengan OS Android 4.4. Moto G masih menawarkan penyimpan 8GB dan 16GB namun kali ini bisa ditambah melalui slot kartu microSD hingga 32GB. Fitur lain yang berbeda adalah pemakaian kamera 8 megapiksel f/2.0 (versi pertama memakai kamera 5 megapiksel), sedangkan kamera depan naik menjadi 2 megapiksel dari 1.3 megapiksel. Speakernya sekarang menjadi double stereo, bukan lagi mono tunggal. Baterainya masih berkapasitas 2070 mAh yang bisa dipakai untuk seharian. (via Teknoup)

Advertisements

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.