Inilah tiga ponsel Android One pertama di Indonesia

Tiga vendor ponsel lokal, yakni Evercoss, Mito, dan Nexian, telah menyatakan diri bakal turut serta memasarkan produk ponsel murah Android One di Indonesia.

“Masyarakat Indonesia termasuk 5 besar pengguna layanan internet populer di dunia. Saat ini ada lebih dari 70 juta pengguna internet, dan jumlahnya akan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang,” demikian pernyataan Google.

Perangkat Android One “besutan” merek-merek itu pun sudah nongol di situs resmi Google. Evercoss mengusung produk bernama One X, Mito dengan Impact, sementara Nexian dengan Journey.

Android one

Laman web yang bersangkutan menyebut bahwa Telkomsel menyediakan paket bundling SIM card untuk Android One dengan keuntungan download gratis dari Google Play Store hingga 200 MB per bulan.

Nexian-Journey-One

Menurut keterangan dari situs, saat sudah beredar di pasaran kelak, Android One bisa diperoleh di jaringan toko gadget Erafone, Global Teleshop, Okeshop, dan Selular Shop.

Android One adalah program penyediaan ponsel terjangkau dari Google yang ditujukan untuk negara berkembang. Pabrikan ponsel rekanan Google bisa menggunakan rancangan dasar smartphone Android One untuk membuat produk masing-masing.

“Kami senang dapat menghadirkan ponsel Android One di Indonesia. Bekerjasama dengan mitra hebat seperti Nexian, Evercoss, dan Mito, kami berhasil mendesain dan memasarkan ponsel berkualitas mumpuni, tapi dengan harga yang terjangkau,” ujar Caesar Gupta, VP Manajemen produk Google, di kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (4/2/2015).

Harga perangkat Android One yang akan beredar di Indonesia memang masih belum diumumkan. Tapi estimasi akan dijual di kisaran 1,4 juta saja.

Bagaimana dengan merk lain?

“Kami terus menjalin kemitraan global dengan berbagai produsen perangkat keras seperti Acer, Alcatel Onetouch, ASUS, HTC, Intex, Lava, Lenovo, Panasonic, Xolo dan produsen chip Qualcomm untuk membuat lebih banyak perangkat berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, dengan berbagai ukuran layar, warna, dan konfigurasi perangkat keras,” tulis Google dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (4/2/2015).

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

Any comment or question?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s