Review : Samsung NX mini

Kali ini saya akan menyajikan sebuah review singkat sebuah kamera mirrorless mungil dari Samsung bernama NX mini.  Kita ingat bahwa dulu saat ide miniaturisasi sistem kamera muncul, hal yang paling sulit adalah mengecilkan ukuran lensa. Lensa kecil tentu hanya bisa didukung oleh sensor gambar yang kecil juga. Padahal sensor yang kecil membuat hasil foto jadi kurang baik. Jika bila memang ingin cari kamera kecil dengan lensa kecil, maka pertimbangkanlah kamera yang punya sensor kecil yang tidak terlalu kecil, misalnya sensor 1 inci.

Samsung NX mini

Tidak banyak produsen kamera yang bermain di sensor kecil 1 inci. Tercatat hanya Nikon yang konsisten dengan produk Nikon 1 (seri J, seri V dan seri S). Padahal sistem Nikon 1 menurut saya berhasil mewujudkan ide miniaturisasi kamera yang mungkin berguna bagi penyuka travel atau fotografi harian yang ringan. Kali ini Samsung yang mengusung nama NX untuk kamera mirrorlessnya hadir lagi dengan Samsung NX mini. Bedanya adalah Samsung NX memakai sensor APS-C, dan mount lensa NX (crop 1,5x). Sedangkan Samsung NX mini memakai sensor 1 inci, dengan mount NX mini (crop 2,7x). Sensor 1 inci tentu tidak bisa sehebat sensor APS-C, tapi sensor ini cukup murah, bisa mengakomodir lensa ukuran kecil, dan masih cukup bagus hasilnya dibanding sensor kamera saku yang ukurannya sekitar setengah dari sensor 1 inci.

NX mini front

Saya mencoba Samsung NX mini dengan lensa kit 9-27mm f/3.5-5.6 OIS. Lensa ini akibat crop factor 2,7 menjadikan ekivalen 24-70mm di full frame. Lensa ini terbilang cukup kecil, walaupun termasuk lensa zoom. Bahkan lensa fix NX mini 9 mm ukurannya lebih kecil lagi tapi tidak saya coba.

NX mini top

Kamera NX mini juga kecil dan tipis, seperti NX3000 yang diperkecil. Layarnya bisa dilipat ke atas untuk selfie, bisa disentuh juga (NX3000 tidak bisa sentuh), dengan kerapatan layar pas-pasan di 460 ribu dot. Tidak ada roda mode eksposur tapi memilih mode P/A/S/M bisa dilakukan dengan menekan tombol MODE. Ada dudukan flash, tapi juga ada flash buit-in, dan semua port seperti baterai, Micro SD, USB dan HDMI diakses lewat satu pintu, yakni pintu samping.

NX mini back

Saat dihidupkan, kamera meminta untuk kita melakukan unlock lensa (memutar lensa dari posisi lock ke fokal berapapun). Cara ini mirip seperti lensa di Nikon 1, bedanya kalau Nikon 1 saat lensa diputar dari lock otomatis kamera hidup. Lensa zoom 9-27mm ini bukan powerzoom, jadi perlu diputar dengan jari untuk mengatur zoomnya.

Fitur-fitur utama Samsung NX mini :

  • sensor 1 inci, 20 MP CMOS
  • 5 fps
  • ISO 160-12.800
  • layar flip dan sentuh fungsional
  • WiFi, NFC
  • bisa manual, ada RAW
  • full HD movie

Hal-hal menarik dari kamera Samsung NX mini :

Mode P/A/S/M lengkap dengan mode Auto, Smart mode dan Wi-Fi :

P1050392

Shooting menu saat menekan tulisan Fn di layar :

P1050394

Pengaturan WB lengkap termasuk ada Custom Preset dan Kelvin :

P1050395

Berbagai opsi saat kita mau auto fokus dengan menyentuh layar :

P1050398

ISO Auto cerdas, bisa kustomisasi shutter speed minimum dan maksimum ISO :

P1050404

P1050399

Pengaturan tingkat kualitas  JPG dan opsi RAW :

P1050400

Drive mode Continuous, Burst dan Bracketing yang lengkap :

P1050401

Pengaturan Dynamic Range termasuk HDR, berguna untuk mengatasi kelemahan sensor kecil :

P1050402

Setting video full HD :

P1050403

Opsi WiFi yang lengkap :

P1050405

Contoh foto di ISO menengah (semuanya JPG) :

ISO 400
ISO 400
100% crop
100% crop
ISO 800
ISO 800
100% crop
100% crop
ISO 1600
ISO 1600
100% crop
100% crop

Opini saya :

Kamera ini memang sesuai dengan segmen yang dituju yaitu adalah untuk mereka yang mencari kamera setingkat diatas kamera saku, bisa memberi hasil yang lebih baik, bisa berganti lensa bila perlu dan punya konektivitas lengkap. Walau sensor 1 inci termasuk kecil, hasil foto dari kamera ini masih memuaskan untuk kebutuhan dasar, foto-foto ISO rendah dan sedang masih oke, selama kita menjaga ISO dibawah ISO 1600. Ketajaman lensa juga tidak mengecewakan, kontrasnya baik, detilnya jauh diatas kamera saku. Operasional kamera ini menurut saya paling enak dengan memaksimalkan layar sentuhnya, karena tidak ada roda kendali seperti di Samsung NX kelas APS-C.

Kemudahan yang didapat dengan Samsung NX mini cukup banyak, seperti ukuran yang kecil, hasil foto yang lebih baik dari kamera saku, harga kompetitif serta yang penting mudah dipakai bahkan oleh yang tidak mengerti fotografi. Sisi lemah kamera ini adalah kinerjanya, walau auto fokus masih termasuk cepat, tapi kesulitan untuk  mengikuti benda bergerak. Prosesornya juga kurang responsif bila kita mengambil banyak foto. Hal ini masih bisa diterima karena kamera ini memang bukan untuk memotret aksi yang cepat.

Terima kasih untuk Toko Camzone atas kesempatannya sehingga saya bisa membuat review Samsung NX mini. Bagi yang ingin membeli kamera seharga Rp. 5.999.000 ini di tokocamzone akan mendapat cashback 500 ribu sebelum akhir Februari 2015.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

13 thoughts on “Review : Samsung NX mini”

  1. kak, aku baru mau beli mirrorless..
    Tapi yang harganya kisaran 5jutaan…
    Menurut kakak, lebih baik beli nx3000 atau nx mini kak?

  2. kalau menurut anda mas, mending nx3000 atau nx mini? kebetulan saya mendapatkan tawaran dua kamera ini dengan harga yang hampir sama, dan satu lagi, untuk penggunaan satu tangan saat selfie bagaimana mas? terimakasih

  3. Kak, kamera nx mini saya tiba-tiba tidak bisa fokus pada saat zoom out. (Blur) tapi ketika di zoom in full zoom itu focus. Saat zoom out terdengar suara seperti mencari focus. Sudah reset setting masih ttp spt itu. Minta bantuan kak terima kasih banyak

Any comment or question?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s