Review singkat Advan S50F, ponsel sejutaan layar 5 inci HD

Kebetulan pas lagi cari ponsel untuk anak, di salah satu toko online ternama lagi ada pre-order Advan S50F seharga 1,1 juta (normal 1,6 juta). Saya agak kaget juga karena biasanya yang ditawarkan secara pre-order kan ponsel kelas atas, tapi ini kok yang harga sejutaan. Yang beda dengan ponsel sejutaan lain adalah Advan ini layarnya 5 inci dengan resolusi HD (1280×720), jauh diatas resolusi qHD. Selain itu ponsel ini sudah quad core 1,2 GHz buatan Mediatek dengan dukungan 1 GB RAM. Berbekal value yang menarik ini saya pun tergoda pre-order juga walaupun belum tahu juga kualitasnya seperti apa.

Hands on Advan S50F

Saat paket kiriman tiba di rumah, saya cek kemasan dusnya berwarna putih keren, cukup terkesan mewah. Ponsel berwarna gold ini pun akhirnya ada di tangan saya dan siap untuk dioprek. Awalnya saya cukup stress mencari cara membuka tutup belakangnya dan ternyata jawabannya ada sedikit celah di pojok atas (bukan bawah) dan perlahan terbukalah tutupnya sehingga saya bisa pasang baterai, micro SD dan SIM.

Advan S50F back

Ponsel Advan S50F ini dual SIM, uniknya SIM 1 ukurannya normal, SIM 2 ukurannya micro. Keduanya bisa siaga bersamaan, tapi hanya salah satu yang bisa koneksi WCDMA. Dalam paket penjualan disediakan baterai kapasitas 2200 mAh, pengisi daya dan sebuah earphone. Saat booting pertama semua berjalan lancar, saya perlu sedikit adaptasi dengan tampilan khas IDOS (Indonesia OS) yang agak berbeda dengan home screen ponsel lain.

Advan S50F IDOS

Tombol daya, volume up down ada di kanan. Di atas ada port USB (mendukung OTG) dan colokan earphone. Di bagian bawah layar ada tiga soft button khas Lolipop (walau ponsel ini masih KitKat), yaitu segitiga kiri, lingkaran dan kotak. Ketiga simbol ini terpisah dari layar jadi bagusnya ukuran layar tidak terpotong oleh keberadaan tombol ini. Sayangnya ketiga tombol ini tidak menyala dalam gelap.

Setting Kitkat

Saya sangat suka dengan kualitas layarnya, diatas ekspektasi saya ternyata kualitas warna, detil dan view angle sangat baik. Bodinya sendiri cukup mantap digenggam, plastiknya terasa solid walau ada sedikit longgar di bagian belakang dekat LED. Kamera 5 MP di belakang sudah auto fokus dan dilengkapi LED, kamera depan juga hebatnya sama-sama 5 MP. Kualitas gambar kameranya cukup baik, menu kamera juga lumayan lengkap seperti opsi megapiksel dan kualitas kompresi, WB, HDR, burst, timer dsb. Videonya bahkan sudah bisa full HD. Speaker di belakang bersuara cukup baik, sedikit lebih baik dari Moto G saya yang terdengar cempreng.

Advan S50F drawer

Overall saya merasa ponsel ini memenuhi ekspektasi saya untuk ponsel murah meriah, mungkin karena belinya pas pre-order jadi masih murah. Tapi kalau saat ini sudah dijual di harga normal 1,6 juta bakal banyak pesaing lain yang selisih harganya tidak banyak.

Yang oke :

  • layar 5 inci dengan kerapatan hampir 300 dot per inci
  • prosesor 4 inti, RAM 1 GB
  • fitur kamera termasuk baik
  • tiga soft key terpisah dari layar, desain ala Lolipop
  • sudah mendukung OTG

Yang  kurang oke :

  • terlalu banyak dikasih aplikasi (BBM, cleaner, battery saver, Advan store dll), mengurangi jatah memori internal yang cuma 8 GB (untungnya bisa instal apps ke micro SD)
  • belum Lolipop (entah apakah bisa dapat jatah update)
  • ada bug (?) di home screen, setiap reset ponsel icon aplikasi yang terinstal di SD card jadi tidak muncul di home screen
  • tidak ada sensor kompas (menurut test dari Antutu)
  • tidak bisa memberi nama SIM 1 dan SIM 2 (harus diingat-ingat)

Note :

Dalam dus disertakan bundling SIM Mentari bonus data 1,5 GB untuk 3 bulan.

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

4 thoughts on “Review singkat Advan S50F, ponsel sejutaan layar 5 inci HD”

  1. preview depan nya keren,elegant, cuma kameranya itu,,
    hmm untuk saya pribadi lebih tertarik di Xiomi Redmi 2, hampir sama untuk preview depan nya seperti advan

  2. Selamat siang, saya juga pake pake advan S50F cuma kameranya lagi ada masalah, setiap saya mau ambil foto, setelah di tekan ada coment “sayangnya kamera telah berhenti”, saya tekan Ok, timbul coment lagi sayangnya, proses android prosess media telah berhenti. Tolong bagaimana cara mengaktifkannya kembali agar kamera bisa normal lagi, trims

Any comment or question?

