About

Perkenalkan nama saya Erwin Mulyadi, yang disini lebih dikenal dengan panggilan Mas Gaptek, seorang peminat teknologi yang merasa masih gaptek ditengah pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini. Awalnya saya hanya ingin menuliskan hal-hal yang menarik minat saya pada sebuah media berupa blog. Ditengah padatnya kerjaan rutin saya sebagai buruh swasta di ibukota, niat tersebut bisa terwujud di bulan Oktober tahun 2007 dengan meluncurkan blog sederhana yang diberi nama gaptek28 : dunia digital.

IMG_3237hdBlog ini ditujukan untuk membahas secara ringan perkembangan teknologi digital khususnya dalam hal fotografi, komputer, telepon seluler, telekomunikasi, dunia internet, TV digital dan teknologi secara umum. Adakalanya di blog ini saya juga membuat opini, tips, rekomendasi dan review menurut sudut pandang saya pribadi.

Melalui blog ini anda juga bisa berdiskusi dengan saya dan pembaca lainnya melalui kolom komentar. Gunakan fasilitas RSS feed untuk berlangganan tulisan di blog ini, serta jangan lewatkan juga halaman khusus daftar isi yang berisi link langsung ke semua tulisan di blog ini, sehingga memudahkan anda untuk mencari topik yang anda sukai.

Akhir kata, semoga sumbangsih kecil ini bisa bermanfaat buat pembaca dan bisa membuat kita semua tidak jadi orang yang gaptek.

Salam hangat,

Mas Gaptek

Blog travelling saya bisa dibaca disini, silahkan follow saya di Twitter, atau kunjungi foto-foto jepretan saya di Flickr500px dan Shutterfly.

Update :

Selain menulis blog, kegiatan rutin saya saat ini adalah memberi materi kursus fotografi dasar untuk pemula, termasuk kelas Kupas Tuntas DSLR bersama Enche Tjin. Kelas-kelas ini diadakan rutin bulanan dan bertempat di lokasi yang strategis antara ITC Roxymas dan Cideng, Jakarta.

Disclaimers :

Tidak ada unsur promosi atau mengiklankan produk pada blog ini. Ulasan atau rekomendasi atas suatu produk murni merupakan pendapat pribadi semata dan tidak mewakili merk dagang tertentu. Seluruh artikel yang saya tulis pada blog ini diperbolehkan untuk dikutip sebagian atau keseluruhannya, namun sebaiknya cantumkanlah sumbernya. Perlu diketahui bahwa saya telah mencoba menyajikan tulisan dengan didasarkan pada data yang benar, namun demikian saya tidak bertanggungjawab akan adanya kesalahan informasi, tulisan, data, atau gambar yang terdapat pada blog ini. Apabila anda merasa ragu, silakan mengunjungi situs resmi dari masing-masing produk untuk memperoleh informasi yang lebih akurat dan lengkap.

276 thoughts on “About”

  1. saya sebagai pemula sangat terbantu dengan artikel2 disini.. apalagi untuk memilih kamera yg tepat buat saya pake… tp saya kok ndak bisa kirim komentar di beberapa postingan artiklel disini ya?
    Terimakasih.

    1. Artikel yg sudah lama otomatis tidak lagi bisa dikomentari, hal ini menjaga supaya kita bisa membahas hal-hal yg masih up to date dan mencegah terlalu banyak komentar dalam satu artikel.

  2. mas kalau saya tanya2 lewat email boleh gak? saya masih pemula dan banyak yang saya gak mengerti. trimakasih🙂

  3. Salam kenal mas gaptek,
    Saya mau nanya saya punya ikon d200 + lensa tamron 70-300, sekarang saya sedang pingin punya lensa all around kandidatnya 18-105 vr, 18-200 vr 1, dan 16-85 vr , menurut mas gaptek mana yg lebih cocok, saya suka trevelling dan potret, atau mas gaptek ada saran?, dari third party juga ngak apa-apa. Dlm waktu dekat
    saya juga mau beli l ensa 5o/1.8 tapi j uga bingung pilih yg afs/g atau af/d. Mohon sarannya, saran mas gaptek sangat saya nantikan. Salam dari palembang.

    1. Saran saya 16-85mm, tapi kalau third party recommended adalah Tamron atau Sigma yg 17-50mm f/2.8

      Kalau lensa 50mm asal di kamera ada motor fokusnya bisa ambil yg AFD aja lebih murah tapi kualitas setara dgn yg AF-S.

      1. Terima kasih atas sarannya mas gaptek,
        saya mau tanya lagi kalo saya beli di camezone via mas gaptek, apakah bisa barangnya di checkkan dulu (fungsi dan keadaan barangnya) takutnya dapat yang bad copy, krn kalo barangnya sudah dikirim kan sulit utk komplain lagi, dan mengenai asuransinya itu bagaimana dan kita dikenakan biaya berapa?. terima kasih

        1. Saya udah jarang main ke toko, kalau ada order paling via telpon aja. Kalau saya cek dulu kan takutnya disangka jual barang bekas karena dusnya udah kebuka. Itupun kalau mau cek lensa yg nikon mount aja soalnya saya pakenya D5100..

    1. Kalo Fuji HS itu bukan kelompok DSLR, walaupun bentuknya mirip. Jadi kalo ditanya mana yg bagus ya jawabnya tergantung kebutuhan, perlu hasil foto yg bagus atau kamera yang praktis. Saat ini saya pikir best buy 2013 adalah Nikon D3200 deh.

  4. Salam kenal mas,
    Mau rekues minta direview-in Kamera Prosumer Nikon coolpix P510 atau P520 dan pesaingnya yang setara dong mas. oke makasih🙂

    1. Suka super zoom ya? Lensa kamera superzoom masa kini sudah edan-edanan, diluar kebutuhan real sampai diatas 1000mm. Tapi kamera spt Nikon P520 termasuk oke sih, feature packed dan fun buat dipakai. Jangan harap hasil foto setara DSLR, sensor dia kecil sama persis spt kamera saku yg harganya 800 ribuan.

      Pesaing yg setara ada Canon SX50IS, ada Lumix FZ60 dan Sony HX200 kalo gak salah.

      1. Hemmm padahal butuh buat zoom (bisa moto bulan) tp pengen juga hasil kayak DSLR, hehehe P520 harganya hampir setara dengan DSLR D3100. Oke mas terima kasih

  5. salam kenal, mau tanya utk hasil video nikon P520 bagus ga? sy lbh suka ambil poto candid & rekam video. sy blm pernah pake nikon, sdh pernah rekam video pake kamera pocket canon & sony hasil video bgs. https://www.youtube.com/watch?v=_h3QS4Io83k saya tertarik utk membeli nikon P520 krn superzoom tinggi & harga lebh murah dr canon sx50 & sony seri HX. tp blm yakin dg hasil rekam video. Sony Hx50, 90, 100, 200,300v susah sekali carinya di Bdg beberapa toko blg belum masuk ke Indonesia. sy ga berani beli online. makasih info & balasannya.

  6. Saya seorang pemula, Saya pengen punya kamera, saya bingung pilih mana Nikon D3100 dengan Canon EOS 550D, kemudian lensa external mana yang bagus untuk dipakai.
    Terima kasih mas atas sarannya..

  7. sore mas gaptek, mohon bantuannya, sy telah membeli kamera nikon coolpix L120, sy mau nanya nih tentang masalah baterai dan memory card, untuk baterai apakah saya bsa menggunakan baterai AA yang rechargeable ? kalo iya, bole mnt rekomendasi merk baterai yang cocok ? untuk memory (saya menggunakan memory vgen namun entah kenapa memorynya error – tulisannya memory cannot be read), sebaiknya sya menggunakan memory merk apa dengan kapasitas berapa ya mas untuk kamera nikon coolpix L120 saya ? terima kasih mas, mohon bantuannya.

  8. Salam kenal Om,saya mau minta saran memilih mirrorles terjangkau buat foto foto saja,saya punya 3 pilihan nih antara..
    Samsung NX3000 kit 16-50mm
    Samsung NX3000 kit 20-50mm
    Samsung NX3300 kit 20-50mm
    Kira kira mana yang harus saya pilih?
    saya tidak ada rencana kedepan untuk beli lensa atau assesories lainnya.kapan sempat saja balasnya,saya tunggu jawabannya ya Om.sebelumnya terima kasih🙂.

  9. Mas gaptek kamera saya nikon coolpixl120 tidak saat di bidik atau saat cahaya bidikan berwarna merah muncul kamera saya dengan sendirinya mati.itu kenapa ya?dan apa yg harus sy lakukan? Tks

Any comment or question?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s