Cari Nikon 6 jutaan, pilih D90 body atau D5100 kit?

Kenapa saya lontarkan pertanyaan ini? Karena inilah pertanyaan yang paling sering dirasakan mereka yang akan membeli DSLR Nikon dengan dana 6-7 jutaan. Mereka ini tidak mengincar DSLR termurah seperti D3100 (5 juta pas) dan juga tidak butuh DSLR canggih seperti D7000 (11 jutaan). Mereka mencari produk yang harganya berada di tengah-tengah dari D3100 dan D7000. Nah, saat ini DSLR Nikon yang bisa dipilih adalah :

  • Nikon D90 body only, buatan 2008, kelas menengah
  • Nikon D5100 kit, buatan 2011, masih kelas pemula

Meski dibuat tahun 2008, saat ini di pasaran masih bisa dijumpai D90 body only atau kit 18-105mm. Dulu D90 harganya cukup tinggi, namun kini sudah terjun bebas di kisaran 6,7 juta tanpa lensa. Angka ini sama saja dengan harga pasaran D5100 kit 18-55mm. Murahnya harga D90 ini membuat dilema saat ada yang ingin memiliki DSLR Nikon di tahun ini, apakah mengambil barang lama (tapi bukan bekas) tapi kelasnya lebih tinggi, atau barang yang jelas-jelas lebih modern meski kalah kelas.

Untuk itu saya coba membuat tinjauan singkat mengenai mana yang sebenarnya paling worthed untuk anda pilih.

Nikon punya beberapa DSLR yang fenomenal dan populer sejak dulu. Misalnya D40 sebagai pelopor DSLR pemula dan D90 sebagai DSLR terbaik di kelas menengah saat itu. Dalam sejarahnya, D90 adalah penerus D80 dan D70, mengusung ciri sebagai DSLR kelas menengah yaitu bodinya dipenuhi banyak tombol dan tuas selektor, punya layar LCD tambahan di bagian atas dan bodi yang lebih besar dan cukup berat. Belum lagi sebagai prisma dipakailah pentaprism yang lebih terang sehingga melihat jendela bidik terasa lebih nyaman.

Di lain pihak, D5100 adalah penerus D5000 yang hadir untuk mendampingi D3100 (dulunya D3000) untuk bersaing melawan Canon EOS tiga digit. Meski D5100 dan D3100 beda harga dan fitur, namun keduanya tergolong sama terutama sebagai DSLR mungil yang tidak memiliki motor auto fokus untuk lensa lawas (AF dan AF-D). Jadi D5100 hanya bisa dipasangkan dengan lensa Nikon versi modern (Nikon AF-S atau lensa merk 3rd party yang sudah ada motor AF di lensa). Belum lagi D5100 juga (sebagai DSLR pemula) masih memakai pentamirror sebagai prismanya.

Saya mulai dari keunggulan D5100 dulu. Sebagai DSLR buatan 2011, D5100 mengungguli D90 dalam berbagai aspek seperti resolusi sensor (16 MP vs 12 MP), kemampuan ISO maksimum dan prosesor yang lebih modern. Selain itu fitur movie D5100 sangat mumpuni ditambah dengan layar LCD yang bisa dilipat, membuatnya cocok dipakai merekam klip video full HD berkualitas tinggi. D5100 pun boleh disejajarkan dengan D7000 dalam hal kualitas hasil foto, berkat sensor dan prosesor yang sama.

Baik D5100 maupun D3100 memiliki modul AF yang sama yaitu 11 titik, yang awalnya digunakan di D90. Jadi kinerja auto fokus dan akurasi fokusnya, boleh dibilang berimbang antara D90 maupun D5100. Kebetulan keduanya draw dalam kecepatan burst yaitu 4 fps. Keduanya punya layar LCD berukuran 3 inci yang tajam dengan 900 ribu piksel.

Lalu apa yang membuat D90 lebih menarik dari D5100, bila dia jelas-jelas kalah di resolusi sensor, ISO, prosesor dan fitur video? D90 lebih menarik bila kita adalah fotografer enthusiast¬†(bahasa Indonesianya apa ya…?) yang membutuhkan akses cepat dan fitur wireless flash. Pada bodi D90 terdapat dua roda kendali eksposur (depan dan belakang) sehingga pengaturan shutter dan aperture bisa dilakukan secara independen. Belum lagi ada berbagai tombol penting seperti WB, ISO, metering, AF ON dsb yang tentu disukai fotografer. D90 boleh dibilang adalah cikal bakal D7000 dan bila anda tidak perlu segala hal yang lebih di D7000, maka D90 ini sudah mencukupi.

Sebagai kesimpulan, pilih D5100 bila anda :

  • butuh resolusi 16 MP
  • suka merekam full HD movie
  • ingin kamera generasi terbaru
  • suka layar LCD lipat
  • ingin kamera yang kecil dan simpel

Sebaliknya, D90 lebih cocok bila anda :

  • menekuni fotografi sebagai hobi atau profesi
  • punya lensa Nikon lama atau lensa merk lain yang tanpa motor AF (seperti Tokina)
  • punya flash¬†merk Nikon untuk dibuat wireless (SB-600 up)
  • tidak terlalu mementingkan fitur video
  • lebih suka bodi kamera yang agak besar (gripnya juga lebih mantap)

Jadi pilih yang mana, tidak terlalu sulit lagi kan…?

About these ads

93 comments

  1. kang gaptek saya panggil anda…jika anda yang mau beli…anda mau pilih yang mana??jawaban anda berarti recomendasi saya untuk menetapkan pilihan.mkasih

    1. D5100 tidak dilengkapi flash commander untuk mentrigger flash eksternal dgn cahaya flash built-in. Untuk menjajal fitur itu perlu pakai D90 keatas. Solusinya, beli aja wireless trigger murah meriah dan malah sudah bekerja pakai sinyal RF yg lebih handal.

  2. saya ada d90 masih garansi alta sampe april 2013 body 6,4 jt bisa cod jakarta 0857-81601940 COD jakarta aja ya,

    1. gan, klo D90 kitnya ada ga ? yang baru tapi, klo boleh tau harga berapa :D
      klo harga cocok, saya minat nh. Lokasi saya d Jaksel, kebayoran lama

      thanks gan

  3. mas, mau nanya. Di D5100 kan ada tombol Menu dan yg ditandai titik hijau. Katanya kalo ditekan bersamaan akan me-reset kamera. Yang mau saya tanyakan, settingan apa saja yg akan direset? apa semua setting termasuk didalam menu akan direset ke setting pabrik? atau gimana mas?

    1. Setting untuk pemotretan spt image quality, focus mode, metering, WB, picture ctrl, flash dsb. Tapi tidak mereset setting lain spt jam, tanggal, beep, AF assist dsb.

  4. Saya baru saja beli nikon d90, ditawari penjualnya. Sebelumnya saya berniat beli canon 60d, tapi direkomendasikan nikon d90, tapi setelah browsing, ternyata untuk beginer seperti saya lebih baik pilih d5100 yah? Apalagi setelah baca artikel ini, haha…. Jadi rada nyesek, apalagi mahal bro, 9,2 juta total”nya. Bagaimana tanggapannya, apa saya tuker aja gitu ke d5100, kebetulan saya suka video record singkat. Apalagi screen yang bisa di tilt, menurut saya sangat berguna untuk pemula. Apakah motor built in ini sangat memberi keuntungan bagi saya yang tidak ada invest di lens. Terimakasih. :)

    1. Artikel ini udah cukup lawas, bahkan kini D5200 pun udah hadir dan D90 udah diskontinu (meski masih ada yg jual). Kalo niatnya cari fitur fotografi dan kendali yg cepat memang D90 masih lebih cocok, tapi anda kan maunya lebih serbabisa utk video dan layar lipat, jadi baiknya tunggu D5200 hadir di pasaran. Soal jual lagi D90 itu sepenuhnya terserah anda.

  5. Mas salam kenal, aku baru beli nikon d80 kalau lihat ulasan diatas tentunya sdh jadul. untuk kondisi sekarang apakah nikon d80 msh mumpuni untuk dipakai atau diganti dgn keluaran yg baru? saya ini masih pemula Mas tolong nasehatnya. Tks Mas

    1. Nikon D80 sudah ketinggalan secara teknologi, tidak ada live view dan rekam video juga. Tapi D80 tetap punya kemampuan yg baik utk memotret, termasuk dlm hal ergonomi, tombol dan sensor sudah sangat layak buat dipakai fotografer.

      Untuk saat ini D90 uniknya masih dijumpai di pasaran dgn harga yg terjangkau, kalo boleh saya rekomendasikan lebih baik pilih D90 aja daripada D80.

Comments are closed.