Inilah dia, jajaran kamera tangguh dan tahan air

Kalau ditanya apa yang saat ini sedang jadi tren untuk kamera digital baru, mungkin jawabnya adalah munculnya kamera-kamera baru yang tahan air. Bila dulu kita hanya tahu Pentax sajalah yang mau membuat kamera tangguh anti air dan anti debu, maka kini nyatanya sudah mulai bermunculan para pesaing yang menawarkan konsep serupa : tahan air, tahan benturan, tahan beku dan anti debu.

Simaklah daftar kamera-kamera baru yang mungkin membuat anda tertarik untuk menemani hobi diving anda, atau sekedar dibawa ke medan pertempuran pemotretan yang basah, berdebu atau penuh resiko.

Tough 8000

Tough 8000

Olympus Stylus Tough 8000 (dan Tough 6000). Resolusi 12 MP, 28-102mm, VGA movie. Inilah kamera yang mampu dibawa jauh ke dalam air hingga kedalaman 10 meter tanpa perlu tambahan casing anti-air, dengan resolusi ekstra tinggi dan jangkauan lensa yang efisien dari wide 28mm hingga 102mm. Bisa dibilang, inilah jawaranya kamera anti-air saat ini dengan kemampuan selamnya yang ekstra dalam, cocok untuk pecinta diving.

Lumix TS1

Lumix TS1

Panasonic Lumix DMC-TS1. Resolusi 12 MP, 28-128mm, HD movie plus lampu LED. Tahan air hingga kedalaman 3 meter. Cocok untuk yang gemar mengambil video bawah air, dengan resolusi video HD dan tambahan lampu LED akan membuat rekaman anda semakin hidup. Bisa dibilang inilah kamera anti-air yang punya fitur terlengkap saat ini dengan fitur HD movienya, meski hanya mampu menyelam hingga kedalaman 3 meter saja.

FinePix Z33WP

FinePix Z33WP

Fuji FinePix Z33WP. Resolusi 10 MP, 35-105mm, VGA movie. Kamera ini memang semuanya serba standar, baik resolusi, lensa, fitur movie dan juga kemampuan menyelamnya yang bisa sampai 3 meter. Saking standarnya, Fuji inipun belum dilengkapi dengan stabilizer. Tapi inilah kamera pertama dari Fuji yang bertipe water proof (WP) yang sayangnya tidak memakai sensor SuperCCD tipe EXR yang diperkenalkan pada kamera Fuji F200EXR.

Powershot D10

Powershot D10

Canon Powershot D10. Resolusi 12 MP, 35-105mm, VGA movie. Dari desainnya yang gemuk, tak heran kalau kamera ini memang tahan air hingga kedalaman 10 meter. Saya agak heran dengan keputusan Canon yang mendesain bodi kamera ini menjadi tampak ‘aneh’. Seperti halnya Lumix dan Fuji, inilah upaya pertama Canon di jajaran kamera anti-air, yang patut diapresiasi meskipun agak terlambat (mengingat Canon adalah market leader).

Optio W60

Optio W60

Pentax Optio W60. Resolusi 10 MP, 28-140mm, HD movie 15fps. Tahan air hingga kedalaman 4 meter. Pentax W60 menjadi seri terakhir dari jajaran Pentax anti-air yang sudah terkenal sejak dulu. Sayangnya, Pentax tidak menyertakan fitur stabilizer pada W60 ini, sebuah fitur wajib yang diusung oleh para pesaing baru. Dengan persaingan di keals ini yang demikian ketat, bukan tidak mungkin di tahun 2009 ini Pentax bakal meluncurkan kamera pengganti W60. Kita tunggu saja..

About these ads

19 thoughts on “Inilah dia, jajaran kamera tangguh dan tahan air

  1. Terima kasih untuk info camera waterprof nya. Mungkin saya blm bs kasih comment macam”, tapi dalam hal ini saya bangga bisa berkenalan atau mengenal website anda tanpa harus susah” cari info di website lain. Terima kasih

  2. Wah, terima kasih. Saya dapat hadiah Olympus Tough 8000 dari GWW Photo Contest, tapi nggak tahu kalau nggak perlu casing lagi kalau dipakai di air :) belum dipelajari secara tuntas.

  3. Mas gaptek yang samasekali gak gaptek..saya lagi jatuh cinta sama olympus 1050 yang katanya juga thn air ampe 3m, thn jatuh,thn dingin dll. gimana apa ini juga termasuk salah satu yang recomended? Thanks banget…

  4. wah kamera olympus 1050 bagus kok stabilizer ga ada tapi hasil masih ok ga ketara bangat lah cos saya juga pake itu ^^ jd ga nyasel lah bali anti air thn banting jg lg hehehe…

  5. gw mau beli olympus stylus tough 8000, harganya berapa yah? dan apakah ada yang lebih bagus dari camera ini saat ini, thanks bro

  6. Saya baca di web Olympus, sudah banyak kamera waterproof dengan segala range harga.
    Yang punya lensa wide yang mana ya mas?
    Trus untuk hasil jepretan nya yang paling bagus apa yah? Baik di dalam air atau tidak. Karena paling males kalo punya kamera yang hasilnya banyak noise nya….

    Saya tertarik untuk membeli dengan kisaran harga 2-3 juta.
    Sekarang saya menggunakan camom Ixus 860 IS.

    Minta rekomendasinya ya mas….. Tq

    • Pilihan lensa wide utk underwater memang masih terbatas. Tiga kamera diatas punya lensa 28mm yg cukup wide, tapi kalau mau lebih wide dari itu belum ada.

  7. saya pernah punya olympus 840SW. tapi udah KO beberapa bulan yang lalu gara2 airnya masuk ke lensa trus setelah kering debu2 / garam menutupi lensa tersebut. menurut tukang servisnya walaupun udah waterprof jangan terlalu lama buat menyelam.

  8. wow kreeeen modelnya, tapi harganya nggak tampil
    biar rogoh gocek dikit buat beli kameranya.

  9. Saluuutt…
    Salam Kenal Mas Gaptek. kebetulan pengen cari camera tahan air.. soalnya pas pulang dari Waktobi pengen cerita ama temann tentang trumbunnya, eh malah kurang meyakinkan..
    makanya pengen cari camera kedap air. waktu cari artikel ternyata ada rekomendari dgn salah satu produk.
    bagusan mana antara Olympus Stylus Tough 8000 dengan Olympus Stylus Tough 8010. atau ada refrensi produk yg lebih unggul dari kedua produk tadi…

    Makasih Sebelumnya..
    semoga tambah jaya dan bermanfaat..

    • Oly 8010 cuma minor update dari 8000 dengan fitur HD movie. Kalo opsi lain dari Oly yg lebih murah ada Stylus 3000 yg harganya dibawah 2 juta, sudah HD movie lagi..

Comments are closed.