Samsung Wave 525, 575 dan 533 : ponsel cerdas dengan Bada OS

Catatan : Tulisan ini membahas tentang ponsel Samsung Wave keluaran tahun 2010.

Ponsel layar sentuh yang murah. Mungkin bayangan anda akan segera tertuju pada Samsung Corby atau LG Cookie. Wajar memang, karena ponsel layar sentuh selama ini seakan terbagi dua kelas, kelas murah yang biasa disebut dengan ponsel berfitur lengkap (feature phone) namun tanpa OS dan kelas ponsel cerdas (smartphone) dengan OS. Nah yang namanya smartphone harga jualnya memang belum bisa semurah feature phone, setidaknya sampai hadirnya ponsel  Samsung Wave 525, Samsung Wave 575 dan Samsung Wave 533 kali ini. Samsung Wave ini semurah feature phone, namun nyatanya sudah tergolong pada kelompok smartphone karena sudah dilengkapi dengan OS.  Bukan Android, Symbian ataupun Windows Mobile yang dibenamkan pada Samsung Wave, namun cukuplah Bada OS sebagai OS ponsel ekonomis ini. Pemilihan OS Bada yang tidak sepopuler OS lainnya mungkin akan membawa pro kontra di sana sini, namun secara fitur vs harga ketiga Samsung Wave ini sangat reasonable, bahkan bisa menyamai harga dari feature phone kelas elit semisal Samsung Monte.

OS Bada sendiri dibuat dengan tujuan supaya semua orang bisa menikmati smart phone, bukan hanya feature phone. Sebagaimana layaknya sebuah smartphone, ponsel Samsung Wave dengan OS Bada sudah didukung oleh kemampuan grafik 3D, Flash, multipoint-touch, sensor gerak, koneksi ke jejaring sosial, LBS (location-based service), hingga in-application-purchase. Game dan aplikasi untuk Bada di dukung oleh toko aplikasi Samsung Apps. Meski baru berusia setahun, Samsung Apps tumbuh dengan cepat, dan sudah tersedia dalam 80 negara, termasuk Indonesia. Samsung Indonesia pun turut menyatakan komitmennya untuk fokus mengembangkan Bada di Indonesia.

Spesifikasi ketiga ponsel ini tidak bisa dibilang remeh. Carilah ponsel lain yang bandrol harganya sama, yang bisa menyamai fitur Samsung Wave dengan OS Bada ini. Samsung Monte, yang sempat dijual di angka 2 juta bahkan belum memakai OS khusus. Berikut adalah beberapa fitur dari ketiga Samsung Wave :

  • layar 240 x 400 piksel, 262k TFT
  • capasitive, multi touch, Touch Wiz 3.0
  • accelerometer, auto rotate
  • HSDPA (khusus Wave 575), lainnya EDGE
  • kamera 3.2 MP
  • Bluetooth danWiFi (b/g/n)
  • browser Dolphin dan dukungan Java
  • Geotagging dan A-GPS
  • baterai 1200 mAh
  • keyboard QWERTY slider (khusus Wave 533)

Belum ada kabar mengenai Samsung Wave 575 yang dilengkapi dengan koneksi 3.5G (HSDPA), konon kabarnya yang satu ini belum pasti masuk ke Indonesia. Tapi yang jelas hadirnya ketiga ponsel Samsung Wave ini pasti akan membawa pergeseran persaingan di kancah ponsel layar sentuh dan prediksi saya ke depan feature phone seperti LG Cookie akan dijual semakin murah di bawah 1 juta, lalu Samsung Wave di kisaran 1 jutaan dan ponsel dengan OS Android akan bermain di segmen 2 juta ke atas.

Di pasaran dalam negeri, Samsung Wave 525 dijual di kisaran 1,6 juta, Samsung Wave 575 di kisaran 1,95 juta sementara Samsung Wave 533 di kisaran 1,9 juta. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut soal Samsung Wave 525 dan 533 bisa membaca diskusinya di Kaskus.

About these ads

93 comments

  1. saya pakai 525 tapi ribet banget… internetnya ruwet ga kayak hpyg laen langsung nyambung…kalo525ne tunggu ini tunggu itu bete

Comments are closed.