Survey lensa DSLR favorit pembaca

Sebuah website tentang ilmu fotografi digital telah melakukan survey akan lensa DSLR favorit pilihan para pembacanya. Hasil survey ini tentu tidak menyatakan bahwa lensa yang paling favorit adalah lensa yang terbaik. Tapi setidaknya bisa menjadi gambaran untuk kita agar dapat mengenali jajaran lensa yang banyak disukai orang, entah karena harganya atau kualitas optiknya.

Bolehlah saya kutip daftar lensa favorit pembaca tersebut disini :

Kelompok Lensa Canon :

  1. Canon EF 70-200mm f/2.8L IS USM, lensa ‘termos’ yang cocok untuk tele low-light
  2. Canon EF 50mm f/1.8 II, lensa prime ekonomis
  3. Canon EF 50mm f1.4 USM, lensa prime kelas atas dengan USM
  4. Canon EF 24-70mm f/2.8L USM, lensa all-around bukaan besar
  5. Canon EF 24-105mm f/4 L IS USM, lensa all-around dengan IS, tapi tidak terlalu cepat
  6. Canon EF 70-200mm f/4L USM, lensa tele ekonomis
  7. Canon EF-S 17-55mm f/2.8 IS USM, lensa standar, bukaan besar, plus IS
  8. Canon EF 85mm f/1.8 USM, lensa prime dengan panjang fokal 85mm
  9. Canon EF 17-40mm f/4L USM, lensa wide bukaan konstan
  10. Canon EF 100mm f/2.8 Macro USM, lensa makro (non-zoom) yang cepat

Kelompok Lensa Nikon :

  1. Nikon 50mm f/1.8D AF, lensa prime ekonomis
  2. Nikon 18-200mm f/3.5-5.6 G ED-IF AF-S VR DX , lensa all-around plus VR
  3. Nikon 70-200mm f/2.8G ED-IF AF-S VR, lensa ‘termos’, cocok untuk tele low-light
  4. Nikon 80-200mm f/2.8D ED AF, versi ‘termos’ tanpa VR
  5. Nikon 105mm f/2.8G ED-IF AF-S VR Micro, lensa makro (non-zoom) yang cepat
  6. Nikon 17-55mm f/2.8G ED-IF AF-S DX, lensa standar, bukaan besar, plus VR
  7. Nikon 24-70mm f/2.8G ED AF-S, lensa standar untuk full-frame (non DX)
  8. Nikon 10.5mm f/2.8G ED AF DX, lensa fish-eye

(entah mengapa di kelompok Nikon ini tidak ada yang memilih lensa wideangle seperti 12-24mm f/4ED-IF AF-S DX)

Lensa lainnya :

  1. Sigma 10-20mm f/4-5.6 EX DC HSM, lensa wideangle alternatif yang terjangkau, plus HSM
  2. Sigma 70-300mm f/4-5.6 DG APO Macro, lensa tele alternatif yang sangat terjangkau
  3. Pentax SMCP-FA 50mm f/1.4, lensa prime kelas atas dari Pentax
  4. Pentax-m 50mm 1:1.7 (Asahi), saya kurang tahu soal lensa ini
  5. Olympus 14-54mm f/2.8-3.5 Zuiko ED, lensa standar dengan bukaan besar, khusus 4/3 format

Bonus :

Isi polling ini dong. Intinya, setelah kita memiliki DSLR plus lensa kit, sebaiknya investasi apa yang dilakukan?

Bagi anda pembaca setia blog saya, tentu anda juga punya lensa favorit versi anda sendiri. Jangan segan untuk menuliskan lensa yang paling anda sukai (tidak harus yang sudah anda punyai) di kolom komentar di bawah ini. Salam..

Published by

Erwin M.

Saya suka mengikuti perkembangan teknologi digital, senang jalan-jalan, memotret, menulis dan minum kopi. Pernah bekerja sebagai engineer di industri TV broadcasting, namun kini saya lebih banyak aktif di bidang fotografi khususnya mengajar kursus dan tur fotografi bersama infofotografi.com.

97 thoughts on “Survey lensa DSLR favorit pembaca”

  1. salam kenal mas GT. kamera sy canon 40D, lensa wide masih pake yg kit 18-55mm (tanpa IS). klo dibandingin antara: lensa kit 18-55mm, Sigma DC 18-50mm f/2.8 EX HSM, Tamron SP AF 17-50mm f/2.8 XR Di II LD (IF) mending pilih mana? sy memprioritaskan ketajaman dan kecepatan Auto Focus.mksh

    1. Sigma DC 18-50mm f/2.8 EX HSM karena lensa ini kelasnya jauh diatas lensa kit. Lensa ini sejajar secara fitur dgn lensa nikon DX profesional 17-55mm seharga 12 juta.

  2. bro kl lensa yg bentuk nya kecil gt apa ya?
    jd wkt brg bawaan nya terlalu byk bgt & pas mau bw kamera DSLR buat photo2 gt gak buat ribet gt
    soalnya kl lensa kit kan ukurannya rada gede gt
    mau cr lensa cadangan buat kalau2 pergi brg2 bawannya byk bgt tp pengen potret2 ada lensa yg bentuk nya kecil, tipis & rada ringan gt

  3. Dari atas sampai kebawah koq gak ada yang komen tentang SONY yah…
    pingin 70-300mm f/4.5-5.6 G tapi mahal banget, jadi terpaksa harus turun ke 75-300mm f/4.5-5.6

  4. Kenapa ya… lensa Sony lebih mahal dari canon ya??
    misalnya 50 mm f 1.8 selisihnya sampai 1 jt, kadang kalo melihat ini saya menyesal pake sony…

    1. Mungkin nanti akan dijelaskan oleh mas Nikkorku. Tapi tiap merk memang punya kebijakan harga sendiri, toh kualitas juga sebanding kok dgn harganya.

  5. Salam kenal,

    Saya Philip, saya baru bener2 blajar soal foto, saya pingin tanya nih bro, kamera saya canon 50D, saya suka foto object(orang atau barang) di outdoor, dan saya suka foto landscape juga, kira-kira lensa apa yang bagus bro ?

  6. Mas Gaptek, gue mau nanya untuk lensa 18-200mm nya Nikon sebenarnya kegunaannya untuk apa aja? Soalnya gue masih pemula jadi mohon petunjuknya. Terima kasih Mas.

  7. om mau tanya kalo udah punya lensa 18-55 terus beli lagi 18-105… sayang ga??? ato langsung ajja ke 70-200…????
    saya pake nikon

      1. oh jadi om 18-55 jual ganti ke 18-105 n beli lagi 70-200 gt…..
        soal nya aku foto nya lanscap ama model…. jadi butuh 2 2 nya ya

  8. om gaptek… ini adit lagi….
    kmaren ada yang nawarin lensa second 18-135… kondisi bagus
    tapi karet scrol zomm nya aga terkelupas… ambil jangan soal nya cuma 2,5
    oh iya harga 70-200 sekitar berapa yah??? TQ ya om….

  9. mas gaptek, gw mw nanya donk.
    adapter ring itu termasuk aksesori untuk lensa ya??
    ada lg ga aksesori lain utk lensa selain adapter ring??
    sekalian kegunaannya jg ya..

    terimakasah

  10. Mas gaptek…saya ingin beli lensa tpi saya bingung antara tamron 18-270mm vc atau tamron 70-200mm f2.8…
    mnurut mas…kualitas gambar menang yg mna mas,,.???(ketajaman dan kontras)
    dmn ya mas org ada jual tamron 70-200mm f2.8 soalnya dmna-mna gak ada…

    buatan mini review nya donk mas,,..kedua lensa ini…

    mohon pencerahanya…

    salam

    1. Tanpa melihat hasil keduanya pun saya bisa menduga hasilnya akan tajam 70-200m, karena ini lensa profesional. Lensa superzoom apalagi yg sangat panjang spt 18-270 VC akan banyak kompromi dalam kualitas optik.

    2. yeah… masak membandingkan lensa yang beda kelas….
      kalo mau membandingkan itu :
      sigma 70-200 f2.8
      tamron 70-200 f2.8
      sony 70-200 f2.8
      canon 70-200 f2.8
      nikon 70-200 f2.8
      kelas nya sama tuh

  11. Mas gaptek mau nanya nih, kalau nikon D90 dipasangin ama lensa nikon AF 50 mm f/1.8 D, hasilnya bagus nggak, dari sisi ketajaman maupun kontrasnya, singkat kata kualitas hasil fotonya gimana…

  12. salam kenal mas gaP…..

    bagi bagi info dunk, sebagai pemula saya sudah punya kamera Nikon D3000 rencana maw nyari lensa ney nah yang cocok dengan tipe kamera saya lensa apa saja baik tele ataupun makro

    matur nuwun…..

  13. mas gaptek, kalau lensa 18-200mm punyanya canon gmn? bagus gak? trus bisa d pakai buat apa aja ( untuk hasil terbaik) ?

Comments are closed.